Moms, pastinya khawatirkan jika kehamilan Moms sudah memasuki usia 8 bulan tetapi posisi bayi sungsang? Nah, agar posisi janin siap untuk dilahirkan secara, ada cara agar bayi tidak sungsang yang bisa Moms lakukan di rumah. Cara ini dapat Moms lakukan sendiri di rumah dengan tetap berpikiran positif janin akan bergerak hingga menuju panggul agar siap dilahirkan.

Penyebab Posisi Bayi Sungsang

Posisi bayi sungsang bukanlah sebuah kelainan saat kehamilan. Posisi sungsang pada bayi disebabkan pergerakan bayi yang aktif. Posisi ini menyebabkan bagian bawah bayi berada di bawah lahir, sehingga jika dilahirkan secara normal, bagian bokong atau kaki bayi keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan bagian kepala.

Posisi bayi yang bergerak aktif membuat Moms harus waspada. Terlebih jika sudah memasuki minggu ke-36 dan posisinya masih dalam posisi sungsang, maka jalan satu-satunya untuk dilahirkan adalah dengan cara operasi sesar.

Sebelum Moms mengetahui cara mengubah posisi bayi, Moms harus mengetahui penyebab posisi bayi sungsang. Meskipun tidak diketahui secara pasti penyebab bayi sungsang, beberapa kondisi tertentu menjadi faktor risiko bayi sungsang. 

BACA JUGA: Penyebab Perut Terasa Kencang Saat Hamil, Normal atau Haruskah Panik?

Volume Air Ketuban

Kekurangan atau kelebihan air ketuban akan menyebabkan posisi bayi sungsang. Air ketuban yang berlebihan dalam rahim menjadi salah satu hal yang memungkinkan bayi bebas bergerak dalam rahim. Sedangkan air ketuban yang terlalu sedikit akan memungkin bayi susah berputar ke posisi yang seharusnya.

Bentuk Rahim Tidak Normal

Jika Moms memiliki bentuk rahim memanjang, hal ini akan mempersulit posisi janin berada dalam posisi yang normal.

Bayi Terlalu Besar atau Terlalu Kecil

Bayi yang terlalu besar akan menyulitkan untuk berputar. Sedangkan bayi yang terlalu kecil akan sangat mudah berputar, sehingga membuatnya mudah berganti posisi.

Plasenta Previa

Risiko plasenta previa totalis akan menyulitkan Moms untuk mencoba tips agar bayi tidak sungsang. Posisi ini cenderung membuat janin sungsang dan susah untuk bergerak ke bawah karena jalan lahir tertutup plasenta.

Cara Mengatasi Posisi Bayi Sungsang

Posisi bayi sungsang bisa Moms ubah dengan melakukan beberapa posisi berikut. Posisi ini bisa Moms lakukan sendiri di rumah dan bertujuan untuk mengembalikan posisi janin normal.

  • Posisi Telentang

Moms bisa berbaring di atas matras. Gunakan bantal di pinggul, sehingga posisi perut berada lebih tinggi dibandingkan dengan posisi kepala. Lakukan dengan rileks selama 15 menit sambil tetap berpikir positif bayi akan mengubah posisinya. Cara ini efektif jika bayi bergerak aktif atau perut Moms dalam keadaan kosong.

  • Posisi Berlutut

Caranya adalah Moms berlutut dengan meletakkan lutut dan telapak tangan ke lantai. Kemudian bergoyanglah ke depan dan ke belakang secara pelan-pelan selama 5 hingga 15 menit.

  • Posisi Duduk

Moms bisa melakukannya sendiri dengan cara duduk tegak sambil memeluk kedua lutut. Cara ini akan membuka pelvis, sehingga posisi bayi bisa bergerak menuju jalan lahir.

  • Mendengarkan Suara Musik

Cara ini bisa Moms lakukan dalam keadaan rileks. Meski masih berada dalam rahim, janin mampu merespon suara dari luar. Mendengarkan musik kepada bayi dapat membantu bayi bergerak ke arah suara yang didengarnya.

  • Merangsang Menggunakan Benda Dingin

Rangsangan dari luar rahim juga dapat dirasakan oleh janin. Moms bisa menggunakan es batu yang ditutupi kain. Letakkan di bagian atas perut yang akan membuat janin bergerak menjauhi dan mendekati jalan lahir.

Cara agar bayi tidak sungsang di atas bisa Moms lakukan sendiri di rumah. Ada baiknya Moms menghindari melakukan pijat rahim karena akan membahayakan rahim Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: