Perkembangan bayi 4 bulan lebih waspada, aktif, dan menarik daripada sebelumnya. Moms bisa menikmati saat ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang kepribadiannya yang unik. Selain itu Moms bisa menyaksikan dia belajar mengasah keterampilan yang menarik seperti duduk, menggapai, dan berguling.

Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Bayi 4 Bulan

Saat Moms memiliki bayi berusia 4 bulan, Moms mungkin akan merasa sedikit kurang waktu karena rutinitas harian mengurus si kecil. Di usia ini Moms masih sering terjaga di malam hari dan berakibat kurang tidur. Tapi itu bukan masalah berarti selama Moms bisa melihat si kecil tumbuh dengan sehat. 

Di usia ini dan selama beberapa bulan ke depan, dia akan sibuk mengasah keterampilan motoriknya. Si kecil akan belajar memahami hal-hal baru seperti berguling dan duduk sendiri. Melihat hal-hal menggemaskan ini bisa menghilangkan lelah yang Moms rasakan sepanjang hari. Si kecil mungkin melakukan beberapa hal berikut pada usia ini:

  • Mengangkat kepalanya secara mandiri
  • Membawa tangannya ke mulut
  • Belajar bicara
  • Mencapai dan meraih benda-benda yang menarik.

Berat badan bayi 4 bulan sekitar 1 hingga 1 ¼ pon per bulan. Tetapi ingatlah bahwa tingkat pertumbuhan yang stabil lebih penting daripada pertambahan berat atau panjang tertentu. Jika Moms ingin memantau laju pertumbuhannya fisiknya Moms bisa menggunakan grafik cara mengetahui perkembangan bayi.

Ada banyak perkembangan kognitif dan fisik yang terjadi sekarang. Dan Moms mungkin akan mulai melihat tindakan yang lebih disengaja dari bayi saat ia mempelajari dan meniru sebuah gerakan atau tindakan.

BACA JUGA: Yuk, Ketahui Perkembangan dan Ukuran Bayi Normal Usia 0-6 Bulan

Mengenal Kepribadian Si Kecil

perkembangan bayi 4 bulan
perkembangan bayi 4 bulan

Perkembangan bayi 2 bulan ke atas mengalami peningkatan mobilitas dan kesadaran kognitif. Dia juga cenderung menjadi lebih sensitif terhadap nada suara yang Moms buat. Suara Moms yang lembut dan pelan akan menenangkan dan meyakinkannya, sementara nada yang keras dan marah akan membuatnya tahu ada sesuatu yang salah. 

Dan, dia juga cenderung meniru nada bicara dan kata-kata yang Moms keluarkan. Dia mungkin bisa meniru suara atau kata tertentu jauh sebelum dia bisa merangkai kata. Tetapi bagaimana jika si kecil tampaknya begitu santai atau tidak ingin tahu? Tidak apa-apa, itu wajar. Kadang-kadang bayi yang tampaknya lebih pemalu membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar.

Awasi untuk melihat apakah bayi tampak kewalahan, terlalu bersemangat, atau menarik diri dalam situasi tertentu. Dan beri dia waktu untuk merasa nyaman dengan wajah atau aktivitas baru dalam hidupnya.

BACA JUGA: Siklus Pola Tidur Bayi Baru Lahir 0 Sampai 12 Bulan, Wajib Tahu Moms!

Penglihatan Anak Berkembang

Dunia di sekitar bayi di usia ini semakin jelas. Ketika penglihatannya terus membaik, bayi akan dengan mudah mengenali lingkungan tempat tinggal dan orang-orang di sekitarnya. Dia mungkin mulai mengenali wajah-wajah orang yang ada disekitarnya dan ia dapat dengan mudah mengikuti objek bergerak dengan matanya dari sisi ke sisi. 

Di usia ini si kecil juga bisa membedakan warna dengan baik. Moms bisa memperhatikan bahwa ia tampaknya lebih menyukai warna merah dan biru. Untuk stimulasi bayi 4 bulan khususnya penglihatan, Moms bisa berikan mainan bayi usia 4 bulan seperti bola warna warni.

Saat menginjak usia 4 bulan indra penglihatannya yang semakin matang dan juga keterampilan bahasanya berkat peningkatan pendengaran dan perkembangan kognitif. Dia mungkin dapat meniru beberapa ritme, nada, dan pola beberapa kata yang Moms ucapkan kepadanya.

Di usia ini suara yang keluar mungkin sudah terdengar seperti celoteh. Selalu pantau perkembangan bayi 4 bulan agar semakin maksimal ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: