Telinga berdenging? Moms tentu pernah merasakannya sesekali, bukan? Apa sebenarnya yang menjadi penyebab telinga ini bisa berdenging? Tinjauan medis menyebutkan kondisi ini mengarah pada faktor kesehatan tertentu, sedangkan ramalan primbon Jawa memiliki tafsir telinga berdenging sebelah kiri artinya akan berbeda dengan denging di sebelah kanan.

Secara medis kondisi yang disebut dengan istilah tinnitus ini bisa terjadi di sebelah mana saja, baik telinga kiri maupun kanan. Keduanya sama-sama mengindikasikan risiko dan masalah kesehatan dari mulai kesehatan telinga yang mungkin bermasalah hingga kemungkinan mengalami penyakit serius seperti tumor dan sejenisnya. Makna yang manakah lebih Moms percaya? Medis atau primbon?

BACA JUGA: Telinga Berdenging Terus? Yuk Moms Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Telinga Berdenging Sebelah Kiri Artinya Apa dalam Bahasa Wajah?

Telinga Berdenging Sebelah Kiri
Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Arti telinga berdenging bahasa wajah yang banyak mengambil tafsir dari kitab primbon Jawa menafsirkan setiap denging bisa dilihat dari pukul atau waktu terjadinya. Setiap jam memiliki makna yang berbeda. Setiap pergantian jam memiliki makna dan isyarat tertentu yang berbeda, bisa bermakna positif maupun negatif.

Misalnya saja telinga berdenging pada pukul 8 pagi. Jika yang berdenging sebelah kiri maka maknanya yang bersangkutan akan segera melakukan perjalanan jauh dalam waktu dekat. Sementara jika yang berbunyi sebelah kanan maka biasanya yang bersangkutan dalam waktu dekat akan mendapatkan gunjingan atau fitnah dari orang-orang di sekitarnya.

Bila denging terjadi pada pukul 5 pagi hingga menjelang pukul 6, jika telinga berdenging sebelah kanan artinya akan mendapatkan kecelakaan besar dalam waktu dekat. Sedangkan jika yang berbunyi sebelah kiri maknanya sedang diperbincangkan oleh orang dekat atau sahabat.

Makna yang berbeda jika telinga berdenging pada pukul 4 hingga 5 pagi. Jika yang berdenging telinga kiri maka artinya akan mendapat pekerjaan yang baik sedangkan jika yang berbunyi sebelah kanan maka artinya akan kehilangan uang.

Apakah Moms termasuk yang percaya dengan mitos telinga berdenging tersebut? Bila tidak, silahkan cek saja bagaimana kondisi kesehatan telinga Moms yang sebenarnya.

BACA JUGA: Merawat Indera Pendengaran Agar Tetap Berfungsi Baik

Makna Telinga Berdenging Menurut Kesehatan, Waspadalah!

Secara medis telinga berdenging sebelah kiri artinya sama saja dengan sebelah kanan yakni mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang mungkin dialami organ telinga atau organ lainnya. Indikasi pertama yang mungkin harus Moms segera cek adalah kesehatan telinga. Apakah ada infeksi yang terjadi atau mungkin sumbatan kotoran yang perlu dibersihkan.

Bila Moms baru saja mendengar suara yang cukup lama atau keras, atau mungkin baru saja turun dari pesawat, telinga berdenging tentu menjadi hal lumrah yang dialami. Namun, jika denging terjadi sering dan sewaktu-waktu, tak ada salahnya jika Moms segera datang ke dokter THT untuk memastikan kesehatan telinga.

Selain mengindikasikan adanya masalah di organ telinga, kondisi tubuh yang stres juga dapat memicu risiko telinga berdenging. Stres dengan suara yang terlalu kuat membutuhkan Moms terapi pendengaran. Menjaga kesehatan mental dan pikiran juga bagian dari cara mengatasi telinga berdenging.

Penyakit yang serius seperti tumor, kolesterol dan hipertensi pada sebagian orang juga memberikan gejala telinga berdenging. Apakah denging yang Moms rasakan saat ini mengarah ke salah satu penyakit tersebut? Tentunya bisa dilihat dari apakah ada gejala lain yang mengikutinya. Pastikan dengan melakukan pengecekan organ telinga lebih dulu apakah bermasalah atau tidak.

Kebiasaan menggunakan headset dalam waktu lama juga mengurangi tingkat pendengaran dan meningkatkan risiko denging yang lebih sering. Gunakan headset secara proporsional untuk membantu menjaga kesehatan telinga dalam jangka panjang.

Telinga berdenging sebelah kiri artinya Moms harus memeriksakan kesehatan jika hal tersebut terjadi terus menerus. Hal ini mungkin juga terjadi pada anak-anak atau remaja. Cek bagaimana kebiasaan harian mereka soal telinga. Moms akan bisa sedikit mengetahui penyebabnya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: