Pasangan muda dan lama yang sudah menikah pasti berkeinginan untuk memiliki momongan. Calon moms perlu tahu ada banyak makanan yang bisa meningkatkan kesuburan dan mempermudah kehamilan. Beberapa makanan untuk program hamil akan dibahas secara mendetail dalam ulasan ini.

Pastinya makanan tersebut juga harus mengandung gizi yang lengkap, sehingga membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Siklus yang teratur akan dapat mempermudah kehamilan, karena masa kesuburan bisa dideteksi secara lebih akurat. Beberapa makanan peningkat kesuburan tersebut dapat simak berikut.

Baca Juga : Lezat dan Bergizi, Ternyata Ini Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

1. Sayuran Berwarna Hijau

Kandungan yang paling diperlukan untuk membantu kehamilan adalah asam folat. Senyawa tersebut paling banyak terdapat di semua sayuran yang berwarna hijau. Misalnya saja bayam, sawi hijau, kangkung dan juga brokoli. Konsumsi secara bergantian dari sayur hijau dapat membantu proses kehamilan.

2. Buah dengan Kandungan Vitamin C

Makanan untuk program hamil perempuan maupun laki-laki pasti memerlukan kandungan vitamin C. Buah-buahan ini juga tertentu, sehingga tidak semua buah diperbolehkan untuk mempersiapkan masa kehamilan. Beberapa buah yang dilarang adalah nanas, durian, nangka, dan juga persik.

Buah dengan vitamin C yang diperbolehkan adalah jeruk, apel, melon, buah naga, dan pisang. Konsumsinya juga bisa berupa buah segar maupun dibuat jus sebagai variasi. Usahakan untuk tidak pakai gula bila dikonsumsi dalam bentuk jus. Kandungan vitamin C pada buah-buahan juga dapat membantu memperlancar proses kehamilan.

3. Jamur

Calon moms mendambakan untuk memiliki bayi laki-laki? Ada makanan untuk program hamil laki-laki yang bisa diterapkan secara rutin. Salah satunya adalah dengan konsumsi jamur. Bisa dalam bentuk sup, cah, maupun goreng tepung. Berbagai macam jamur memang memiliki kandungan yang berbeda.

Namun, sebagian besar jamur mengandung selenium, vitamin D, kalium, dan vitamin B komplek. Seluruh senyawa tersebut sangat diperlukan oleh calon ibu bagi yang berkeinginan untuk memiliki bayi laki-laki. Kalau bisa, sang calon ayah juga ajak untuk konsumsi jamur, karena ayah adalah faktor penentu utama untuk memiliki bayi laki-laki.

4. Sarapan Sereal Pagi Hari

Sarapan di pagi hari sangat baik guna menunjang kemudahan untuk bisa hamil. Utamakan konsumsi makanan yang mengandung kalium dalam jumlah tinggi. Salah satu makanan dengan kandungan kalium tinggi adalah sereal.

Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian Proceedings of the Royal Society B bahwa ibu yang makan sarapan kaya kalium, cenderung lebih mudah memiliki bayi laki-laki. Bagi calon ibu yang ingin punya anak laki-laki bisa terapkan hal ini lho setiap hari.

5. Ketela Rambat

Calon moms ingin punya bayi kembar? Perlu untuk mengetahui dan mengkonsumsi makanan untuk program hamil kembar. Salah satu makanan tersebut adalah ketela rambat. Makanan yang satu ini mampu menstimulasi pembentukan hormone progesterone yang bersama dengan hormon fitoestrogen.

Kedua hormon tersebut sudah terbukti dapat sebabkan hiperovulasi. Kemungkinan untuk bisa mendapatkan bayi kembar akan meningkat saat terjadi hiperovulasi.

6. Singkong

Masih berkutat dengan keinginan untuk memiliki bayi kembar, maka calon moms bisa makan singkong. Sumber makanan ini dapat membuat sel telur terbagi menjadi dua saat adanya sperma yang membuahi.

Adakalanya, bayi kembar dari konsumsi rutin makanan ini bisa jadi tidak kembar identik. Bahkan, bayi yang dilahirkan bisa saja memiliki jenis kelamin yang berbeda. Jadi tunggu apalagi moms, bisa mulai coba untuk konsumsi singkong secara rutin untuk mendapatkan bayi kembar.

7. Susu

Calon ibu yang gemar mengkonsumsi susu, terutama susu sapi juga bisa meningkatkan potensi untuk bisa hamil. Kandungan protein yang ada di susu sapi akan sangat membantu ovarium dalam melepas sel telur.

Tak hanya itu, susu sapi yang semakin murni memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap, sehingga membantu untuk rahim dalam mempersiapkan calon janin. Calon moms bisa saja mencoba untuk minum susu sapi secara rutin mulai dari saat ini.

Ada banyak sekali bukan makanan untuk program hamil yang bisa calon moms terapkan. Penerapannya juga harus dilakukan secara rutin untuk meningkatkan potensi untuk bisa segera hamil.

Leave a Comment

%d bloggers like this: