Pakaian tradisional Indonesia satu ini memiliki sejarah yang begitu panjang. Ada yang kebaya adalah produk asli Indonesia. Namun ada yang bilang pakaian ini berasal dari Tiongkok kemudian menyesuaikan dengan budaya Indonesia. Terlepas dari perbedaan tersebut, kebaya memang sangat anggun untuk digunakan, baik untuk anak muda maupun orang dewasa. Nah Moms begini loh model kebaya untuk ibu menyusui.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Mix And Match Kemeja Kotak-Kotak untuk Tampilan Lebih Menarik

Ada Jenis Kebaya Apa Saja di Indonesia?

Sebelumnya, mari intip dulu berbagai jenis kebaya yang ada di Indonesia. Ada apa saja ya Moms?

  • Kebaya Jawa

Kebaya jenis ini terbilang paling mudah ditemui dan sering digunakan dalam acara pesta. Memiliki ciri khas bentuk V pada leher. Kebaya Jawa biasanya berbahan lace, atau brokat dengan pelapis satin.

  • Kebaya Bali

Kebaya Bali memiliki ciri khas terdapat balutan kain/selendang di pinggang. Warnanya biasanya cerah dengan beragam aksesoris, seperti bros, yang dipakai.

  • Kebaya Kutu Baru

Kebaya Kutu Baru memiliki lapisan kain tambahan di bagian depannya. Sangat anggun saat dikenakan dan mudah dipadukan dengan beragam macam kain bawahan. Kebaya ini cocok untuk  Moms pakai ketika menghadiri acara formal.

  • Kebaya Encim

Kebaya ini sedikit lebih longgar dibanding yang lain. Moms pun bisa memadukan kebaya ini dengan tank top. Lehernya berbentuk V dan terdapat border hingga bawah. Kabarnya kebaya ini merupakan perpaduan baju shanghai dengan kebaya melayu.

BACA JUGA: Perhatikan ini Moms, Tips Memilih Pakaian Anti-Panas untuk Ibu Hamil

Model Kebaya untuk Ibu Menyusui

Seperti jenis pakaian lainnya, kebaya juga kini telah mengalami perkembangan yang pesat. Kalau ada gamis yang busui friendly dengan ritsleting di bagian depan, kebaya pun juga ada yang dirancang untuk ibu menyusui. Ini dia Moms tiga model kebaya untuk ibu menyusui.

  • Terdapat bukaan di bagian samping

Kebaya yang memiliki bukaan di bagian samping akan memudahkan Moms untuk mengeluarkan payudara ketika akan menyusui. Kebaya seperti ini biasanya akan dilengkapi dengan ritsleting agar Moms yang tengah menyusui mudah untuk menutup maupun membukanya.

Kebaya yang paling banyak dibuat untuk ibu menyusui adalah kebaya kutu baru. Kebaya ini memiliki detail lipatan pada bagian depan sehingga ritsleting dapat disisipkan dalam lipatan tersebut dengan mudah.

Namun tidak perlu khawatir jika kebaya yang Moms miliki bukan kebaya kutu baru. Moms tinggal memodifikasinya dengan sedikit kain tambahan agar ritsleting bisa tertutupi. Selain kebaya kutu baru, kebaya tunik juga memungkinkan untuk diberi detail bukaan di bagian samping.

  • Memiliki dua lapis sederhana

Model kebaya untuk ibu menyusui lainnya adalah kebaya dengan dua lapis. Pada lapisan pertama kebaya diberi celah untuk mengeluarkan payudara Moms saat menyusui. Celah tersebut bisa ditutup dengan lapisan kedua yang biasanya terbuat dari bahan brukat.

Dengan adanya brukat sebagai penutup, maka kebaya model ini tidak lagi membutuhkan ristleting di bagian sampingnya. Kelebihan lainnya, kebaya ini lebih aman karena payudara yang dikeluarkan saat menyusui akan tertutup oleh brukat tersebut.

  • Model batwing

Kebaya model batwing terbilang longgar dan sekarang pamornya tengah naik. Desain bagian bawahnya longgar dan memudahkan untuk membukanya ketika menyusui si kecil. Dibandingkan dua kebaya sebelumnya, kebaya model batwing memang lebih praktis. Moms tidak butuh buka-tutup ritsleting, atau mengeluarkan payudara Moms dari celah kain.

Semakin berkembangnya model fashion, khususnya kebaya, saat ini memang memberi banyak kemudahan. Kemudahan tersebut juga berdampak pada Moms yang tengah menyusui namun tetap ingin anggun dengan berkebaya. Di antara ketiga model kebaya untuk ibu menyusui di atas, model mana yang lebih Moms sukai?

Leave a Comment

%d bloggers like this: