Moms menjadi orang tua baru memang perlu ada banyak hal yang dipelajari, termasuk cara menyusui bayi agar tidak gumoh. Saat Moms memberikan ASI dengan cara yang salah, maka bisa dipastikan bayi bisa muntah kembali. Ada banyak langkah yang bisa Moms lakukan untuk bisa mencegah hal tersebut.

Ada baiknya bagi Moms yang tengah mengandung untuk mengetahui ilmu ini sebelum akhirnya melahirkan bayi dan harus menyusui. Tips dan trik ini sudah terbukti mampu menolong banyak Moms untuk bisa membuat bayi minum ASI dengan nyaman. Penasaran bukan dengan bagaimana cara menyusui bayi yang benar, simak di sini.

BACA JUGA: Proses Menyusui Lancar, Ini 7 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

1. Posisikan Bayi dengan Benar

Moms harus memahami bahwa meletakkan bayi dengan posisi yang tepat adalah hal yang sangat diperlukan untuk membuat ASI bisa semakin lancar keluar dan juga bayi bisa menelan tanpa ada hambatan. Pastikan Moms juga duduk dengan santai dan nyaman sebagai langkah pertama. 

Langkah berikutnya, Moms juga perlu meletakkan bayi dengan posisi yang tepat dan berdekatan payudara. Gendong bayi dengan perlahan, lembut, dan mantap. Moms perlu untuk memberikan posisi hidung bayi bersebelahan dengan putting Moms. Posisi badan dan juga kepala bayi harus lurus, agar lebih mudah menelan ASI.

2. Tarik Perhatian Bayi untuk Segera Minum ASI

cara menyusui bayi agar tidak gumoh
cara menyusui bayi agar tidak gumoh

Moms bisa memancing bayi untuk minum ASI dengan cara menggosokkan puting payudara menuju ke pipi dan mulut bayi. Hal ini ditujukan untuk memancing perhatian maupun daya cium bayi terhadap ASI Moms. 

Cara untuk memancing bayi untuk segera minum ASI yang lainnya adalah dengan memberikan tetesan ASI kepada bayi. Pancingan tetesan ASI tersebut bisa membuat bayi untuk terdorong untuk langsung menyusu. 

3. Membantu Bayi untuk Bisa Minum ASI secara Lancar

Cara menyusui yang baik pada bayi baru lahir juga bisa dilakukan dengan jalan membantu bayi untuk bisa menghisap ASI dengan lancar. Saat bayi sudah mulai menyusui, maka Moms bisa memperlancar keluarnya ASI sambil memijat payudara. 

4. Tahu Saatnya Bayi Berhenti Menyusui

Berhenti menyusui yang dimaksud di sini adalah usia yang diperlukan bayi untuk bisa berhenti minum ASI dan harus berganti makan-makanan bayi lainnya. Namun, lama waktu menyusui juga harus diketahui, karena tidak banyak Moms yang memahami hal ini. Pada umumnya, bayi menyusui dengan lama waktu 20 sampai dengan 30 menit.

Apabila bayi sudah pintar harus menyusui, maka bayi tersebut hanya memerlukan waktu 10 sampai dengan 15 menit saja. Saat bayi yang disusui mengantuk dan sempat ketiduran, maka bayi perlu waktu 40 menit untuk sesi menyusui selesai. Jika Moms kurang yakin bahwa bayi kenyang, maka bisa ganti dengan payudara yang satunya. 

Bayi yang masih belum kenyang biasanya akan langsung melanjutkan menyusu pada puting yang baru disodorkan. Apabila bayi sudah kenyang, maka bayi tidak akan mau merespons lagi untuk menyusu.

BACA JUGA: Makanan untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat dan Cerdas

Kesimpulan

Moms sudah mengetahui urutan dan tata cara yang tepat untuk menyusui bayi bukan. Hal ini perlu untuk dipraktekkan setelah Moms melahirkan dan perlu untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini. Pastikan Moms sudah melakukan cara menyusui bayi baru lahir dengan benar untuk mencegah bayi muntah.

Informasi ini juga bisa Moms sebarkan melalui media sosial kepada teman atau keluarga yang juga memiliki bayi. Cara menyusui bayi agar tidak gumoh sudah terbukti jitu dan bisa Moms lihat juga di buku KIA milik Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: