Siapa yang tidak mengenal kopi? Biji-bijian yang sering dimanfaatkan sebagai minuman teman begadang ini ternyata memiliki segudang manfaat. Salah satu kegunaan kopi yaitu sebagai bahan kecantikan atau digunakan sebagai masker. Nah, manfaat masker kopi untuk kecantikan wajah ternyata sangat banyak loh Moms? Simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Cerah dan Glowing 

Apabila Moms memiliki stok kopi di rumah, tidak ada salahnya membuatnya menjadi masker. Manfaat yang bisa Moms dapatkan diantaranya sebagai berikut: 

Meregenerasi Kulit

Sel kulit mati yang menumpuk pada wajah bisa menyebabkan kulit kusam. Salah satu cara mengatasinya Moms bisa memanfaatkan kopi yang ada di dapur untuk membuat masker. Penggunaan masker yang rutin dipercaya dapat mengembalikan keremajaan kulit wajah Moms.

Menyamarkan Bekas Jerawat

Memiliki bekas jerawat di wajah tentu sangat menggaggu penampilan dan bahkan bisa membuat Moms kurang percaya diri. Nah, salah satu manfaat masker kopi juga bisa digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat loh Moms! Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Moms bisa mencampurkan bubuk kopi dengan madu dan aplikasikan merata ke seluruh wajah. 

BACA JUGA: 9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Terbukti Ampuh

Menyamarkan Lingkaran Hitam di bawah Mata

Memiliki kantung mata yang menghitam juga seringkali mengganggu penampilan. Kantung mata menghitam bisa disebabkan banyak faktor salah satunya kurang tidur. Moms bisa memanfaatkan kopi untuk menghilangkan kantung mata menghitam. Kandungan kafein yang dimiliki mampu melancarkan aliran darah di sekitar mata, sehingga warna menghitam akan pudar. 

Cara menggunakan masker kopi juga mudah, Moms hanya perlu menyeduh kopi tanpa gula, lalu ampasnya digunakan dibawah mata. Lakukan hal tersebut setidaknya dua kali dalam satu minggu. 

Antioksidan

Apabila wajah Moms terlalu sering terpapar sinar UV akan memiliki dampak negatif untuk kulit. Salah satunya menyebabkan kulit kusam dan kering. Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas akibat sinar UV. 

Mengencangkan Kulit Wajah 

Menjadi tua itu pasti, meski begitu Moms tetap harus menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap terlihat cantik dan menawan. Nah salah satu caranya yaitu dengan rutin menggunakan masker kopi. Masker ini dipercaya mampu menyamarkan garis-garis halus akibat penuaan dan juga membuat kulit wajah terlihat lebih kencang. 

BACA JUGA: 6 Masker Alami Untuk Wajah dari Bahan-Bahan di Dapur

Resep Membuat Masker Kopi Di Rumah 

Ada beberapa varian resep yang Moms praktikkan di rumah, yaitu: 

  • Masker Ampas Kopi

Pembuatan masker ampas kopi ini sangat mudah. Moms hanya perlu menyeduh kopi tanpa gula, buang airnya dan ampasnya bisa digunakan untuk masker. Sebelum mengaplikasikan masker, sebaiknya terlebih dahulu bersihkan wajah. Oleskan secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih. 

Masker ampas kopi ini memiliki kegunaan untuk mengankat sel kulit mati dan melembabkan kulit wajah ya Moms!

  • Masker Kopi dan Lidah Buaya

Untuk membuat masker satu ini, siapkan saja kopi dan daun lidah buaya. Jika tidak memiliki pohon lidah buaya, Moms juga bisa menggunakan gel lidah buaya yang sudah banyak dijual di pasaran. Campurkan kedua bahan tersebut dalam satu wadah, aduk sampai adonan seperti pasta. Aplikasikan merata pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Dan bersihkan dengan air ya Moms!

Masker kopi dengan lidah buaya ini bisa digunakan untuk mengatasi minyak berlebih. Dan untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. 

  • Masker Kopi dan Lemon

Bahan yang perlu Moms siapkan yaitu bubuk kopi dan perasan buah lemon secukupnya. Aduk kedua bahan dalam satu wadah sampai membentuk pasta. Aplikasika merata pada wajah dan biarkan setidaknya 5 menit. Setelah mengering bilas dengan air bersih. Masker ini berfungsi untuk mencerahkan wajah. 

Moms akan mendapatkan manfaat masker kopi yang maksimal dengan rutin menggunakannya. Selamat mencoba dan semoga ada hasilnya. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: