Saat memasuki trimester pertama masa-masa kehamilan, Moms harus ekstra hati-hati, nih. Pasalnya, masa-masa ini sangatlah penting dan tricky. Kandungan nutrisi selama fase ini harus dapat tercukupi dengan baik. Oleh karena itu, Moms wajib mengonsumsi makanan sehat untuk kehamilan trimester pertama.

Pada fase ini, organ-organ pada janin pun mulai terbentuk. Nah, jika Moms tidak memiliki nutrisi yang cukup, bisa jadi pertumbuhan si kecil akan terhambat. Si kecil juga bisa saja mengalami cacat bawaan lahir. Atau yang lebih parahnya lagi, Moms dapat mengalami keguguran. Maka dari itu, menjaga pola makan pada fase ini sangatlah penting, Moms.

BACA JUGA: Trimester Pertama Kehamilan, Periode Penting dalam Siklus Hamil

Makanan Sehat untuk Kehamilan Trimester Pertama

Umumnya, makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan adalah makanan-makanan yang memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi. Kandungan protein dan kalsium yang tinggi dapat mendukung pertumbuhan si kecil. Selain protein dan kalsium, nutrisi lain yang diperlukan adalah serat, mineral, lemak sehat, karbohidrat, dan vitamin.

Nah, berikut ini adalah contoh menu ibu hamil trimester 1 yang direkomendasikan untuk Moms. Makanan-makanan ini dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang Moms butuhkan selama memasuki fase ini.

Kacang-kacangan

Apakah Moms tahu? Kacang-kacangan ternyata sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan folat yang ada pada kacang-kacangan ini sangat tinggi. Dengan kadar folat yang tinggi membuat kacang-kacangan dipercaya dapat mencegah terjadinya tabung saraf. Resiko bayi lahir dengan berat badan rendah pun dapat berkurang.

Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap sehingga baik untuk dijadikan sebagai menu makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan. Kandungan nutrisi yang ada pada sayuran hijau di antaranya adalah kalsium, serat, vitamin C, zat besi, folat, vitamin K, kalium, serta antioksidan.

Kandungan seratnya yang tinggi ini mampu mencegah terjadinya sembelit. Di samping itu, resiko bayi lahir dengan berat badan yang kurang juga dapat diminimalisir dengan mengonsumsi sayuran hijau. Beberapa jenis sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi pada masa-masa awal kehamilan adalah kubis, brokoli, kale, sawi, dan bayam.

Buah-Buahan

Makanan Sehat untuk Kehamilan Trimester Pertama
Makanan Sehat untuk Kehamilan Trimester Pertama

Berbagai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pada fase ini juga dapat diperoleh dari buah-buahan. Selain kaya akan kandungan vitamin, buah-buahan juga kaya akan kandungan serat dan mineral. Dengan mengonsumsi buah-buahan, kesehatan pencernaan akan terjaga dengan baik. Selain itu, konstipasi juga dapat dicegah.

Jenis-jenis buah untuk bumil trimester 1 yang direkomendasikan adalah jeruk, mangga, pepaya, alpukat, melon, kiwi, pisang, dan strawberry. Sebaiknya, setiap hari Moms mengonsumsi lima jenis buah dengan warna yang berbeda. Moms dapat memakannya secara langsung atau dibuat salad dan jus tanpa gula agar tidak merusak gigi dan membuat kadar gula darah naik.

Susu dan Produk Olahan Susu

Makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil selanjutnya adalah susu dan berbagai jenis produk turunannya. Susu sendiri memiliki kandungan protein dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Kedua kandungan ini juga baik untuk pertumbuhan si kecil. Selain protein dan kalsium, susu juga kaya akan kandungan magnesium, zinc, vitamin B, probiotik, dan fosfor.

Kandungan-kandungan ini juga baik untuk membuat pencernaan tetap sehat. Pada saat mengonsumsi susu, sebaiknya pilihlah susu rendah lemak ya, Moms. Hindari juga mengonsumsi produk-produk susu yang tidak dipasteurisasi. Sebab, produk-produk ini memiliki resiko terkena bakteri yang dapat membahayakan janin dan ibu hamil.

Trimester pertama masa kehamilan memang masa-masa yang sangat penting karena berbagai organ janin sedang mulai terbentuk. Maka dari itu, Moms perlu mengonsumsi makanan sehat untuk kehamilan trimester pertama agar kebutuhan nutrisi ibu dan janin dapat terpenuhi dengan baik. Selamat beraktivitas kembali, Moms dan semoga sehat selalu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: