Sebagai ibu yang sedang hamil, pastinya Moms ingin memberikan semua yang terbaik untuk si calon buah hati. Karenanya, tulisan ini kami dedikasikan untuk Moms yang sedang mengusahakan calon adik agar tumbuh dengan sehat. Berikut adalah daftar pantangan makanan Ibu hamil yang sebisa mungkin dihindari mengkonsumsinya.

Daftar Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Sebagai catatan, sebagian makanan dalam daftar ini bisa menyebabkan Moms keracunan. Ada juga yang mampu menghambat perkembangan otak calon bayi yang masih ada dalam kandungan. Jadi, sekali lagi Moms, jangan makan makanan di bawah ini ketika mengandung ya.

1. Ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi

Mungkin Moms pernah baca ini. Bahwa banyak ikan lezat punya zat merkuri yang tinggi di dalam tubuhnya. Ikan-ikan tersebut jarang diperdagangkan di perairan Indonesia. Sebut saja ikan makarel raja, ikan hiu, ikan tuna big eye dan sirip kuning, atau ikan pedang. Meski demikian, ternyata ada beberapa ikan khas Indonesia yang mesti dihindari

Mereka adalah ikan lele, sarden, tuna, salmon, nila, trout serta udang. Wah, ikan lezat semuanya ya. Iya, tapi bahaya. Semakin besar badan mereka, semakin tinggi juga kandungan merkuri yang dimilikinya. Jadi, hindari ikan-ikan ini di masa kehamilan.

Mungkin Moms bertanya, mengapa penting menghindari kadar merkuri dalam ikan? Perlu diketahui Moms, bahwa zat merkuri yang tinggi bisa mengakibatkan perkembangan otak bayi dalam rahim menjadi terganggu.

BACA JUGA: 7 Mitos dan Fakta Hamil 7 Bulan yang Perlu Moms Ketahui

2. Makanan mentah atau setengah matang

Ada banyak sekali makanan terlarang dalam kategori ini. Yang pertama adalah sushi. Sushi yang mentah atau dimasak namun tidak sepenuhnya matang sangat membahayakan perkembangan janin.

3. Hati Binatang

Pantangan Makanan Ibu Hamil
Pantangan Makanan Ibu Hamil

Moms suka makan hati? Kalau iya, suka makan hati apa? Hati ayam atau sapi? Untuk orang Indonesia memang rasa hati itu enak. Namun saat hamil, sebaiknya konsumsi hati dihentikan dulu.

Hati yang sudah dimasak banyak mengandung vitamin A, tapi disitulah masalahnya. Sebab terlalu banyak vitamin A dalam tubuh Moms akan membahayakan janin. So, stop dulu makan hati ketika hamil ya Moms!

4. Sayuran yang Tidak Dicuci dengan Bersih

Sayur mayur memang diakui sebagai sumber vitamin yang baik untuk tubuh. Sebagai ibu (atau calon ibu) sangat penting bagi Moms untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan sayur. Apalagi sayur juga memiliki kandungan serat yang bagus buat pencernaan Moms.

Namun bila sayur yang Moms konsumsi tidak dicuci atau dibersihkan dengan seksama, maka kemungkinan bakteri masuk ke dalam tubuh akan besar. Karena banyak bakteri yang bersarang di daun, apalagi dedaunan ini berada di luar ruang dan terkena banyak debu. Inilah sayuran yang dilarang untuk ibu hamil.

BACA JUGA: Buah dan Sayur untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak makanan yang harus dihindari saat hamil trimester pertama. Sebut saja fastfood, dan alkohol sebagai minuman yang harus dihindari ibu hamil, dan masih banyak yang lain. Hanya saja, dua kelompok makanan di atas yang paling merusak sehingga sebisa mungkin Moms hindari dulu. Setidaknya selama masa kehamilan.

Moms, anak adalah anugerah yang indah luar biasa. Di saat Moms mengandung, ada banyak orang di luar sana yang ingin punya anak, namun belum diberi keturunan. Karenanya, jagalah si kecil di dalam kandungan dengan mematuhi pantangan makanan ibu hamil. Pastikan untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda ya, Moms. Moms bisa minta daftar makanan yang baik dan makanan yang sebaiknya dihindari selama mengandung.

Leave a Comment

%d bloggers like this: