Pada masa kehamilan, Moms tidak boleh asal makan, karena semua makanan yang biasa Moms makan belum tentu baik untuk janin di dalam kandungan. Apalagi jika Moms sedang hamil muda, selain rentan mengalami keguguran, masa tersebut penting untuk pertumbuhan bayi. Untuk itu, Moms perlu tahu menu makanan sehat untuk ibu hamil di bawah ini.

Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Nah, buat Moms yang tengah hamil harus hati hati ya dalam mengkonsumsi makanan. Moms harus memilih menu makanan yang baik untuk Moms sendiri dan bayi di dalam kandungan. Tahukah Moms? Jika nutrisi yang Moms berikan saat masa kehamilan juga mempengaruhi pertumbuhan bayi setelah lahir loh. Untuk itu, perlu mengonsumsi menu makanan sehat bagi ibu hamil berikut.

BACA JUGA: Moms, Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Baik dan Sehat

1. Kacang Kacangan

Sayuran memang menjadi menu yang wajib baik untuk semua orang apalagi ibu hamil. Kacang mengandung vitamin B dan E serta lemak yang dapat membantu menghilangkan stres, insomnia dan mengurangi resiko terkena diabetes saat masa kehamilan. Kacang juga tinggi akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

Selain itu, kacang juga kaya akan serat yang dapat mengatasi gangguan buang air besar atau wasir pada ibu hamil. Kacang juga bagus untuk kecerdasan otak bayi dan membantu meningkatkan perkembangan tulang si janin pada trimester pertama. Namun jika Moms memiliki alergi terhadap kacang, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter agar tidak berakibat buruk.

2. Oatmeal

Menu makanan sehat untuk ibu hamil
Menu makanan sehat untuk ibu hamil

Oatmeal sendiri mengandung kalori serta karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh, mengurangi mual dan rasa sering lapar pada ibu hamil. Oatmeal bisa dijadikan menu sarapan pagi dan resep cemilan untuk ibu hamil dengan melengkapinya bersama buah buahan dan susu.

Selain itu, oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung, membantu perkembangan otak bayi, menurunkan resiko bayi cacat, mencegah anemia, memperlancar ASI, serta mengandung serat yang bagus untuk pencernaan.

BACA JUGA: 5 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil! Bikin Janin dan Ibu jadi Lebih Sehat

3. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak mengandung banyak kandungan zat besi yang baik untuk mencegah anemia atau kurang darah. Ibu hamil biasanya rentan sekali terkena anemia yang bisa menyebabkan Moms kelelahan dan dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Untuk itu, Moms perlu mengkonsumsi daging ayam atau sapi sebagai lauk.

4. Telur

Telur mengandung banyak nutrisi seperti kolin, vitamin A, vitamin B, vitamin D, mineral dan protein yang tinggi. Telur dapat membantu perkembangan saraf otak si bayi, mengurangi risiko bayi lahir cacat dan memperlancar ASI. Namun Moms sebaiknya menghindari makan telur setengah matang ya, karena dikhawatirkan akan membawa kuman berbahaya ke dalam tubuh.

5. Ikan Salmon

Salmon termasuk makanan ibu hamil muda agar anak cerdas karena kandungan omega 3 nya. Selain itu, dapat mengurangi resiko lahir prematur, baik untuk pertumbuhan otot janin dan mencegah anemia. Kandungan EPA dan DHA pada salmon dapat meningkatkan kekuatan otak dan mengurangi risiko keguguran.

6. Pisang

Pisang termasuk menu makanan ibu hamil setiap hari yang baik karena mengandung serat yang dapat mencegah sembelit, vitamin B yang dapat meringankan mual, vitamin C yang berguna untuk menangkal radikal bebas, Asam folat yang dapat mencegah bayi lahir cacat dan kalium yang dapat meringankan kram kaki pada ibu hamil.

Masa kehamilan adalah masa penting dalam pemberian nutrisi pada anak sebelum lahir. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi dapat membantu persalinan, mencegah bayi lahir cacat dan dapat berpengaruh pada kecerdasan anak. Untuk itu, Moms harus rajin minum susu, memakan sayuran dan makanan sehat lainnya.

Jika sampai Moms kekurangan nutrisi saat hamil, dapat membahayakan diri Moms sendiri ataupun keadaan si bayi. Menu makanan sehat untuk ibu hamil tersebut bisa Moms rutin konsumsi supaya Moms dan si bayi selalu sehat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: