Menghilangkan kantung mata secara permanen memang tidak mudah. Namun untuk mengelabuinya, Moms bisa menggunakan concealer yang tepat. Seperti pemilihan foundation, pemilihan concealer harus disesuaikan dengan warna kulit Moms. Kalau Moms masih bingung bagaimana memilih concealer, berikut ini tips memilih warna concealer yang bisa Moms gunakan.

Apa Saja Jenis Concealer?

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum memilih concealer, maka Moms harus mengenali dulu jenis-jenis concealer yang sekarang banyak beredar di pasaran.

  • Krim

Concealer dalam bentuk krim biasanya dikemas dalam wadah jar berukuran kecil. Biasanya ada yang kemasannya langsung menjadikan beberapa shade concealer menjadi satu atau berbentuk pallete. Karena bentuknya krim, concealer ini cenderung sulit untuk diratakan.

  • Cair

Concealer satu ini terbilang yang paling populer, karena paling mudah digunakan, dan paling banyak produksinya. Bila ingin meratakan, Moms tidak harus menggunakan beauty blender, namun juga bisa menggunakan jari atau kuas. Asyiknya lagi, concealer cair cocok untuk semua jenis kulit loh Moms.

  • Bubuk

Concealer juga ada yang berbentuk bubuk/powder seperti bedak. Concealer seperti ini penggunaannya bisa dengan spons atau kuas. Concealer ini terbilang kurang cocok untuk Moms yang wajahnya berminyak dan cenderung berjerawat. Jika ingin memakainya, sebaiknya lapisi dulu wajah Moms dengan concealer cair atau krim.

  • Stick

Concealer seperti krim, namun dipadatkan dan ditempatkan pada wadah yang panjang. Teksturnya sedikit lebih keras dibanding concealer yang berbentuk krim. Karena kemasannya demikian, maka concealer ini praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Concealer jenis ini cenderung kulit lebih cepat menutup pori-pori dari kulit Moms. Oleh karena itu, kurang cocok digunakan oleh Moms yang tipe kulitnya berminyak. 

BACA JUGA: Mengatasi Lingkar Hitam dan Kantung Mata Ternyata Mudah Loh!

Memilih Warna dari Concealer

  • Memilih Warna yang Lebih Cerah 

Tips memilih warna concealer yang pertama adalah cari concealer yang lebih cerah 2-3 tingkat daripada warna kulit Moms. Bisa juga lebih cerah dari warna foundation yang Moms gunakan. Namun tidak yang terlalu cerah juga ya Moms. Oleh karena itu, Moms bisa membandingkan beberapa shade concealer dahulu sebelum membelinya. 

  • Mencoba pada Bagian Bawah Mata

Tujuan utama penggunaan concealer adalah untuk menyamarkan kantung mata. Maka ketika akan membelinya, Moms bisa mencobanya dahulu di area bawah mata. Jika membuat area mata Moms menjadi lebih terang, maka concealer itu tepat untuk Moms.

  • Menyesuaikan dengan Jenis Kulit

Seperti perlengkapan make up lainnya, produk concealer juga dibuat sesuai dengan tipe kulit. Kalau kulit Moms kering, Moms bisa memakai yang banyak mengandung air, sehingga bisa membuat kulit tampak lebih lembap. Namun kalau kulit Moms berminyak, bisa pakai yang lebih padat agar lebih tahan lama di wajah.

BACA JUGA: Inilah Kebiasaan yang Membuat Mata Mudah Berkerut. Hindari ya, Moms!

  • Mengamati Tingkat Oksidasinya

Concealer yang teroksidasi dicirikan dengan warnanya yang tampak menghitam dan sedikit luntur. Biasanya ini terjadi jika concealer sudah Moms gunakan selama beberapa jam, tergantung pada tipe kulit juga. Untuk mengantisipasi ini, Moms bisa mencoba dahulu pada pergelangan tangan selama 10-20 menit. Kalau warnanya tidak berubah, maka concealer itu cocok untuk Moms.

  • Memilih Tempat Terang untuk Mencoba Concealer

Ketika Moms mencoba concealer, Moms bisa mencobanya di bawah tempat yang terkena sinar matahari. Atau bisa juga di bawah cahaya lampu yang terang dan tidak remang-remang. Ruangan yang remang-remang akan membuat Moms kesulitan menilai apakah concealer yang dicoba cocok atau tidak untuk kulit Moms.

Itu dia Moms jenis-jenis concealer dan berbagai tips memilih warna concealer yang bisa Moms coba. Memilih concealer tidak sesulit memilih foundation kok Moms, yang penting Moms bisa menyesuaikan tingkat kecerahannya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: