Test pack dan Ultrasonography atau USG adalah cara akurat mengetahui kehamilan pada zaman modern sekarang. Namun selain menggunakan dua cara modern tersebut, cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut terbukti masih akurat lho Moms. Meskipun sudah dianggap kuno, namun akurasi metode ini masih cukup teruji hingga hari ini.

Orang-orang pada zaman dahulu, tentu saja tidak mengenal test pack, lebih-lebih USG untuk mengetahui kehamilan. Cara yang paling lazim dilakukan adalah dengan memegang perut, menekan, meraba, atau malah hanya dengan mengamati bentuk perut hamil muda saat duduk. Metode jadul itu masih bisa dipraktekkan hingga sekarang, Moms yang penasaran bisa menyimak caranya berikut ini.

BACA JUGA: Penting Moms! Inilah 2 Cara Cek Kehamilan

Cara Sederhana Mengetahui Kehamilan Dengan Memegang Perut

Untuk  dapat mendeteksi kehamilan dengan hanya memegang perut, tentu saja dibutuhkan pengalaman dan kepekaan yang tinggi. Pada dasarnya kemampuan deteksi seperti ini tidak dimiliki setiap orang pada masa lalu. Namun di zaman modern sekarang, dengan pelatihan dan pengamatan yang teliti, bahkan Moms bisa langsung mempraktikkannya.

Untuk berbagai alasan, mengetahui cara cek kehamilan kehamilan sedini mungkin memang perlu untuk dilakukan. Metode untuk mengetahuinya pun beragam. Pada masa lalu, metode ini kadang hanya dengan memegang dan menekan perut pada bagian tertentu, atau melihat reaksi perut seorang wanita terhadap sentuhan yang diterimanya, atau dengan cara-cara lain.

Ada beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa seorang wanita memang benar-benar hamil saat dipegang perutnya. Untuk mengetahuinya, Moms bisa simak cara-caranya sebagai berikut.

cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut
cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut

Perut Terasa Mual Saat Ditekan

Indikasi pertama dari konfirmasi kehamilan melalui teknis ini adalah rasa mual yang dialami saat perut ditekan. Pada wanita hamil, peningkatan hormon estrogen dan progesteron menyebabkan sirkulasi dalam usus dan perut menjadi lambat. Konsekuensinya adalah ketika ditekan perut menjadi terasa mual dan pada beberapa kasus, mungkin saja diikuti dengan muntah.

Saat Perut Ditekan Terasa Ingin Kencing

Wanita yang hamil tentu saja mengalami pembesaran kantung rahim. Efek lain dari hal ini adalah adanya desakan pada kantung kemih yang menyebabkan keinginan untuk kencing lebih sering dari biasanya. Gejala ingin kencing ini akan sangat terasa apabila perut bagian bawahnya ditekan, dan itu adalah hal lumrah pada ibu hamil.

BACA JUGA: Tes Kehamilan Harus Dilakukan di Pagi Hari?

Saat Perut Ditekan Terasa Begah

Seperti halnya rasa mual yang muncul dengan tiba-tiba saat perutnya ditekan, wanita hamil juga merasakan begah saat perutnya mendapatkan sentuhan berupa tekanan. Rasa tidak nyaman atau begah ini merupakan reaksi hormonal yang normal. Hal ini laksana seperti kondisi perut yang penuh oleh gas namun tidak dapat dikeluarkan melalui saluran pembuangan.

Bentuk Perut yang Lebih Besar Saat Dipegang      

Yang terakhir sebagai cara manual untuk mengetahui kehamilan adalah dengan mengamati bentuk perut dengan seksama. Meskipun hanya dengan pengamatan, tentu Moms juga harus mampu melihat misalnya, perbedaan perut buncit dan hamil saat duduk. Selain membesar, tentu saja ada berbagai indikasi lain yang menguatkan keyakinan bahwa memang telah terjadi kehamilan.

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut meskipun diakui cukup akurat, namun sekarang juga perlu didukung oleh metode modern supaya lebih meyakinkan. Ketersediaan test pack dan USG dapat Moms manfaatkan sebagai bagian untuk mengonfirmasi kehamilan yang terjadi. Selain mudah dilakukan, test pack dan USG juga memiliki persentase akurasi yang lebih tinggi. Dan itu pasti akan lebih meyakinkan. Metode klasik ini sebaiknya hanya dilakukan oleh yang sudah ahli.

Leave a Comment

%d bloggers like this: