Masalah pada wajah terkadang tidak ada habisnya. Hal itu tentu akan sangat mengganggu penampilan khususnya bagi para wanita. Seperti jerawat, komedo, flek hitam, hingga pori-pori besar.

Kondisi tersebut membuat para wanita berusaha keras untuk merawat wajahnya dengan melakukan perawatan sendiri di rumah bahkan hingga berkonsultasi dengan dokter kulit.

Terkadang, masalah-masalah tersebut timbul akibat paparan dari sinar ultraviolet yang sangat sering ataupun polusi serta penggunaan make up yang sangat sering.

Ketika wajah terlalu sering terkena make up atau terkena polusi, maka pori-pori pada wajah akan semakin membesar dan tersumbat oleh partikel-partikel dari make up atau polusi.

BACA JUGA: Sudah Tahu 7 Manfaat Serum Vitamin C Bagi Kecantikan Ini Moms?

Penyebab dan Tips Mengatasi Pori-Pori Besar

Lalu, sebenarnya apa saja sih Moms penyebab timbulnya pori-pori yang membesar. Berikut ini beberapa penyebab pori pori membesar:

  • Hal pertama yang menjadi penyebab membesarnya pori-pori yaitu malas untuk membersihkan wajah. Padahal Moms tau bahwa wajah memiliki sensitivitas yang tinggi. Di mana ketika wajah terkena make up atau polusi terlalu lama dan tidak segera dibersihkan, maka bisa menjadi penyebab pori-pori tersumbat.
  • Terlalu sering mengonsumsi makan atau minuman yang berlemak juga dapat menyebabkan pori-pori wajah membesar. Sebab, lemak yang dihasilkan akan membuat wajah menjadi lebih berminyak, hal itulah yang menjadi pemicu membesarnya pori-pori.
  • Sering terpapar oleh sinar matahari juga akan membuat pori-pori wajah membesar, Moms.
  • Salah satu hal yang mungkin tidak disadari yaitu bahwa membersihkan wajah atau mencuci wajah terlalu sering dapat membuat pori-pori membesar. 
  • Malas untuk menggunakan pelembab juga dapat memicu timbulnya pori-pori yang besar pada wajah.

Hal itu pasti sangat sering dilakukan kan Moms? Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi pori-pori wajah yang membesar tersebut? Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi pori-pori yang membesar secara mudah.

BACA JUGA: Pilihan Toner untuk Kulit Berminyak

Es batu

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori yaitu dengan menggunakan es batu. Es batu sangat ampuh untuk membuat pori-pori mengecil. Moms cukup tempelkan es batu ke seluruh bagian wajah selama beberapa waktu sambil diputar-putar ke seluruh wajah. 

Minyak zaitun

Kandungan antioksidan pada minyak ini juga disinyalir dapat melindungi sel-sel atau jaringan kulit dari ancaman kerusakan wajah. Hal itu lah yang menjadi cara ampuh untuk mengecilkan pori-pori. 

Kopi dan gula

Campuran kopi dan juga gula dapat menjadi scrub untuk wajah. Untuk membuatnya Moms hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh gula dan satu sendok teh kopi dengan air. Kemudian, Moms bisa mengoleskannya pada wajah, tetapi jangan terlalu kasar nanti bisa merusak kulit.

Hindari juga, Moms, memakai kopi sachetan yang sudah dicampur dengan macam-macam zat misalnya krimer, atau gula buatan. Pasnya, kandungan kopinya sudah tidak murni dan manfaatnya pun akan sangat berkurang lho Moms.

Teh hijau

Teh hijau dipercaya mengandung antioksidan yang tinggi dan bermanfaat bagi kecantikan kulit.

Di mana kandungan antioksidan pada teh hijau mampu mengecilkan pori-pori yang membesar. Moms hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan teh hijau bubuk ke dalam sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta. Aplikasikan ke seluruh wajah, tunggu hingga masker mengering lalu bilas dengan air bersih.

Nah, itulah Moms beberapa penyebab sekaligus cara untuk mengatasi pori-pori besar pada wajah. Dengan informasi tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi Moms semua. Aplikasikan beberapa masker tersebut untuk membuat wajah terlihat lebih cerah dan awet muda.

Leave a Comment

%d bloggers like this: