Perkembangan bayi dimulai saat lahir hingga mereka tumbuh dewasa. Pada usia 1 bulan bayi hanya melakukan aktivitas tidur dan menyusui karena adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan bayi 1 bulan. Waktu yang Moms habiskan bersama si kecil akan membantu otak tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Bayi di usia ini mungkin akan banyak menangis saat ini. Menangis merupakan cara mereka untuk mengomunikasikan bahwa dia lapar atau popok harus diganti. Tetapi di usia ini seringkali bayi hanya menangis tanpa alasan yang jelas. Beri mereka dekapan hangat untuk menghibur dan menenangkan mereka

BACA JUGA: Yuk, Ketahui Perkembangan dan Ukuran Bayi Normal Usia 0-6 Bulan

Perkembangan Bayi 1 Bulan

Pada awal bulan, bayi memerlukan stimulasi bayi 1 bulan dan pemeriksaan intensif oleh seorang profesional kesehatan seperti perawat, bidan, dan dokter anak. Hal ini agar perkembangan bayi selalu bisa dipantau dan apabila ada sesuatu yang aneh terjadi bisa segera ditangani.

Semua bayi tumbuh dengan laju yang berbeda. Tetapi rata-rata berat bayi 1 bulan antara 0,7 hingga 0,9 kg setiap bulan dan panjang sekitar 2,5 hingga 4 cm. Lingkar kepala mereka akan meningkat sekitar 1,25 cm setiap bulan.

Perlu Moms ketahui semua bayi kehilangan berat badan tepat setelah mereka dilahirkan. Bayi yang sehat biasanya kembali ke berat lahirnya sekitar 2 hingga 3 minggu kemudian dan akan terus tumbuh.

Bayi memiliki berbagai bentuk dan ukuran, ada yang lahir dengan ukuran besar, sedang, dan kecil. Jadi Moms tak perlu khawatir jika si kecil lahir dengan berat badan yang sekitar 2 kiloan, yang penting adalah mereka tumbuh secara konsisten dari waktu ke waktu. Cobalah untuk tidak membandingkan kenaikan berat badan si kecil dengan bayi lainnya.

Aktivitas Bayi 1 Bulan

Pada usia 1 bulan, sebagian besar gerakan bayi masih oleh refleks. Dengan kata lain mereka tidak memikirkan tindakan yang mereka lakukan. Mereka akan mengisap, menelan, membuang dan memegang benda jika Moms meletakkan benda di telapak tangan mereka. Hal seperti ini biasa dianggap sebagai mainan untuk bayi 1 bulan.

perkembangan bayi 1 bulan
perkembangan bayi 1 bulan

Mulai Fokus Melihat

Mata bayi usia 1 bulan sudah mulai bisa fokus dan juga mulai bisa mengikuti objek bergerak dari sisi ke sisi. Mereka mungkin akan lebih suka melihat wajah seseorang daripada melihat benda. Sebagian besar bayi dapat mengenali orang tua mereka pada usia ini.

BACA JUGA: 6 Fakta Kesehatan Bayi Baru Lahir yang Belum Banyak Diketahui Orang

Mulai Mengenali Suara

Bayi berumur satu bulan juga sudah bisa mengenali suara dan biasanya dia menyukai suara Moms. Mereka juga sudah bisa bereaksi jika mendengar suara keras. Saat mendengar suara keras biasanya mereka akan kaget, melakukan gerakan tangan dengan cepat, mengedipkan mata, bernapas lebih cepat, dan menangis.

Mulai Menggerakan Anggota Badan, Utamanya Kepala

Pada akhir bulan pertama, sebagian besar bayi dapat mengangkat kepala ketika Moms menggendongnya dan mereka akan menggelengkan kepala. Saat otot leher mereka semakin kuat, mereka akan dapat menolehkan kepalanya.

BACA JUGA: Siklus Pola Tidur Bayi Baru Lahir 0 Sampai 12 Bulan, Wajib Tahu Moms!

Mulai Berkomunikasi

Bayi usia 1 bulan biasanya akan menangis dengan keras ketika mereka lapar atau tidak nyaman. Ketika mereka bahagia dan puas, mereka biasanya membuat sedikit celoteh suara. Saat si kecil melakukan hal ini Moms bisa menanggapi si kecil dengan anggukan dan juga senyuman, maka si kecil akan merasa semakin senang.

Pada 1 bulan, beberapa bayi juga akan belajar cara menenangkan diri. Reflek yang biasa mereka lakukan adalah dengan mengisap jari atau ibu jari mereka. Saat bayi mulai menghisap jarinya Moms bisa memberikan ASI untuk menenangkannya.

Perkembangan bayi 1 bulan memang membutuhkan pengawasan yang intens. Jaga si kecil tetap sehat ya Moms, agar pertumbuhannya selalu maksimal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: