Pasti hal ini pernah terpikirkan di benak Moms. Daripada terus menduga-duga, lebih baik Moms simak bahasan berikut tentang pemulihan setelah operasi caesar berapa lama dari masing-masing urutan operasi caesar. 

Pemulihan Setelah Operasi Caesar 

Pemulihan setelah operasi caesar berapa lama sangat tergantung operasi caesar ke berapa yang dilakukan. Apakah itu operasi caesar pertama, kedua, ketiga, atau seterusnya. 

Bukannya tidak mungkin seorang ibu terus melakukan operasi caesar.  Karena pada penelitian yang ada telah membahas tentang hal ini. 

BACA JUGA: Yuk, Ketahui Tahapan Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Pemulihan Setelah Operasi Caesar Pertama

Suatu penelitian yang dilakukan warga Australia menyimpulkan bahwasanya akan lebih aman bagi bayi dan ibu yang melahirkan secara caesar saja. Terutama jika sebelumnya pernah operasi caesar. 

Jika ibu memilih operasi caesar pada kelahiran pertama dan melahirkan normal pada kelahiran kedua justru akan membuat bayi tidak aman. Tidak aman yang dimaksud ini adalah karena angka kematiannya akan melonjak. Bahkan lebih tinggi dibanding ibu yang kembali menjalankan operasi caesar. 

Menurut dokter Alison Edelman, sebaiknya Moms baru beraktivitas normal dua puluh empat jam setelah operasi caesar. Hingga hari ketujuh setelah operasi caesar ibu disarankan untuk tidak mengangkat benda-benda berat. 

Apalagi melakukan aktivitas fisik berat. Hal ini jangan dilakukan dahulu demi menghindari robek kembalinya jahitan operasi caesar.

Penyembuhan setelah operasi caesar pertama adalah masa penyembuhan yang paling cepat. Apalagi jika dibandingkan dengan setelah operasi caesar yang kedua atau ketiga. 

BACA JUGA: Kenali Ciri-Ciri Operasi Caesar Sembuh Total, Moms!

Pemulihan Setelah Operasi Kedua 

pemulihan setelah operasi caesar berapa lama
pemulihan setelah operasi caesar berapa lama

Intensitas rasa nyeri pasca operasi caesar kedua lebih besar dibanding operasi caesar pertama. Pemulihan pasca operasi caesar berapa lama yang kedua ini juga lebih lama. 

Dokter Ivander, yang merupakan peneliti sekaligus ahli obgyn menjelaskan lebih lanjut tentang hal ini. Jadi, nyeri yang akan dirasakan ibu baru akan menghilang dalam hitungan bulanan. Yang mana biasanya berkisar antara satu sampai dua bulan. 

Durasi nyerinya memang lebih lama dan intensitasnya memang semakin besar. Namun perlu diketahui bahwa operasi caesar kedua adalah pilihan yang tepat dibanding melahirkan secara normal. 

Hal ini telah dijelaskan di atas. Jika kelahiran pertama Moms melalui operasi caesar jika kelahiran kedua secara normal maka angka kematian bayi akan meningkat.

Istilah ini dikenal dengan nama VBAC atau Vaginal Birth After Cesarean yang berarti kelahiran melalui vagina setelah operasi caesar. Jika Moms ragu untuk melakukan VBAC, sebaiknya pilihlah operasi caesar kedua dibandingkan proses yang satu ini.

BACA JUGA: 8 Makanan Pantangan Pasca Operasi Caesar Ini Agar Cepat Sembuh

Pemulihan Operasi Caesar Ketiga

Pemulihan setelah operasi caesar ketiga sangatlah relatif Moms. Durasinya bisa dipengaruhi berapa jarak antara operasi caesar kedua dengan operasi caesar ketiga. 

Jika jarak antara operasi caesar kedua dan caesar ketiga singkat maka bisa ditebak durasi pemulihan caesar ketiga akan lebih lama. Pasalnya, luka jahitan pada operasi caesar kedua belum terlalu kering. 

Padahal jahitan dari operasi caesar kedua ini merupakan bekas jahitan dari operasi cara pertama. Karena hal ini, Moms perlu memberikan treatment yang tepat supaya nyerinya tak berlanjut. Treatment yang dimaksud ini bisa berupa memberikan jarak antara operasi caesar kedua dengan operasi caesar ketiga.

Setelah pemulihan setelah operasi caesar ketiga, tidak disarankan bagi Moms untuk melahirkan lagi. Pasalnya, ketika sudah tiga kali operasi caesar maka resiko untuk kelahiran keempat akan sangat besar. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: