Sebagai calon ibu, Moms tentu harus mempelajari banyak hal soal kehamilan dan persalinan. Apalagi jika kandungan sudah semakin tua dan memasuki trimester ketiga, Moms wajib memahami seperti apa tanda waktunya melahirkan. Beruntung saat ini teknologi medis sudah berkembang pesat, sehingga HPL (Hari Perkiraan Lahir) bisa diperhitungkan dengan cukup akurat.

Namun meskipun Moms sudah tahu jadwal HPL, harus tetap memahami tanda-tanda persalinan. Terutama bagi Moms yang kini tengah mengandung buah hati yang pertama, ada baiknya untuk banyak belajar supaya tidak akan bingung dan cemas yang berlebihan. Karena jika Moms dalam kondisi stres, bisa berdampak kepada janin di dalam rahim. Agara tak demikian, berikut ini ulasan yang wajib dipelajari.

BACA JUGA: Gini Cara Hitung Kalender Hamil Biar HPL Nggak Meleset

Kram Perut dan Nyeri Punggung

Saat hari persalinan sudah semakin dekat, Moms akan lebih sering merasakan yang namanya kram pada perut dan nyeri perut. Tak perlu khawatir, hal ini merupakan sesuatu yang lumrah karena jelang kelahiran, otot-otot dan sendi di sekujur tubuh bakal menegang. Terutama di area pangkal paha dan punggung yang akan merasakan nyeri terus-menerus seperti rasa sakit hendak menstruasi.

Mual, Muntah dan Diare

Termasuk dalam tanda waktunya melahirkan yang jarang disadari, Moms harus mulai waspada ketika makin sering merasakan mual, muntah dan diare. Ketiga kondisi ini diduga kuat karena tubuh memproduksi hormon untuk memperlancar proses persalinan, supaya usus lebih aktif bekerja. Bahkan ketika persalinan, akan muncul dorongan Buang Air Besar (BAB). Untuk itulah supaya tidak dehidrasi, Moms harus banyak minum.

Lendir Keluar Seperti Keputihan

Salah satu tanda persalinan makin dekat ialah keluarnya cairan seperti keputihan tapi lebih kental dari liang vagina. Karena memang ketika Moms hamil, ada sumbatan lendir yang menumpuk di dalam leher rahim (serviks). Saat serviks makin tipis dan mulai terbuka untuk jalan janin keluar, sumbatan lendir akan keluar lewat. Biasanya lendir ini juga memiliki warna yang bening dengan corak merah muda atau merah darah.

Kontraksi Makin Kuat dan Teratur

Di penghujung trimester kedua atau awal trimester ketiga, Moms akan mengalami kontraksi palsu alias Braxton Hicks. Namun jika kontraksi ini makin kuat dan teratur hingga muncul rasa tidak nyaman atau saking punggung dan perut bagian bawah, harus mulai waspada karena bisa saja ini merupakan tanda-tanda persalinan sudah semakin dekat.

Bak gelombang, kontraksi ini dimulai di bagian atas rahim hingga menjalar sampai ke bagian bawah. Semakin dekat waktu kelahiran, kontraksi bisa muncul setiap beberapa menit sekali. Berbeda dengan kontraksi palsu, kontraksi sungguhan jelang persalinan tetap terasa sekalipun Moms berganti posisi tidur atau jalan-jalan.

BACA JUGA: 7 Tips Induksi Alami Agar Cepat Kontraksi

Pecahnya Air Ketuban

Dan inilah tanda paling jelas kalau persalinan sudah di ujung mata, yakni pecahnya air ketuban. Jika sudah begini, maka kelahiran bisa berlangsung dalam hitungan jam saja. Jangan bayangkan pecahnya air ketuban ini mengucur deras seperti di sinetron ya Moms, karena yang keluar hanya seperti tetesan saja tapi tidak beraturan dan terus-menerus. Namun jika air ketuban sudah sangat deras, persalinan sudah harus dilakukan segera.

Supaya keselamatan Moms dan bayi tetap aman, ada baiknya jika sudah merasakan salah satu dari tanda waktunya melahirkan di atas, Moms segera datang ke bidang atau dokter kandungan sesegera mungkin. Dengan begitu tim medis bisa melakukan persiapan dengan maksimal sehingga persalinan terjadi secara lancar sesuai dengan harapan. Semangat ya Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: