Moms perlu untuk mengetahui bahwa menyusui anak baru lahir tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Perlu cara yang khusus, terutama bagi anak kembar. Ada cara menyusui bayi kembar baru lahir perlu Moms pelajari saat dokter sudah mendiagnosis ada bayi kembar dalam rahim. 

Mempelajari cara menyusui untuk bayi kembar sangat penting, sehingga bayi kembar bisa tumbuh bersamaan dengan baik. Ingat bahwa pemberian ASI sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam 6 bulan pertama. Moms akan bisa menyimak cara menyusui yang baik untuk bayi baru lahir, terutama si kembar.

BACA JUGA: Pilihan Nama Bayi Kembar Laki Laki untuk Para Jagoan Moms

1. Siapkan Beberapa Barang Sebelum Menyusui

Ada beberapa barang yang perlu untuk dipersiapkan sebelum memulai untuk menyusui si kembar. Setidaknya Moms, perlu untuk menyiapkan bantal, kain lap bersih, mencuci tangan, dan juga air minum untuk Moms sendiri saat mendadak haus.

Persiapan ini sudah pasti juga akan mendukung kenyamanan Moms dalam menyusui si kembar. Sebagai tempat, Moms juga bisa mencari tempat yang paling tenang ada di rumah. Pastikan ventilasinya dan juga pencahayaan ruangan juga baik.

2. Ibu Duduk dengan Posisi yang Benar

cara menyusui bayi kembar baru lahir
cara menyusui bayi kembar baru lahir

Hal paling pertama yang harus Moms lakukan untuk bisa menyusui si kembar dengan baik adalah duduk dengan menggunakan posisi yang benar. Kenyataannya, ibu yang baru saja melahirkan bayi punya kondisi yang kurang enak badan. Kondisi tersebut akan berhubungan dengan fisik dan juga mental. 

Pada kenyataannya, Ibu yang baru melahirkan ada yang memiliki kondisi badan sangat keletihan. Anggota keluarga maupun pasangan perlu untuk terus mendampingi dan membantu ibu yang baru melahirkan. Hal ini guna menghindari ibu yang stress, kebanyakan pikir, dan depresi yang bisa akibat harus menyusui bayi kembar.

Pasangan harus membantu istrinya untuk bisa menerapkan pola hidup yang sehat setiap harinya. Ibu yang menerapkan hal tersebut akan bisa menyusui si bayi kembar dengan baik, karena kondisi fisik dari ibu fit.

BACA JUGA: Awas! Jangan Langgar Pantangan Makanan untuk Ibu Menyusui ini

3. Memakai Bantuan Bantal untuk Menyusui Si Kembar

Langkah berikutnya yang bisa dipakai untuk menyusui adalah menggunakan bantal untuk bisa menyusui si bayi kembar dengan posisi yang lebih baik. Posisi yang baik akan berpengaruh terhadap kelancaran bayi dalam menyusui ASI. Bantal bisa membantu posisi bayi menjadi lebih tinggi, sehingga bisa lebih dekat dengan puting.

Trik ini juga sudah banyak dipakai oleh ibu yang baru melahirkan setiap kali harus menyusui bayinya. Pastikan Moms juga sudah selalu menggunakan bantal untuk bisa menyusui si kembar dengan lebih baik.

4. Posisikan Bayi dengan Variasi Letak

Menyusui bayi baru lahir si kembar lebih menantang daripada menyusui bayi tunggal, karena bayi kembar harus diletakkan dengan posisi khusus. Ada beberapa variasi posisi yang bisa Moms pilih untuk bisa menyusui dengan lancar, seperti Double Football, Double Cradle, dan kombinasi keduanya.

Double Footbal adalah meletakkan bayi dan memegang si kembar dengan kedua posisi payudara Moms. Badan si kembar diletakkan di bawah tangan Moms dan kepala si kembar di topang dengan menggunakan tangan. Posisi bayi kembar Double Cradle adalah posisi menyusui bayi dengan menopangkan badan bayi di atas perut Moms.

Posisi dari bayi kembar adalah menyilang. Posisi menyusui si kembar yang terakhir yaitu kombinasi antara Football dan Cradle. Posisi ini meletakkan bayi yang satu dengan posisi football dan yang kedua dengan posisi cradle.

Seluruh rangkaian cara menyusui si kembar akan menjadi lebih mudah saat Moms sudah terbiasa. Ini diperlukan latihan dan Moms harus standby untuk menyusui, karena bayi biasa untuk disusui dengan rentang waktu 2 jam sekali. Adakalanya mereka minta untuk disusui dengan jam tidak menentu.

Membiasakan diri untuk menyusui bayi kembar perlu ketelatenan dan latihan. Moms akan bisa mulai terbiasa seiring dengan berjalannya waktu. Informasi mengenai cara menyusui bayi kembar baru lahir bisa Moms berikan kepada keluarga atau teman yang juga memiliki bayi kembar. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: