Kehamilan memang membuat banyak perubahan, terutama dalam perubahan fisik Moms. Salah satu perubahan yang sangat terasa adalah munculnya rasa gatal. 

Bunda jangan khawatir kondisi ini biasanya terjadi pada perut yang disebabkan kondisi hormon, kondisi kulit, hingga kondisi medis lainnya.

Namun, Moms harus tetap waspada, karena jika rasa gatal sudah mulai menjalar ke beberapa bagian tubuh, selain sangat mengganggu, mungkin ini akan berbahaya bagi Moms.

Untuk mengatasi rasa gatal, Moms bisa menggunakan salep atau krim anti gatal. HalloMoms akan share rekomendasi salep gatal untuk ibu hamil yang aman. Berikut beberapa list salep gatal untuk ibu hamil di apotik semoga bermanfaat.

Salep Gatal Untuk Ibu Hamil yang Aman- Eleceon

Elocon adalah obat krim topikal yang mengandung zat aktif mometasone furoate dan glukokortikosteroid yang dapat mengatasi rasa gatal yang disebabkan oleh gangguan jamur, ruam kulit, eksim atau pun dermatitis pada ibu hamil. Salep Elecon bisa Moms beli secara bebas di apotek. Selain salep, Elocon juga tersedia dalam bentuk krim dan lotion ya, Moms.

Harga: Rp70.000 – 5 gr

Salep Gatal Untuk Ibu Hamil di Apotik

Miconazole adalah obat salep anti jamur yang bekerja mencegah pertumbuhan jamur di kulit, terutama gatal pada area mulut dan vagina. Salep ini utamanya digunakan untuk mengatasi gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Harga: Miconazole CR 2% 10G – Rp.5.000  

Palmer’s Cocoa Butter

Salep gatal untuk ibu hamil lainnya adalah Palmer’s Cocoa Butter. Produk ini berupa butter dengan kandungan yang sangat aman bagi ibu hamil dan sangat direkomendasikan, karena teruji langsung mengurangi rasa gatal. 

Kandungan cocoa beans berfungsi sebagai pelembab alami untuk kulit Moms, sehingga mencegah kekeringan yang dapat menyebabkan gatal pada kehamilan. Selain itu, Palmer’s Cocoa Butter juga dilengkapi dengan sweet almond oil, argan oil, colagen hingga centella asiatica yang membantu memudarkan stretch mark pada ibu hamil.

Harga: Rp154.000 – 225 gr

The Honest Co Organic Belly Balm

Jar kecil berisi ‘hydrating powerhouses’ benar-benar ampuh dalam mengatasi ketidaknyamanan karena gatal pada ibu hamil. Cupuacu butter (sama dengan shea butter), cocoa butter, coconut oil, olive oil, jojoba oil and lavender oil, semua bahan organik dicampur bersamaan untuk membuat kulit lebih lembut, kenyal, dan mengatasi gatal. Selain itu, terdapat kandungan vitamin E yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel dan meminimalkan munculnya stretch mark.

Harga: Rp420.000 – 102 gr

Biolane Pour Elle Stretch Mark

Produk ini memang ahli dalam menghilangkan stretch mark, tetapi juga ampuh dalam melindungi kulit, melawan dehidrasi, dan radikal bebas penyebab kulit kering, serta gatal pada ibu hamil. Moms bisa mengaplikasikan produk ini ke bagian-bagian yang sering gatal, seperti payudara, perut, pinggul dan paha atas. 

Harga: Rp284.000 – 200 ml

Salep Gatal Bio Oil Dengan Aroma Bunga

Salep Bio Oil untuk mengatasi gatal yang mengandung minyak alami lavender, rosemary, chamomile dan bunag kalendula.

Kisaran harga Rp 120.000 per 125 ml.

Jika gatal terasa semakin sering dan menyebar ke lengan dan kaki Moms, dan disertai dengan ruam merah, kemungkinan mengalami PUPPPs (papula urtikaria pruritus dan plak kehamilan). Hal ini terjadi pada sekitar 1 dari 150 kehamilan dan hanya hilang setelah Moms melahirkan. Meskipun terasa sangat tidak nyaman, Hal ini tidak berbahaya dan tidak akan memengaruhi bayi Moms. Disarankan untuk konsultasi ke dokter ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: