Beberapa kesalahan bisa saja dilakukan oleh Moms ketika tengah hamil tua, baik itu sengaja atau tidak sengaja. Terlebih jika masih mengandung anak pertama. Belum adanya pengalaman hamil sebelumnya membuat Moms lebih rentan berbuat kesalahan. Kesalahan tersebut mungkin muncul dari hal sederhana, namun bisa saja menjadi bumerang jika tidak dihindari. Berikut berbagai kesalahan saat hamil tua yang seharusnya dihindari ya, Moms.

BACA JUGA: Moms, Ini 7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol pada Ibu Hamil

Kesalahan Ketika Hamil Tua yang Harus Dihindari

  • Stres yang berlebihan

Perasaan stres bisa dialami oleh siapa pun, terlebih oleh Moms ketika tengah hamil tua. Namun stres yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi janin ya, Moms. Mengapa? Hormon stres bisa memasuki plasenta, hal itu bisa membawa pengaruh untuk janin mengalami stres yang sama.

Jika Moms mengalami demikian, cobalah untuk menyingkirkan semua hal yang dapat memicu stres. Moms bisa juga berkonsultasi kepada psikolog jika merasa tidak bisa mengatasinya sendiri.

  • Terlalu Dini Ke Rumah Sakit untuk Persalinan

Proses persalinan tentu saja membutuhkan bantuan medis ya, Moms. Namun ketika Moms terlalu dini ke rumah sakit, itu akan membuat Moms menunggu terlalu lama. Padahal menghabiskan dan bersantai di rumah bisa membuat pikiran Moms lebih rileks. Sebaiknya pergi ke rumah sakit ketika sudah terasa kontraksi. 

  • Makan yang Terlalu Banyak

Asal kebutuhan nutrisi tercukupi, sebenarnya tidak perlu menambah porsi makan saat tengah hamil ya Moms. Kalau memang sangat ingin menambah, Moms bisa membatasi sebanyak 300 kalori setiap harinya. Usahakan makanan yang ditambah itu mengandung banyak protein dan vitamin. 

BACA JUGA: Moms Suka Makan Telur? Ini Dia Manfaat Telur Bebek Bagi Ibu Hamil

  • Tidak Makan dan Minum Menjelang Persalinan

Ada yang mengatakan bahwa Moms tidak boleh makan atau minum ketika sudah kontraksi. Hal itu tidak benar ya, Moms. Moms boleh saja makan meski setelah kontraksi. Bagaimanapun, bila perut kosong ketika melahirkan, hal itu dapat membuat proses persalinan semakin panjang. Usahakan perut Moms tetap terisi makanan, agar cukup energi untuk bersalin.

  • Tidak pernah berolahraga 

Kesalahan saat hamil tua berikutnya adalah tidak pernah berolahraga. Padahal berolahraga menjadi salah satu alternatif untuk meredakan stres yang berlebih saat hamil tua. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, cukup lakukan gerakan-gerakan ringan, tapi tetap rutin. 

Bukan hanya baik untuk meredakan stres, olahraga juga bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, berat badan Moms tetap bisa terjaga meski tengah hamil. Namun jangan lupa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum berolahraga ya.

  • Posisi Telentang Ketika Bersalin

Saat proses melahirkan, mungkin banyak dari Moms yang memilih posisi telentang dengan bertumpu pada tulang belakang mereka. Sebenarnya posisi ini justru membuat mobilitas Moms dan si kecil menjadi sangat terbatas.

Lalu bagaimana agar persalinan berjalan optimal? Posisi yang membuat persalinan bisa berjalan optimal adalah posisi yang mengikuti gaya gravitasi. Moms bisa melakukan posisi berdiri atau jongkok untuk membuka rahim. Posisi tersebut akan memberi lebih banyak ruang dan dorongan bagi si kecil menuju jalan lahir.

  • Tidak Jujur Ketika Berkonsultasi

Pernahkah Moms sengaja tidak jujur pada dokter kandungan ketika berkonsultasi? Jika pernah, sebaiknya jangan lakukan lagi hal tersebut ya, Moms. Tidak jujur ketika berkonsultasi justru akan menghalangi dokter untuk mengetahui kondisi Moms sebenarnya. Akibatnya, dokter akan kesulitan memberikan saran untuk Moms. Demi kesehatan janin dan Moms sendiri, sampaikan semua keluhan seterbuka mungkin pada dokter ketika konsultasi.

  • Tidak Berhati-hati Memakai Obat Non-resep

Jika sebelum hamil Moms bisa santai memakai obat non-resep, seperti parasetamol atau antasid, begitu hamil sebaiknya lebih hati-hati lagi. Pengobatan mandiri tanpa resep dokter bisa saja menimbulkan kerugian untuk kehamilan Moms. Maka dari itu, sebelum memakai obat, tanyakan dulu perihal dosis dan keamanannya pada dokter.

Jika Moms pernah melakukan satu atau dua kesalahan saat hamil tua tersebut, mulai sekarang coba untuk hindari ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: