Penyakit toksoplasma pada ibu hamil adalah infeksi berbahaya yang disebabkan oleh parasit dan mampu menyebabkan bayi meninggal di dalam kandungan. Maka dari itu, sangat riskan apabila Moms sekalian yang sedang hamil sampai terserang infeksi ini. Sebisa mungkin segala tindakan preventif yang bisa mencegah penyakit toksoplasma pada ibu hamil wajib dilaksanakan.

Di bawah ini, sudah dikumpulkan tindakan preventif apa saja yang paling ampuh untuk mencegah penyakit toksoplasma pada ibu hamil. Jadi Moms sekalian, mari langsung kita simak saja kiranya tindakan apakah yang perlu dilakukan itu pada informasi berikut ini. 

BACA JUGA: Tanda Bumil Kelebihan Air Ketuban, Ketahui Risikonya!

Pisahkan Daging Mentah

Cairan yang berasal dari daging mentah mampu menyebabkan cross contamination. Ini artinya, bakteri yang berasal dari daging mentah sangat mudah berpindah dan merusak makanan yang bersentuhan dengannya.  Cukup berbahaya bukan Moms, kalau sampai terjadi?

Dalam kasus ini, mau itu daging yang matang, atau sayur dan buah yang masih segar tetap bisa terkontaminasi. Jadi saat berbelanja, pisahkan daging mentah dengan belanjaan yang lain. Jangan pula menaruhnya berdekatan ya Moms, kantong belanja bisa saja robek atau bocor.

Menjaga Kebersihan

Cara menjegah toksoplasma pada ibu hamil adalah menjaga kebersihan . Sebenarnya tetap penting walaupun sedang dalam tidak keadaan hamil. Akan tetapi, di kala hamil kesadaran akan kebersihan harus lebih ditingkatkan lagi nih Moms. Mencuci pisau, talenan, terutama yang habis digunakan untuk mengolah seafood dan daging mentah harus benar-benar bersih.

Kalau perlu, sehabis mencucinya kemudian bilas menggunakan air yang mendidih. Lebih baik mencegah bukan Moms? Akan sangat terlambat jika kebiasaan baik ini dimulai setelah merasa ciri-ciri ibu hamil yang terkena infeksi dirasakan.

Memasak Makanan Hingga Matang Sempurna

Saat masih belum berisi, boleh-boleh saja mengkonsumsi telur setengah matang atau bahkan daging medium rare. Moms, masih bebas karena tidak ada tanggungan sama sekali, tetapi berbeda saat sudah hamil. Infeksi toksoplasma bisa saja menyerang kalau Moms sekalian kurang hati-hati dan tetap mengkonsumsi makanan yang kurang matang.

Sebagai informasi tambahan, daging itu sebenarnya dikatakan matang apabila suhu di dalam daging mencapai 71 0C loh. Jadi kalau bisa, usahakan membeli termometer khusus untuk memasak guna memastikan kematangan daging. Jangan sampai nanti malah menjadi salah satu yang berbagi pengalaman ibu hamil yang terkena toksoplasma, jangan sampai kejadian ya Moms.

BACA JUGA: Waspadai! Pemicu Radang Usus Buntu Saat Hamil

Jangan Minum Air Sembarangan

Parasit yang menyebabkan toksoplasma yaitu Toxoplasma gondii mampu menyebar lewat cairan. Sehingga bisa saja air yang diminum terkena infeksi parasit satu ini, karena kita tidak bisa memastikan sendiri kebersihannya. Untuk itu, jalan yang paling aman adalah membawa air sendiri dari rumah yang sudah pasti tahu bagaimana kualitasnya. Cukup repot memang kalau selalu harus membawa air minum, akan tetapi demi si buah hati Moms pasti bisa melakukannya.

Meminta Orang Lain Untuk Mengurus Kucing Peliharaan

Meskipun gejala toksoplasma pada kucing kesayangan tidak pernah muncul karena selalu rajin dicek, tetap saja harus waspada. Parasit ini sangat mudah menempel pada kucing dan kemudian berpindah ke manusia lewat bulu dan fesesnya.

Hal yang lebih berbahaya lagi, ada banyak kasus yang menunjukan kucing tidak terpengaruh dan tidak menunjukan gejala. Jadi, Moms tidak akan tahu bahwa kucing kesayangan terinfeksi toksoplasma atau tidak. Tindakan preventif yang tepat adalah untuk sementara waktu, minta bantuan orang lain dulu ya Moms untuk mengurus kucingnya.

Bagaimana Moms mengenai tindakan preventif di atas? Cukup sulit ya, tetapi kalau sudah dijalani dan demi si kecil, Moms pasti bisa melaluinya kok. Semuanya demi mencegah penyakit toksoplasma pada Ibu hamil agar si kecil lahir dengan sehat dan selamat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: