Setiap wanita pasti mendambakan persalinan yang normal. Menurut Parents, 85% wanita memiliki kesempatan untuk melahirkan secara normal. Sementara 15% diantaranya tidak disarankan untuk melahirkan secara normal karena komplikasi yang tinggi sehingga dapat membahayakan kondisi kesehatan sang ibu. Di Amerika sendiri, sekitar 67,2% wanita melahirkan secara alami. Supaya proses lahiran nggak sakit, ini dia 7 tips melahirkan normal dengan mudah yang bisa Moms terapkan mulai sekarang. 

1. Melatih kekuatan kaki sejak dini

Persalinan secara normal memang harus Moms siapkan sejak jauh-jauh hari. Salah satunya adalah dengan melatih kekuatan otot kaki. Otot kaki Moms harus kuat supaya bisa menahan berat tubuh dengan baik.

Beberapa olahraga yang bisa Moms lakukan untuk melatih kekuatan otot kaki adalah dengan berjalan santai setiap hari selama 20 hingga 30 menit. Aktivitas ini juga akan membantu melancarkan peredaran darah, melatih pernapasan, dan kekuatan jantung. Selain jalan kaki, Moms juga bisa mencoba aktivitas naik turun tangga atau squat

2. Mengontrol berat badan

Saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, Moms disarankan untuk mulai mengontrol berat badan. Karena persalinan normal yang akan Moms jalani nanti akan terasa lebih mudah jika berat badan mom stabil atau Moms tidak dalam kondisi kelebihan berat badan. 

BACA JUGA: Ingin Moms dan Janin sehat? Cobalah Diet Sehat Ibu Hamil Ini!

3. Latihan pernapasan dengan pilates

Teknik pernapasan sangat penting bagi persalinan normal dan salah satu olahraga yang dapat membantu Moms untuk meningkatkan teknik pernapasan adalah dengan pilates. Menurut Lisa Namuri, penulis buku Pilates untuk kehamilan, Moms yang sudah biasa olahraga pilates maka persalinannya akan lebih terbantu karena sudah terlatih untuk bernapas lebih panjang. Dengan pilates Moms juga secara otomatis dapat meningkatkan kekuatan otot perut dan stamina agar persalinan nanti lancar. 

4. Sering berendam

Lebih sering berendam dalam air diyakini dapat mempermudah persalinan secara alami. Biasanya selama fase kehamilan, Moms disarankan untuk olahraga renang. Bukan tanpa sebab, olahraga renang ini dipercaya akan membuat Moms menjadi lebih rileks dan mampu mengurangi rasa sakit. 

5. Ikut prenatal yoga

Selain pilates, Moms juga disarankan untuk berlatih prenatal yoga. Olahraga ini dapat meningkatkan stamina fisik, terutama saat Moms nanti membutuhkan waktu lama untuk menjalani persalinan normal. Prenatal yoga juga memiliki beberapa pose khusus yang dapat mengoptimalkan kondisi janin agar turun ke jalan lahir sehingga proses persalinan Moms nanti jauh lebih muda. Yoga ini juga akan membuat panggul dan ligamen terbuka lebar sehingga saat melahirkan nanti bayi akan lebih mudah dan cepat terdorong keluar. 

6. Latihan menggunakan birth ball

Berdasarkan penelitian dari Queen Elizabeth Hospital, Hong Kong latihan menggunakan birth ball saat menjelang proses persalinan dapat meminimalisir rasa nyeri yang Moms rasakan. Latihan dengan birth ball ini juga dapat memberikan perasaan nyaman pada janin dan rahim. Tak hanya itu, rutin latihan menggunakan birth ball juga akan memudahkan janin berada di posisi jalan lahir sehingga persalinan normal bisa lebih mudah terjadi. 

7. Ikut kelas persalinan

Tips terakhir adalah dengan mengikuti kelas persalinan. Dengan mengikuti kelas persalinan, Moms akan lebih mengetahui tentang seluk beluk dan teknik melahirkan secara normal dengan mudah. Moms juga bisa belajar bagaimana cara mengejan atau “ngeden” yang tepat, mengatur napas, dan memahami hal-hal apa saja yang boleh serta tidak boleh dilakukan selama proses persalinan nanti.

Leave a Comment

%d bloggers like this: