Sebagian besar para Moms pasti menggunakan test pack dengan jenis disposable. Saat Moms merasa ragu dengan tes kehamilan yang bersifat manual tersebut, maka Moms bisa saja menggunakan tespek digital. Saat ini banyak sekali alat test pack jenis ini yang bisa dibeli di apotik dan peralatan medis. 

Moms yang lebih memilih untuk beli test pack jenis ini, masih merasa agak kebingungan dengan cara menggunakan tespek yang baik dan benar. Berarti Moms perlu simak ini sampai selesai. Di sini akan dijelaskan secara terperinci mengenai informasi cara penggunaan, cara deteksi hCG, seberapa akurat, dan juga berapa lama tespek aktif.

BACA JUGA: Tes Kehamilan Harus Dilakukan di Pagi Hari?

1. Cara Penggunaan Tespek Digital

Sebagian besar Moms pasti terbiasa menggunakan jenis tespek manual, sehingga agak sedikit kebingungan untuk menggunakan tespek dengan jenis digital. Cara menggunakan tespek digital terdiri dari beberapa langkah. Hal pertama yang dilakukan untuk memakai tespek adalah mengeluarkan tespek dari kemasan aluminium.

Buka bagian penutup tespek dan buka plastic baterai yang ada di bagian ujung tespek. Moms hanya perlu memegang tespek dengan jenis ini dengan letak tip berada di bawah. Tip tersebut berfungsi untuk menyerap hormone hCG yang ada pada urine Moms nantinya.

Moms hanya perlu untuk menampung urine dalam suatu wadah dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Rendam bagian tip tespek tersebut selama 10 detik dengan memperhatikan batas ketinggian tercelup yang diperbolehkan. Apabila Moms langsung menggunakan tespek ini saat kencing, maka hanya perlu 5 detik saja.

Sisanya Moms hanya perlu untuk melihat dari layar akan hasilnya. Setidaknya aka nada tiga jenis keterangan yaitu hamil, tidak hamil, atau test error.  

2. Cara Deteksi hCG pada Tespek Digital

tespek digital
tespek digital

Moms terkadang juga penasaran dengan bagaimana cara kerja dari tespek ini bukan. Pastinya tespek ini juga mengandung batang dalam tespek yang terdapat antibodi berlapiskan dengan zat kimia yang mampu ikat hCG. Jika ada hormon tersebut yang terikat pada batang, maka sang pengguna tespek hamil.

Sedangkan bila tidak ada hormone yang terikat, maka penggunanya tidak hamil. Adakalanya bila Moms menggunakan tespek terlalu dini untuk cek kehamilan, maka hormon hCG yang dihasilkan tubuh masih sangat sedikit dan tidak bisa terdeteksi oleh tespek dengan baik, karena memang tespek memiliki batas sensitivitas.

Moms bisa menggunakan tespek jenis digital ini untuk tes kembali setelah beberapa hari berlalu. Cara memakai tespek digital perlu Moms ulangi bila Moms menggunakan untuk deteksi terlalu dini.  Jika masih belum memberikan hasil yang positif, maka Moms dan pasangan bisa saja konsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

BACA JUGA: Kenapa Hasil Test Pack Bisa Salah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya, Moms!

3. Seberapa Akurat Tespek Digital?

Sebagian besar tespek dengan jenis digital memiliki tingkat akurasi sampai dengan 99%. Namun, hasil yang tepat tersebut hanya bisa terjadi saat penggunanya memakai dengan jalan yang tepat. Apabila penggunanya tidak memakai dengan tepat, bisa jadi kadar akurasinya berkurang sampai jadi hanya 60% saja.

Tespek jenis ini juga memiliki masa kadaluarsa, sehingga penggunaan saat sudah kadaluarsa tidak akan memberikan hasil yang benar. Adakalanya setiap brand tespek memiliki instruksi penggunaan yang berbeda. Pastikan Moms untuk selalu membaca petunjuk sebelum penggunaan tespek tersebut.

Moms bisa saja menyebarkan informasi ini kepada teman atau keluarga yang juga memerlukan. Pengguna tespek digital bisa mengulangi hasil tes lebih dari sekali setelah selang lebih dari satu hari.

Leave a Comment

%d bloggers like this: