Luka bekas operasi caesar termasuk luka yang perlu waktu cukup lama untuk bisa sembuh. Moms yang saat ini menunggu kelahiran si buah hati dan berencana untuk operasi caesar perlu tau jenis makanan yang mempercepat penyembuhan luka operasi caesar. Apa saja jenis makanan yang dimaksud? berikut ulasan lengkapnya Moms.

Makanan yang Memiliki Kadar Zat Besi yang Tinggi

Makanan yang mempercepat penyembuhan luka operasi caesar salah satunya yaitu makanan yang memiliki kadar zat besi tinggi. Saat operasi caesar tentunya Moms akan kehilangan banyak darah. Olehnya itu, pasca melahirkan, Moms harus perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi untuk menormalkan kembali jumlah darah di dalam tubuh.

Zat besi juga bermanfaat menormalkan kadar hemoglobin dalam darah yang berfungsi mendistribusi oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu luka bekas operasi bisa cepat sembuh. Asupan makanan untuk penyembuhan luka operasi yang mengandung zat besi tinggi diantaranya daging, hati ayam, serta kuning telur.

BACA JUGA: Apakah Berbahaya Hamil Setelah Operasi Caesar Dua Kali?

Makanan dengan Kadar Kalsium Tinggi

makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar
makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Asupan makanan yang mengandung kalsium juga penting Moms. Soalnya, Moms banyak kehilangan zat ini saat hamil dan melahirkan. Selama kehamilan, bayi yang dikandung mengambil sebagian besar kalsium dari tulang ibu. Alhasil ibu akan mengalami kekurangan kalsium, kekurangan kalsium secara tidak langsung akan menghambat penyembuhan luka operasi. Olehnya itu Moms perlu mengganti kalsium yang hilang lewat asupan makanan yang kaya kalsium.

Selain itu, kalsium juga diperlukan selama masa menyusui, Kalsium juga dapat membuat otot Moms tidak kaku dan tulang juga akan makin kuat. Moms bisa memenuhi kalsium tubuh dengan mengkonsumsi bayam, tahu, kacang almond, brokoli, susu, keju, yogurt, dan lain-lain.

Makanan yang Mengandung Protein

Makanan berprotein tinggi sangat diperlukan bagi Moms yang habis melahirkan. Hal ini karena protein dibutuhkan dalam pembentukan sel dan jaringan baru, protein yang cukup dapat segera memulihkan Moms pasca melahirkan dengan operasi caesar. Jenis makanan yang kaya protein seperti telur dan ikan. Jenis ikan yang direkomendasikan oleh banyak dokter yaitu ikan gabus yang kaya albumin.

Berdasarkan hasil penelitian, albumin mampu mempercepat penyembuhan luka operasi. Untuk mendapatkannya Moms tidak perlu bingung, karena di apotik sudah tersedia banyak kapsul ekstrak albumin. Selain makanan, minuman yang tinggi protein yang bisa dikonsumsi oleh Moms adalah susu serta yogurt. Yogurt yang mengandung prebiotik mampu mencegah infeksi luka setelah operasi.

BACA JUGA: Ingin Cepat Sembuh? Ini Posisi Tidur Pasca Caesar yang Paling Aman

Makanan Kaya Vitamin

Moms harus pula memenuhi asupan makanan yang kaya vitamin terutama vitamin C. Vitamin C bisa meningkatkan sistem imun sehingga Moms dapat terhindar dari infeksi luka pasca operasi caesar. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah infeksi dan mempercepat pembentukan jaringan. Makanan penyembuhan luka operasi caesar yang menjadi sumber vitamin C adalah buah-buahan seperti jeruk, apel, stroberi, anggur, dan lain sebagainya.

Makanan Tinggi Serat

Setelah melahirkan biasanya Moms mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah BAB. Jika Moms mengalami sembelit setelah operasi caesar, luka operasi susah sembuh karena terjadi tekanan pada sayatan operasi akibat sembelit. Olehnya itu, Moms perlu mengkonsumsi makanan yang kadar seratnya tinggi seperti oats, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Nah, sekarang Moms sudah tau makanan yang mempercepat penyembuhan luka operasi caesar. Jangan lupa untuk memenuhi pula kebutuhan air min Moms paling tidak 8 gelas per hari. Ulasan di atas semoga bisa bermanfaat ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: