Tidak terasa sekarang si kecil telah berusia 8 bulan Moms. Di usia ini Moms mungkin melihat bahwa dia lebih penasaran dan aktif daripada sebelumnya. Otot-ototnya semakin kuat dan dia sudah bersiap-siap menggunakan kaki-kaki itu untuk merangkak, berlari, dan juga berjalan. Inilah yang perlu Moms ketahui tentang perkembangan bayi 8 bulan.

BACA JUGA: Yuk, Ketahui Perkembangan dan Ukuran Bayi Normal Usia 0-6 Bulan

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Saat mengamati si kecil Moms akan melihat beberapa perubahan besar pada si kecil. Dia mungkin saat ini tengah bersiap untuk merangkak. Dia mungkin juga akan mengalami beberapa perubahan dalam kebiasaan tidurnya serta pola makanan bayi 8 bulan.

Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik

Pada saat ini, bayi kemungkinan telah lebih dari dua kali lipat berat kelahirannya. Rata-rata berat bayi  8 bulan antara 17,5 hingga 22 pon dan bayi perempuan biasanya memiliki berat lebih lebih kecil dari bayi laki-laki pada usia ini. 

Perlu diingat, bahwa pertumbuhan bayi melambat pada bulan-bulan menjelang ulang tahun pertama. Pada setiap pemeriksaan, dokter akan menimbang dan mengukur bayi untuk memastikan dia berkembang dengan baik. Cara melihat perkembangan bayi bisa menggunakan grafik pertumbuhan bayi dengan dokter.

Selain penambahan berat badan Moms mungkin juga memperhatikan bahwa pola makan si kecil. Di usia 8 bulan Moms sudah bisa memberikan MPASI seperti nasi tim dan olahan kentang untuk si kecil. MPASI ini sangat penting untuk bayi demi mencukupi kebutuhan nutrisinya untuk masa pertumbuhan.

Perkembangan Gerakan Baru

perkembangan bayi 8 bulan
perkembangan bayi 8 bulan

Koordinasi tangan dan mata yang semakin baik dan tajam adalah salah satu dari banyak perkembangan bayi berusia 8 bulan yang mungkin dicapai. Pada titik ini, ia belajar menyelaraskan antara gerakan tangan dan kaki untuk melakukan beberapa gerakan. Dan tak jarang Moms mendapati si kecil sedang menggerakkan tangan dan kaki secara bersamaan.

Perkembangan bayi berusia 8 bulan yang menarik dan bisa amati adalah saat ia belajar duduk sendiri tanpa sandaran. Saat si kecil sedang belajar duduk tanpa sandaran Moms perlu mengawasi si kecil. Karena tak jarang keseimbangannya belum sempurna dan mengakibatkan jatuh ke depan.  

Saat ini, ia juga sedang berusaha memperkuat otot yang ia butuhkan untuk merangkak. Normalnya bayi mulai belajar merangkak antara usia 7 dan 10 bulan. Sekarang si kecil akan lebih aktif daripada sebelumnya jadi Moms dan keluarga perlu mengawasinya lebih ketat terutama ketika dia sedang bermain.

BACA JUGA: 6 Fakta Kesehatan Bayi Baru Lahir yang Belum Banyak Diketahui Orang

Perkembangan Kognitif

Bahasa bayi dan keterampilan komunikasi bayi yang berusia 8 bulan terus berkembang. Kondisi ini akan memudahkan Moms dan bayi untuk saling memahami satu sama lain. Bahkan tak jarang suara celoteh yang dikeluarkannya mulai terdengar seperti sebuah kata. 

Suku kata sederhana seperti “ma” dan “ba” mulai mulai bisa diucapkan oleh bayi usia 8 bulan. Karena bayi sudah mulai bisa memahami kata-kata yang Moms ucapkan, Moms bisa stimulasi bayi 8 bulan untuk berbicara lebih banyak. Moms bisa mulai dengan menyebutkan nama ibu dan ayah serta mainan favoritnya.

Di usia juga mulai memahami dan mengerti keberadaan sebuah benda disekitarnya. Dia menjadi lebih ingin tahu dan akan mencari tahu benda yang Moms sembunyikan. Moms dan si kecil bisa bersenang-senang dan mengasah keterampilan ini melalui mainan untuk bayi 8 bulan.

Selalu pantau perkembangan bayi usia 8 bulan dengan memperbanyak bermain bersama ya Moms. Semoga info di atas membantu ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: