Moms pastinya selalu menginginkan berada dalam kondisi sehat dan prima selama proses kehamilan hingga masa persalinan tiba. Kondisi tersebut pastinya bisa bikin mood selalu baik, sehingga janin pun terindikasi bebas stress. Tapi gimana kalau cacar air tiba-tiba menyerang, lantas bahaya cacar untuk kehamilan datang dan mengganggu fisik dan pikiran?

Pastinya ini bukanlah kondisi yang menyenangkan. Tapi jika cacar air sudah terlanjur datang, Moms harus menyambutnya dengan berani, untuk kemudian melakukan sejumlah langkah penyembuhan tanpa panik. Jangan sampai Moms mengabaikannya begitu saja, padahal cacar air di masa kehamilan tidak boleh dipandang sepele.

BACA JUGA: Cari Tau Penyebab dan Cara Mencegah Biduran Saat Hamil Tua

Bahaya Cacar Bagi Ibu Hamil

Sebelum kita beranjak pada pembahasan tentang cara mengobati cacar air ketika hamil, mari bekali dulu pengetahuan kita tentang virus cacar air. Berikut ini uraiannya:

1. Mengundang Penyakit Komplikasi

Cacar air merupakan penanda bahwa tubuh Moms sedang lemah, makanya rentan terserang virus. Ketika tubuh Moms tak kuasa menghindari  penularan cacar air, maka biasanya penyakit lain akan datang jika tidak segera diobati. Penyakit komplikasi yang bisa ikutan datang ketika Moms sakit cacar air di antaranya  pneumonia.

2. Merugikan Kondisi Janin atau Bayi

Jika Moms masih sakit cacar air jelang melahirkan, maka resiko bayi tertular virus cacar air juga akan sangat tinggi. Bukan hanya itu, bayi Moms juga mungkin akan berisiko mengalami masalah pada mata, ukuran kepala yang tidak ideal hingga mengalami keterbelakangan mental.

Lebih lanjut, ketika Moms membiarkan penyakit cacar air hinggap lama-lama di tubuh ketika hamil, maka bayi Moms mungkin akan mengalami kerugian yang lebih banyak lagi. Di antaranya, bayi mengalami gangguan kulit, kelahiran prematur hingga keguguran.

Pencegahan dan Pengobatan Cacar Ibu Hamil

Mari kita mulai dengan cara ibu hamil tidak tertular cacar air, yakni dengan memperkuat sistem imunitas. Moms harus rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan (diupayakan yang organik) serta mendukung asupan gizi dengan sejumlah multivitamin khusus ibu hamil. Upayakan pula agar Moms menghindari orang-orang yang sedang sakit cacar air.

BACA JUGA: Kulit Gatal Saat Hamil? Atasi dengan Cara ini

Tapi jika cacar air sudah terlanjur menyerang tubuh, yuk ikuti tips berikut ini agar Moms bisa segera mengatasi penyakit cacar air dengan segera:

  1. Teruslah menjaga asupan gizi dan nutrisi! Tindakan ini akan membuat tubuh Moms lebih kuat dan zat antibodi di tubuh Moms juga bisa jadi tangguh dalam melawan virus cacar.
  2. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan Varicella Zoster Immunoglobulin (VZIG) dengan dosis yang tepat. Ini merupakan obat antibodi yang dapat mendukung kekebalan tubuh Moms terhadap varisela.
  3. Bagaimanapun gatalnya, jangan pernah menggaruk luka cacar air. Sebab, tindakan tersebut bisa bikin proses penyembuhan cacar makin lambat. Kalau Moms sudah sangat tidak tahan akan rasa gatal, mandilah air hangat agar rasa gatal berkurang.
  4. Sabar dan jangan panik! Mood Moms harus selalu terjaga baik dan jangan sampai stress, ya! Kondisi jiwa yang terjaga tenang dan stabil akan mampu mempercepat proses penyembuhan. Sebaliknya, stress yang berlebihan akibat penyakit ini hanya akan memperburuk situasi.

Demikianlah informasi seputar bahaya cacar untuk kehamilan serta cara mengatasinya. Pada intinya, Moms harus tangguh dalam menghadapi segala kendala yang datang ketika masa kehamilan berlangsung. Ketika cacar air datang, jangan disepelekan, tapi jangan pula dibawa stress.

Langkah solutif harus segera dilakukan agar cacar air tidak berdampak fatal bagi Moms dan juga janin. Jangan ragu untuk selalu meminta dukungan dan bantuan dari keluarga dan orang-orang sekitar agar Moms bisa menghadapi segala situasi tidak nyaman ketika hamil tanpa panik.

Leave a Comment