Cepat hamil pasca keguguran bisa saja terjadi jika memang Moms memiliki kondisi kesehatan yang stabil. Salah satu kunci untuk bisa cepat hamil setelah mengalami keguguran adalah kesiapan dari Moms dan pasangan. Selain itu ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan agar bisa cepat hamil.

Kembali Hamil Pasca Keguguran? Simak Beberapa Hal yang Harus Dilakukan!

Keguguran adalah peristiwa di mana Moms kehilangan kehamilan dan hal ini biasanya menjadi sebuah pukulan pada setiap perempuan. Namun setelah terjadi keguguran biasanya banyak juga yang langsung ingin hamil kembali. Simak beberapa tips cepat hamil pasca keguguran berikut ini.

1. Kembalikan Semangat Pasca Keguguran

Penyebab sulit hamil lagi pasca keguguran biasanya terjadi  karena Moms mengalami trauma akibat kehilangan calon bayi. Tentu Moms harus menyembuhkan emosi setelah keguguran yang terjadi. Moms bisa melakukan beberapa cara supaya semangat dalam diri kembali hadir.

Misalnya saja terbuka kepada pasangan dan mengungkapkan perasaan satu sama lain. Dukungan dari orang tua atau kerabat terdekat biasanya sangat mempengaruhi emosi. Bisa juga dengan melakukan travelling ke tempat yang ingin dituju, agar hati dan pikiran kembali rileks.

BACA JUGA: 6 Tips Menjaga Awal Kehamilan untuk Menurunkan Risiko Keguguran

2. Periksa Ke Dokter

cepat hamil pasca keguguran
cepat hamil pasca keguguran

Cara cepat hamil setelah keguguran 2 kali adalah dengan periksa langsung ke dokter spesialis kandungan. Umumnya Jika seorang wanita mengalami keguguran beberapa kali dokter akan menyarankan untuk melakukan tes. Tes ini berfungsi untuk identifikasi penyebab keguguran yang sering terjadi sebelum mencoba melakukan program kehamilan.

Dokter akan merekomendasikan Moms untuk melakukan serangkaian tes seperti tes darah dan kromosom.

3. Kembali Atur Pola Hidup yang Sehat

Pasca keguguran mungkin Moms akan mengalami pola hidup yang tidak sehat akibat stres setelah kehilangan kehamilan. Maka dari itu jika berencana hamil kembali atur pola hidup yang sehat. Seperti makan makanan bergizi, rajin olahraga, dan selalu berfikir positif.

Biasakan diri Moms untuk selalu berpikir positif sehingga terhindar dari stress. Sebaiknya jangan melakukan aktivitas terlalu berat agar tidak mempengaruhi hormon dan mood. Jika sudah begini maka secara jasmani dan rohani Moms telah siap kembali untuk hamil.

4. Ketahui Waktu yang Tepat

Moms dan pasangan harus mengetahui jadwal berhubungan agar cepat hamil yang tepat. Jika jadwalnya tepat sesuai dengan masa subur maka kemungkinan hamil akan sangat besar terjadi. Sperma bisa hidup dalam tubuh wanita hingga 7 hari lamanya. Maka penting sekali mengetahui masa subur ini saat akan melakukan hubungan.

5. Kenali Masa Subur Melalui 3 Cara

Kalau biasanya Moms menggunakan kalender untuk mengenali tanda-tanda masa subur, bisa juga dilakukan dengan tiga cara lainnya. Yang pertama adalah dengan menggunakan alat deteksi ovulasi. Deteksi ini dilakukan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Alat deteksi ovulasi bisa dibeli secara bebas di apotek. Yang kedua adalah dengan metode suhu basal. Cara ini bisa dilakukan setiap pagi hari sebelum beranjak dari tempat tidur. Saat ovulasi akan terjadi,  biasanya suhu basal tubuh akan meningkat hingga 0,5 derajat Celcius.

Yang ketiga adalah dengan melihat lendir serviks. Lendir ini berupa cairan kental yang keluar dari rahim melalui vagina. Jika lendir serviks keluar setelah menstruasi maka ovulasi akan segera terjadi atau memang sedang terjadi.

Nah, itu tadi tips cepat hamil pasca keguguran yang mungkin bisa dicoba oleh para Moms. Kondisi keguguran bukan berarti tidak bisa lagi memiliki keturunan. Moms bisa melakukan banyak cara untuk hamil lagi meski pernah keguguran, selamat mencoba!

Leave a Comment

%d bloggers like this: