Perkembangan kehamilan usia 5 bulan memiliki tahapan khusus yang membutuhkan asupan nutrisi yang sesuai. Tidak semua ibu hamil mampu mencukupi nutrisi hariannya karena disebabkan berbagai faktor, terutama bagi mereka yang sulit makan dan bermasalah dengan selera. Solusi suplemen hamil 5 bulan bisa jadi alternatif terbaik.

Banyak yang bilang usia kehamilan 5 bulan sedang enak-enaknya dan lebih santai. Namun, walaupun demikian soal makanan dan nutrisi Moms tetap harus mengacu pada kebutuhan gizi yang ada. Bila tidak mampu, maka konsumsi beberapa jenis suplemen yang memang sesuai dengan kebutuhan usia kehamilan.

Pilihan Suplemen Kehamilan Usia 5 Bulan, Sesuaikan Kebutuhan

Penggunaan suplemen untuk kehamilan usia berapa saja sebaiknya dilakukan atas saran dan rekomendasi dari dokter. Artinya jika masih memungkinkan menggunakan asupan bahan-bahan alami maka akan lebih baik demikian.

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaat Vitamin K Bagi Ibu Hamil!

Suplemen ibu hamil sangat banyak ragam dan merknya di pasar, khusus untuk usia 5 bulan bisa dipilih sebagai berikut:

1. Folamil Genio

Ibu hamil memiliki kebutuhan multivitamin dan mineral sejak dari usia kehamilan trimester pertama. Kebutuhan ini akan terus berlanjut dan perlu dicukupi dengan nutrisi terbaik yang pas dan seimbang. Folamil Genio merupakan suplemen yang mengandung vitamin B1, asam folat, biotin, nicotinamide, dan betakaroten.

Di apotek Moms bisa mendapatkan suplemen ini atas rekomendasi dari dokter. Harganya di pasaran dijual pada kisaran Rp130 ribu sampai Rp200 ribu. Masih lebih berkualitas bukan dibandingkan dengan suplemen murah yang harganya pun hanya ribuan.

2. Folavit 400

Folavit merupakan suplemen tablet ibu hamil yang juga bisa dikonsumsi untuk ibu hamil usia 5 bulan. Jenis suplemen ini membantu pertumbuhan bayi di dalam kandungan karena kandungan berbagai nutrisi lengkap yang ada di dalamnya. Penggunaannya juga tetap harus mengacu pada saran dokter.

Suplemen ini secara harga cukup terjangkau, mulai dari Rp30 ribu hingga Rp120 ribu. Moms bisa sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi Moms saat ini.

BACA JUGA: Begini Perkembangan Janin Kehamilan 6 Minggu yang Sehat, Apa Saja?

3. Prolacta DHA for Mother

Vitamin untuk ibu hamil 6 bulan selanjutnya adalah Prolacta DHA for Mother. Seperti namanya, suplemen ini mengandung DHA yang secara khusus ditujukan untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Suplemen ini dibutuhkan bukan hanya pada saat hamil tetapi juga sampai pada saat menyusui nanti.

Nutrisi DHA dibutuhkan untuk tumbuh kembang otak anak. Tumbuh kembang otak ini sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak di masa akan datang. Suplemen Prolacta DHA for Mother termasuk jenis suplemen kelas premium. Harganya sesuai kualitasnya yakni mulai dari Rp350 ribu sampai dengan Rp400 ribu.

Tips Mengonsumsi Suplemen pada Ibu Hamil

suplemen hamil 5 bulan

Suplemen ibu hamil trimester pertama, kedua atau ketiga mungkin bisa dengan mudah Moms dapatkan di apotek. Namun, tahukah Moms, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen instan tersebut apakah memang Moms sudah benar-benar berusaha mengonsumsi nutrisi alami untuk mencukupinya?

Apa yang bisa dicukupi secara alami akan lebih baik demikian, tetapi Moms juga tidak boleh terlalu menutup diri dengan suplemen buatan. Pada kondisi tertentu bisa jadi ibu hamil membutuhkannya, termasuk mungkin Moms sendiri. Jaga asupan nutrisi yang cukup setiap hari sehingga tidak terjadi defisiensi yang tinggi.

Mengonsumsi suplemen pun tidak boleh atas saran tetangga atau orang-orang yang tidak mengerti kondisi medis Moms. Konsultasikan dengan dokter dan pastikan juga resep suplemen tersebut berasal dari dokter. Pilihan produk yang ada di pasar seperti di atas pun bisa Moms pilih dengan tetap konsultasi dengan dokter.

Suplemen ibu hamil 5 bulan ke atas pun pada dasarnya harus dicukupi dengan mengacu pada kebutuhan nutrisi seiring usia perkembangan janin dalam kandungan. Moms butuh dengan suplemen? Konsultasikan dulu pada dokter kandungan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: