Manfaat minyak zaitun untuk rambut sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Meski kandungan secara kimiawi baru diketahui beberapa dekade belakangan, minyak zaitun sudah sejak lama digunakan untuk rambut.

Kandungan Minyak Zaitun

Semua jenis vitamin larut lemak (A, D, E, K) terdapat dalam minyak zaitun secara alami. Sebagai jenis minyak, ia juga mengandung asam lemak. Hanya saja mayoritas asam lemaknya adalah asam lemak essensial.

Asam lemak esensial berarti asam lemak yang bagus untuk kesehatan tubuh dan tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam lemak jenis ini bagus untuk  antioksidan, meningkatkan regenerasi, dan membersihkan kotoran yang bersifat hidrofobik.

Minyak zaitun juga mengandung polifenol dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan menghambat penuaan. Tak heran penggunaan minyak zaitun untuk perawatan tubuh telah melegenda sejak zaman baheula.

BACA DULU: Ini Dia Segudang Manfaat Alpukat untuk Kecantikan, Sudah Tahu Belum?

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Minyak Zaitun untuk Rambut
Minyak Zaitun untuk Rambut

Kandungan minyak zaitun yang lengkap seperti dijelaskan sebelumnya, membuatnya sangat cocok untuk perawatan rambut.

Penggunaan minyak zaitun untuk rambut dan kulit kepala sangat efektif mengatasi berbagai masalah. Diantaranya:

1. Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan kotoran, debu, dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan rambut dan kulit kepala. Biasanya muncul pada kulit kepala yang tidak sehat (kena jamur, bakteri) dan jarang dirawat.

Minyak zaitun dapat membersihkan, menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri, serta menutrisi kulit kepala. Baik secara langsung maupun tidak langsung, ia mampu menghilangkan ketombe dari akar permasalahannya.

Caranya, hangatkan minyak zaitun hingga suam-suam kuku, sekitar 40 derajat celcius. Oleskan secara merata di seluruh permukaan kulit. Beri pijatan lembut di semua permukaan kulit kepala. Biarkan minyak zaitun meresap selama 20 – 30 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

2. Mengurangi Rambut Rontok

Minyak zaitun mampu memberikan nutrisi secara menyeluruh kepada rambut. Kandungan asam lemak esensial dan vitaminnya mampu meresap ke dalam kulit kepala dan menguatkan akar rambut. Rambut yang mendapatkan nutrisi cukup akan menjadi kuat dan kokoh dari pangkalnya.

Caranya mirip seperti ketika melakukan perawatan untuk ketombe. Balurkan minyak zaitun yang suam-suam kuku ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Bila perlu, tambahkan minyak almond untuk semakin memperkuat rambut.

BACA JUGA: 6 Masker Alami Untuk Wajah dari Bahan-Bahan di Dapur

3. Menutrisi Rambut Kering dan Bercabang

Rambut kering dan bercabang memiliki akar masalah yang sama, yaitu kurangnya nutrisi dan kelembaban rambut. Minyak zaitun mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut agar tidak bercabang dan menjaganya tetap lembab dan tampak basah.

Caranya mirip ketika perawatan menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi masalah rambut rontok. Hanya saja setelah dioleskan ke permukaan rambut dan kulit kepala, Moms perlu membungkusnya dengan handuk. Biarkan terbungkus selama 15 – 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

BACA JUGA: Mau Makin Stylish? Ini Gaya Rambut untuk Wanita Hamil!

4. Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut biasanya muncul pada anak-anak yang belum bisa menjaga kebersihan kepala dan rambutnya. Selain terasa tidak nyaman, hal ini dapat mengganggu aktivitas dan belajarnya karena gatal yang mengganggu. Belum lagi kemungkinan peradangan akibat digaruk dengan tangan yang kotor.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun sangat gampang dan sederhana. Balurkan minyak zaitun yang suam-suam kuku ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dan kulit kepala yang telah diolesi minyak zaitun dengan handuk.

Tunggu selama 20 – 30 menit lalu sisir menggunakan sisir khusus yang rapat. Bangkai kutu dan telur-telurnya akan tersaring secara mudah. Lakukan perawatan tersebut secara rutin selama seminggu. Dipastikan kutu rambut tidak akan ada lagi mengganggu.

Nah, Moms, ternyata kandungan minyak zaitun sangat komplit sehingga manfaat minyak zaitun untuk rambut tak perlu diragukan lagi. Dengan bahan alami ini, permasalahan rambut seperti apapun menjadi mudah untuk ditangani.

Leave a Comment

%d bloggers like this: