Apakah hamil Moms mengalami gatal-gatal pada selangkangan? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini adalah hal yang wajar ditanyakan oleh ibu hamil. Kondisi ini memang sering menyerang ibu hamil karena banyak sebab seperti bahan pakaian, obat, makanan, dan lain-lain. Penanganannya biasanya menggunakan salep gatal selangkangan ibu hamil.

Namun, dalam kebanyakan kasus gatal-gatal pada selangkangan selama kehamilan tidak perlu dikhawatirkan. Jika Moms mengalami gatal-gatal pada selangkangan selama hamil bisa kenali gejala di bawah ini beserta penanganannya.

Penyebab Gatal pada Selangkangan Selama Hamil

Alasan paling umum gatal-gatal pada selangkangan selama kehamilan adalah perubahan tingkat pH pada area intim yang dapat menyebabkan iritasi topikal. Penyebab iritasi ini biasanya karena gatal-gatal pada vagina yang persisten.

Dan walaupun bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan Moms juga perlu berhati-hati karena bisa saja ini adalah tanda-tanda penyakit lain. Penting untuk dicatat bahwa gatal-gatal pada selangkangan biasanya akibat infeksi menular seksual (IMS), itu adalah penyebab potensial.

Salep Gatal Selangkangan Ibu Hamil

Salep Gatal Selangkangan Ibu Hamil

Jika Moms mengalami gatal pada area selangkangan bisa gunakan salep-salep di bawah ini:

1. Miconazole

Ini merupakan obat oles yang dibuat khusus untuk membasmi jamur di beberapa area kulit. Obat oles ini mengandung bahan yang mampu mencabut dan menghentikan jamur yang tumbuh pada kulit. Moms bisa gunakan obat ini ketika terkena infeksi jamur seperti candidiasis, panu, dan kurap.

Salep ini merupakan obat luar yang penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. Sebelum membeli salep ini ada baiknya Moms konsultasi dulu dengan dokter.

2. Clotrimazole

Obat ini juga merupakan obat dalam bentuk krim, tablet, bedak, dan larutan yang dibuat untuk membantu mengatasi gatal pada kulit karena jamur. Moms bisa gunakan produk dalam bentuk salep untuk mengobati gatal pada selangkangan.

Selain bisa mengobati selangkangan yang gatal, obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi jamur di liang telinga dan beberapa area kulit lainnya seperti tangan. Obat ini bisa Moms beli di apotek dan sebaiknya pemakaian dilakukan sesuai anjuran dokter.

3. Ketoconazole

Selain kedua obat di atas, Moms juga bisa gunakan obat ini untuk membunuh jamur yang menginfeksi selangkangan saat hamil. Moms bisa pilih produk ini dalam bentuk salep, sampo, dan juga tablet.

Untuk mengatasi gatal area selangkangan Moms lebih baik Moms beli dalam bentuk salep karena penggunaan mudah hanya perlu di oles. 

Perawatan Gatal di Selangkangan Selama Kehamilan

Jika rasa gatal itu disebabkan oleh perubahan kadar pH pada vagina yang terjadi selama kehamilan, ada sejumlah perawatan yang bisa Moms coba. Beberapa diantaranya adalah:

  • Gunakan salep jamur yang aman untuk ibu hamil.
  • Jaga agar vulva / vagina tetap bersih dan kering.
  • Kenakan pakaian yang tidak ketat terutama di area selangkangan.
  • Gunakan air mandi hangat.

Manfaat Salep Gatal di Area Selangkangan

Manfaat menggunakan salep gatal ibu hamil bisa meredakan gejala gatal-gatal lebih cepat daripada menggunakan bahan alami. Moms juga bisa gunakan fungiderm, miconazole, dan bepanthen untuk selangkangan. Tapi sebelum membeli Moms melakukan konsultasi dahulu dengan dokter.

Selama masa kehamilan gatal-gatal pada area selangkangan adalah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Jika Moms mengalami hal ini tidak perlu panik dan segera lakukan beberapa pengobatan di atas atau bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Pengobatan menggunakan salep gatal selangkangan ibu hamil, pengobatan alami, atau konsumsi obat dokter dan obat gatal di apotek semuanya baik. Pengobatan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Moms. Selalu jaga kesehatan dan pastikan si kecil mendapatkan perawatan terbaik ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: