Flek hitam ketika hamil adalah hal yang perlu diwaspadai karena ini bisa berupa gejala dari gangguan penyakit tertentu. Seperti infeksi vagina, hamil di luar kandungan, iritasi leher serviks dan lainnya.

Oleh sebab itu, di artikel berikut akan dijelaskan penyebab flek hitam yang terjadi saat kehamilan. Silakan disimak ya Moms!

Sekilas Tentang Flek Hitam

Flek hitam adalah darah berwarna gelap yang keluar dari vagina saat terjadi kehamilan. Menurut medis ini adalah kejadian yang wajar dan tidak membahayakan. 

Lain soal jika darah flek yang keluar sangat banyak. Bisa dipastikan itu disebabkan oleh gangguan penyakit tertentu yang harus mendapatkan penanganan secepatnya Jika ini yang terjadi solusinya adalah Moms harus dirujuk ke dokter kandungan. Supaya bisa ditangani dengan serius sebelum penyakit bertambah parah. 

BACA JUGA: Beda Bercak Darah VS Flek Saat Hamil, Jangan Salah Identifikasi Loh Moms!

Penyebab Terjadinya Flek Hitam

Ada banyak penyakit yang menyebabkan munculnya flek hitam ketika hamil. Gangguan ini ada yang berstatus ringan tetapi juga ada yang tergolong penyakit kronis. Ini dia penyebab-penyebab tersebut:

1. Infeksi Vagina

Penyebab flek hitam yang pertama adalah infeksi vagina. Biasanya ini terjadi pada ibu hamil yang memiliki organ kewanitaan tidak bersih atau non steril. 

Efeknya adalah vagina lebih mudah diserang virus, jamur dan bakteri penyebab infeksi. Jika ini sudah menyerang tentu organ wanita akan terluka yang salah satu gejalanya ialah muncul flek hitam. 

2. Iritasi Leher Rahim

Flek hitam kadang juga disebabkan oleh terjadinya iritasi leher rahim. Gangguan ini biasanya dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi pasca kehamilan. 

Ini juga masuk kategori gangguan yang harus segera ditangani sebelum iritasinya semakin parah. Jadi jika Moms mengalami flek hitam karena iritasi leher rahim segera datangi dokter ya.

Nanti akan dilakukan diagnosis menyeluruh oleh medis. Jika pun terjadi penyakit iritasi leher rahim biasanya Moms akan diberikan obat yang tepat. 

3. Kehamilan Ektopik

Flek hitam saat kehamilan juga disebabkan oleh kehamilan di luar kandungan yang disebut ektopik. Ini merupakan kasus yang paling berbahaya dibandingkan penyebab flek hitam yang lain. 

Jika kehamilan ektopik terjadi resiko kehilangan bayi sangat besar bahkan juga bisa mengancam nyawa. Sekalipun demikian menurut ahli medis kehamilan semacam ini sangat jarang terjadi. 

Nah, dari penjelasan di atas tentu Moms tidak perlu panik ketika terjadi flek hitam. Tetapi tetap tenang sehingga tidak terjadi sesuatu yang justru mengganggu kehamilan.

Solusi terbaiknya adalah segera datangi dokter sampaikan kalau Moms mengalami flek hitam. Di sanalah nanti bisa ditemukan apakah itu gejala yang normal atau karena adanya penyakit tertentu. 

BACA JUGA: Jangan Keliru, Yuk Kenali Flek Coklat Tanda Kehamilan

Cara Menghilangkan Flek Hitam Terbukti

Flek Hitam Ketika Hamil
Flek Hitam Ketika Hamil

Jika flek hitam dianggap tidak membahayakan maka bolehlah dihilangkan secara alami yang bisa Moms lakukan dari rumah. Di bawah ini dijelaskan list menghilangkan flek hitam hamil yang harus dilakukan sebelum terlambat:

1. Istirahat yang cukup

Cara yang pertama adalah istirahat yang cukup. Ini yang membuat metabolisme tubuh kembali normal. Sehingga flek hitam menjadi mampat. 

2. Tidak mengangkat barang yang berat

Flek hitam sering dialami oleh ibu hamil yang suka mengangkat barang berat. Maka dari itu hentikanlah atau Moms akan kehilangan si jabang bayi. 

3. Beraktivitas yang tidak melelahkan

Ibu hamil harus tetap beraktivitas tetapi jangan sampai terlalu lelah. Karena jika sampai kepayahan darah flek akan muncul yang bisa menyebabkan dilakukan tindakan kuret dan sebagainya. Nah, Moms harus berhati-hati dengan penyebab flek hitam ketika hamil di atas. Pastikan tidak terjadi atau segera atasi dengan mendatangi dokter atau melakukan cara mengatasi flek hitam yang alami di atas.

Leave a Comment

%d bloggers like this: