Selama masa kehamilan ibu hamil harus menjaga kesehatan. Moms harus makan dan minum sesuatu yang sehat untuk memberikan nutrisi yang tepat bagi bayi yang sedang tumbuh dan berkembang. Moms bisa minum susu ibu hamil 4 minggu untuk memperoleh gizi seimbang.

Susu adalah salah satu minuman yang kaya akan semua nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain makan buah-buahan sehat, sayuran, biji-bijian, dan lain-lain Moms juga harus minum susu setiap hari. Untuk mengetahui manfaat dan aturan minum susu baca terus lanjutannya Moms.

Aturan Minum Susu Ibu Hamil 4 Minggu

Minum susu selama masa kehamilan harus dilakukan secara rutin agar ibu hamil dan bayi memperoleh nutrisi yang cukup. Ibu hamil juga tidak sembarangan memilih produk susu untuk dikonsumsi saat hamil.

Jika Moms minum susu mentah atau tidak dipasteurisasi selama masa kehamilan, hal itu bisa memberikan dampak tidak sehat untuk Moms dan bayi. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi susu saat hamil.

  • Minumlah 3 gelas susu sehari agar kebutuhan nutrisi ibu dan janin tercukupi.
  • Susu diserap dengan baik ketika dilarutkan dalam air dengan perbandingan 2 : 1. Sehingga Moms bisa menikmati susu dengan nyaman.
  • Takaran susu per gelas adalah 8 ons atau sekitar 24 ons untuk 3 gelas susu sehari.
  • Minum susu hangat jangan terburu-buru, minumlah sedikit demi sedikit agar bisa dicerna dengan baik.
  • Moms harus hindari mengkonsumsi susu sebelum makan dan setelah makan.
  • Usahakan minimum 3 gelas sehari pada waktu yang berbeda. Moms bisa mengatur waktu minum susu pada pagi, sore, dan malam hari sebelum tidur.
  • Moms bisa coba produk susu ibu hamil Anmum, Prenagen Esensis, Prenagen Emesis Coklat, dan Lactamil.

BACA JUGA: Moms, Hindari 9 Aktivitas ini di Awal Kehamilan

Manfaat Minum Susu Selama Masa Kehamilan

Susu Ibu Hamil 4 Minggu
Susu Ibu Hamil 4 Minggu

Minum cairan yang cukup adalah salah satu hal paling penting di awal masa kehamilan. Tubuh ibu hamil mulai meningkatkan aliran darah dan bayi membutuhkan lebih banyak cairan. Minum cairan dengan cukup juga dapat membantu melawan kelelahan dan kemungkinan sembelit.

Pilihlah air atau minuman bergizi seperti susu hamil anti mual dan muntah dan jus buah. Susu yang dipasteurisasi adalah salah satu hal terbaik yang bisa diminum ibu hamil. Dengan minum susu secara rutin Moms akan mendapatkan banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral penting. 

Beberapa ahli menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi tiga gelas produk susu rendah lemak perhari. Anjuran minum susu 3 kali sehari ini adalah anjuran yang paling pas untuk ibu hamil. Moms bisa mendapatkan nutrisi tanpa perlu takut kelebihan atau kekurangan.

Bahkan jika Moms memiliki gejala intoleransi laktosa sebelum hamil, Moms bisa meredakan gejalanya dengan susu secara rutin saat hamil. Tapi meski Moms memiliki gejala intoleransi laktosa tak perlu panik karena pada masa akhir kehamilan Moms bisa mencerna laktosa dengan lebih baik dari pada pada awal kehamilan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Ibu Hamil

Kesimpulan

Selama masa kehamilan Moms harus memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi terlebih pada masa awal kehamilan. Dengan minum susu setiap hari, Moms dan bayi bisa mencukupi nutrisi yang dibutuhkan dengan baik.

Selalu konsumsi susu ibu hamil 4 minggu sesuai dengan aturan yang benar dan jangan berlebihan. Moms bisa pilih susu yang paling sesuai dengan selera seperti susu sapi atau susu kedelai. Dan jangan lupa pilih merk susu yang mengandung kalsium dan mineral penting. Selamat mencoba Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: