Fase Perkembangan Janin Trimester Pertama dan Nutrisi yang Harus Dipenuhi

Moms pastinya sangat khawatir dengan kehamilan pertama yang dialami. Agar kehamilan bisa berjalan dengan normal, Moms harus tahu perkembangan janin dan juga nutrisi apa saja yang dibutuhkan. Nutrisi inilah yang akan mempengaruhi bagaimana kondisi kehamilan hingga proses persalinan nantinya.

Janin dalam kandungan akan berada pada fase kritis di trimester pertama. Ketika Moms bisa mengatasinya dengan baik, maka janin akan sehat, dan resiko kehamilan juga akan berkurang. Dalam artikel berikut ini Moms akan tahu lebih banyak lagi mengenai fase perkembangan janin dan nutrisi yang harus Moms penuhi.

BACA JUGA: Mengagumkan, Seperti Ini Perkembangan Janin Pada Trimester Kehamilan 1, 2 dan 3

Fase Perkembangan Janin Pada Trimester Awal

Fase pertama dalam perkembangan janin ini merupakan fase yang kritis. Pembentukan jaringan saraf vital pada janin, organ-organ tubuh yang penting, dan juga jaringan tulang pembentuk berada pada fase ini. Kondisi janin yang masih lemah dan adaptasi tubuh Moms terhadap perubahan ini harus diperhatikan dengan baik.

1. Fase Perkembangan Saraf Pada Bulan Pertama

Pada bulan pertama ini terjadi pembentukan bagian tubuh yang sangat vital, yaitu berupa jaringan saraf. Jaringan tersebut adalah dasar dari pembentukan otak, tulang belakang, dan jaringan saraf lainnya. Selain itu terbentuk juga jaringan sirkulasi darah.

Jaringan dasar ini yang akan menentukan bagaimana kondisi janin ke depannya. Meski ukurannya masih sangat kecil, sebesar biji beras, namun terbentuk jaringan dasar yang sangat kompleks di dalamnya.

Moms juga akan merasakan perubahan pada tubuh, karena ada peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang memacu pertumbuhan janin. Kondisi ini akan terus berlangsung hingga berakhirnya trimester pertama. Moms harus menjaga kondisi tubuh dengan nutrisi dan istirahat yang cukup.

Semakin baik kondisi tubuh Moms, maka semakin baik pula proses pertumbuhan pada janin. Fase kritis ini harus bisa Moms lewati dengan baik.

2. Fase Perkembangan Organ Dasar Pada Bulan Kedua

perkembangan janin
perkembangan janin

Pada bulan kedua, terjadi pertumbuhan yang sangat pesat pada janin. Jaringan saraf sudah selesai terbentuk kemudian terjadi perkembangan pada telinga, tangan, kaki, mata, dan jari-jemari. Jaringan tulang juga semakin memadat.

Bisa dikatakan pada bulan kedua ini sudah terbentuk organisme yang lengkap. Meski dengan ukuran yang masih sangat kecil, yaitu sebesar 2,5 cm dengan berat 9,5 gram saja. Semua sistem dasar dari manusia sudah terbentuk, bahkan di usia ini si kecil sudah bisa bergerak.

3. Fase Fase Perkembangan Janin Pada Bulan Ketiga

Masuk di usia kehamilan bulan ketiga si kecil sebenarnya sudah hampir sempurna. Karena di masa ini organ kelamin sudah muncul, hanya saja belum bisa terlihat jenis kelaminnya.

Secara fungsional, di fase kehamilan ketiga ini jaringan indra sudah aktif, terutama pendengaran. Sehingga Moms sudah bisa mulai memberikan rangsangan pendengaran dengan berbagai musik atau suara lainnya dengan didekatkan ke perut.

BACA JUGA: Penasaran Bagaimana Perkembangan Janin Usia 7 Minggu? Cek di Sini!

Kebutuhan Nutrisi Setiap Fase Perkembangan Janin

Nutrisi yang tepat dan lengkap sangat dibutuhkan pada masa trimester pertama ini. Dengan nutrisi tersebut, Moms bisa menjaga tubuh agar lebih sehat, dan asupan nutrisi itu juga akan membantu proses pembentukan organ janin dengan lebih baik.

Untuk nutrisi pada bulan pertama Moms perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, zat besi, dan protein. Asupan asam folat ini akan mengurangi resiko gangguan terbentuknya jaringan saraf pada janin. Sedangkan zat besi dan protein dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh Moms.

Di usia kandungan yang kedua, asam folat tetap menjadi nutrisi wajib yang dibutuhkan. Nutrisi tersebut bisa Moms temukan pada jeruk, brokoli, telur, asparagus, kacang-kacangan, kentang, dan sayur-sayuran. Untuk memenuhi protein Moms bisa mengkonsumsi daging, ikan, susu, dan berbagai makanan bernutrisi tinggi lainnya.

Pada usia kandungan di akhir trimester pertama Moms membutuhkan nutrisi yang sangat lengkap. Karbohidrat tinggi, air mineral yang banyak, vitamin B6, dengan kata lain pemenuhan asupan makanan empat sehat lima sempurna.

Cara mengetahui perkembangan janin yang baik adalah dengan terus berkonsultasi dengan bidan dan dokter. Sehingga pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk bayi Moms selalu terpenuhi.

Semakin baik pemenuhan nutrisi maka semakin baik pula perkembangan janin. Kondisi Moms juga akan selalu sehat dan kuat. Sehingga Moms tidak perlu khawatir ketika nanti akan menghadapi persalinan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: