Memberikan ASI pada bayi terutama yang baru lahir memang harus sering dilakukan, hal ini dikarenakan lambung yang masih kecil. Lambung yang masih kecil ini belum mampu menampung banyak ASI sehingga Moms harus memberikan ASI setiap 3 jam sekali. Disamping itu, bayi juga masih membutuhkan tidur yang panjang oleh karena itu Moms harus tahu cara menyusui bayi tidur. 

Bagi ibu muda hal ini tentu menjadi sebuah dilema dimana Moms bingung bagaimana mengatasi masalah ini. Jika Moms memaksakan memberikan ASI pada bayi yang masih tertidur, hal ini akan menjadi membahayakan. Risiko bayi tersedak saat sedang diberikan ASI bisa sangat membahayakan bagi si kecil. 

BACA JUGA: Ibu Muda Wajib Tahu, Ini Cara Menyusui Bayi Baru Lahir yang Aman

Tips dan Cara Menyusui Bayi Tidur Mudah 

Jika Moms tetap ingin memberikan ASI pada waktu yang tepat namun si kecil masih tidur, lakukan langkah yang tepat. Pastikan si kecil bisa mengonsumsi ASI dengan nyaman dan aman. Berikut ini adalah tutorial cara menyusui bayi yang baik yang bisa Moms lakukan di rumah.

1. Membangunkan Bayi yang Tertidur

Karena risiko keselamatan bayi cukup berbahaya jika ibu  tetap memberikan ASI kepada bayi yang tidur maka Moms harus membangunkannya. Secara perlahan, Moms bisa membangunkan si kecil yang tertidur sampai mereka sadar sepenuhnya. Bangunkanlah bayi dengan perlahan dan lembut seperti dengan mengusapkan kepalanya sampai mereka bangun ataupun menangis. 

2. Atur Lampu Ruangan 

Untuk membuat si kecil dapat bangun lebih cepat, atur ruangan memiliki cahaya yang cukup. Dengan cara ini, si kecil akan lebih mudah bangun dan Moms bisa memberikan ASI kepada mereka. Moms juga bisa mencari tahu cara menyusui bayi dengan posisi tiduran sehingga baik si ibu dan bayi bisa menjadi lebih nyaman dan tenang. 

3. Saat Bayi Tertidur Ubah Posisinya 

cara menyusui bayi tidur
cara menyusui bayi tidur

Posisi bayi saat sedang meminum ASI ternyata mempengaruhi rasa kantuk mereka loh Moms, maka pastikan posisi si kecil nyaman ya. Jika saat mengonsumsi ASI mereka tertidur, maka ubah posisi saat sedang menyusui. Ubah secara perlahan posisi sehingga si kecil kembali bangun dan Moms bisa memberikan ASI dengan aman dan nyaman tanpa khawatir si kecil tersedak. 

BACA JUGA: Moms Harus Tahu, Ini Cara Menyusui Bayi Posisi Tidur yang Benar

4. Ajak Bayi Ngobrol

Selain memberikan nutrisi dan gizi kepada si kecil, kegiatan memberi ASI adalah perekatan hubungan ibu dan anak. Selama menyusui, Moms bisa terus mengajak bayi mengobrol untuk tetap menjaga bayi tetap terjaga. Tentunya langkah ini juga bisa Moms manfaatkan untuk mempererat hubungan dengan si kecil sehingga lebih dekat. Perhatikan pula posisi tangan bayi saat menyusu yang aman. 

5. Jangan Biarkan Bayi Terjaga Pada Malam Hari 

Jam tidur si kecil memang tidak bisa Moms prediksi, hal ini membuat banyak orang tua yang harus begadang untuk menjaga si kecil. Alangkah baiknya Moms tidak mengajak main si kecil pada malam hari sehingga mereka bisa bangun pada siang hari. Hal ini untuk memastikan pemberian ASI si kecil bisa dilakukan dengan tepat tanpa harus mengganggu waktu istirahat dan tidur bayi. 

Bagaimana, sekarang Moms sudah tidak bingung lagi kan mengenai cara menyusui bayi tidur sehingga pemberian ASI bisa lancar. Pastikan bahwa ASI yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil. Pemberian ASI eksklusif dapat membuat bayi tumbuh lebih baik dan optimal sehingga dapat menjadi anak yang sehat, cerdas dan selalu aktif serta ceria. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: