Moms pernah mendengar tentang selada hidroponik? Jadi, hidroponik merupakan sebuah metode cocok tanam yang diklaim lebih baik dibandingkan cara konvensional. Menggunakan media khusus, tanaman tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Salah satu tanaman yang dikembangkan begitu adalah selada meski sebagian lain masih menggunakan cara bertani biasa.

Keunggulan Selada Hidroponik dibandingkan Selada Biasa

Memang apa sih manfaat dari model penanaman hidroponik terhadap sayuran? Moms jangan meremehkan pengaruh dari perbedaan cara bercocok tanamnya ya, Moms. Faktanya, ketika membandingkan antara selada konvensional dengan hidroponik, terdapat perbedaan yang cukup signifikan :

  1. Kualitas dari sayuran yang ditanam dengan metode hidroponik lebih bagus. Mulai dari tampilannya yang lebih segar hingga rasa pahit yang jauh lebih samar.
  2. Selada dari kebun hidroponik memiliki ketahanan yang lebih bagus dibandingkan selada konvensional jika dibiarkan dalam suhu ruang maupun lemari pendingin.
  3. Selada hidroponik memiliki kandungan yang utuh dan lebih banyak sehingga otomatis juga lebih menyehatkan.

Namun, tidak dapat ditampik bahwa harga produk hidroponik memang lebih mahal dibandingkan dengan konvensional. Perbedaan harganya mencapai Rp5.000,- per kilogram. Tidak terlalu signifikan namun faktanya berpengaruh kuat soal pilihan masyarakat. Selain itu, selada jenis ini mayoritas dipasarkan di supermarket, bukan pasar tradisional.

BACA JUGA: Inilah Khasiat Masker Tomat untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Manfaat Selada Hidroponik untuk Kecantikan, Fakta atau Isapan Jempol?

Selada Hidroponik
Selada Hidroponik

Selada memiliki banyak manfaat bukan suatu hal yang rahasia. Moms pasti juga sering membaca literatur atau mendengar perihal manfaat tanaman hijau yang satu ini, ‘kan? Apalagi jika selada yang digunakan ditanam dengan metode hidroponik. Salah satu manfaat yang paling sering disinggung adalah dampak positifnya untuk kecantikan.

Namun, benarkah selada memang memiliki manfaat untuk kecantikan atau hal itu tidak lebih dari sekadar omong kosong belaka? Manfaat suatu tanaman bisa ditelisik melalui zat yang dikandungnya, Moms. Jika melihat kandungan dari selada, bisa dipastikan manfaatnya untuk kecantikan memang nyata. Zat apakah yang berperan dalam hal tersebut?

Vitamin C & E

Pernahkah Moms mendengar tentang terapi suntik Vitamin C untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah? Sebenarnya, treatment seperti itu bisa diganti dengan konsumsi selada hidroponik lho, Moms. Alami dan murah meriah, Moms cukup mengonsumsi selada saja. Memang tidak instan, namun tanpa efek samping membahayakan.

Selain C, terdapat juga Vitamin E dalam selada. Zat yang satu ini sudah dikenal luas soal kemampuan regenerasi jaringan sehingga kulit menjadi sehat dan mulus. Selada hidroponik sudah memiliki kandungan dua vitamin ini dalam kadar yang cukup sehingga Moms tidak perlu menambahkan dengan treatment lainnya.

Lactucarium

Kantung mata pasti membuat penampilan Moms menjadi tidak maksimal, bukan? Bisa jadi penyebabnya adalah kurang atau kesulitan tidur alias insomnia. Selada mengandung zat lactucarium yang membantu Moms lebih rileks. Ketika kualitas tidur sudah membaik, maka kantung mata juga akan berangsur hilang. Penampilan Moms tentu lebih cantik memesona.

Serat

Menjaga berat badan ideal juga merupakan salah satu upaya kecantikan sekaligus kesehatan guna menghindari potensi diabetes dan obesitas. Selada mengandung serat yang cukup tinggi sehingga proses pencernaan dapat berlangsung dengan baik. Energi yang benar-benar diperlukan disimpan sedangkan lemak jenuh dilenyapkan. Terapi alami untuk kecantikan tubuh Moms.

Jelas sekali bahwa manfaat dari selada hidroponik untuk kecantikan bukan sekadar isapan jempol ya, Moms. Mengonsumsi selada secara rutin dapat membantu Moms mendapatkan berat tubuh yang ideal dan kulit yang sehat. Treatment alami ini patut untuk Moms coba sebagai alternatif perawatan medis yang mahal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: