Penggunaan masker wajah tidak boleh sembarangan. Moms harus memperhatikan jenis kulit sebelum menggunakan masker. Jika tidak memperhatikan jenis kulit, kulit Moms nanti tidak bertambah baik, malah tambah kering ataupun berminyak, meskipun masker yang digunakan alami.

Nah kali ini akan dibahas khusus tentang masker alami untuk kulit kering. Kulit kering terjadi karena kurangnya kelembapan pada kulit. Bagi Moms yang memiliki kulit kering, Moms bisa mencoba masker alami berikut ini. 

BACA JUGA: 6 Masker Alami Untuk Wajah dari Bahan-Bahan di Dapur

Masker Wajah untuk Kulit Kering

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa Moms gunakan untuk membuat masker kulit kering. Bahan yang dimaksud antara lain yaitu

1. Alpukat dan madu

Buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk menjaga asam lemak di kulit Moms. Kulit Moms pun dijamin akan lebih halus dan lembut. Sedangkan madu mengandung antioksidan yang bisa menangkal radiasi bebas.

Jadi perpaduan keduanya bisa memberikan efek yang bagus pada kulit kering. Berikut cara pembuatan masker kulit kering dari alpukat dan madu.

  • Mengambil daging alpukat secukupnya dan menghaluskannya.
  • Menambahkan madu secukupnya lalu diaduk hingga tercampur rata dengan alpukat.
  • Membersihkan wajah dan mengeringkannya.
  • Mengoleskan campuran alpukat dan madu pada wajah. 
  • Mendiamkan hingga kering (kurang lebih 20 menit).
  • Membilas dengan air hingga bersih.

Sangat mudah kan Moms? Hanya dengan dua bahan tersebut, kulit Moms akan selalu terjaga kelembapannya.

2. Pisang dan yoghurt

Masker Wajah
Masker Wajah

Dalam melembapkan kulit, pisang tak kalah dengan alpukat. Alasannya karena pisang mengandung banyak mineral yang mampu melembapkan kulit, seperti magnesium, kalium, zat besi, vitamin B, dan vitamin C.

Agar manfaatnya bisa optimal, pisang dikombinasikan dengan yoghurt. Yoghurt sendiri mengandung asam laktat yang bisa menghilangkan kerutan di wajah. Jadi Moms bisa bayangkan hasil perpaduan kedua bahan ini seperti apa.

Cara membuat masker dari pisang dan yoghurt:

  • Menghaluskan pisang secukupnya lalu menambahkan yoghurt
  • Mencampurkan kedua bahan hingga menyatu
  • Membalurkan masker pisang yoghurt pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya
  • Mendiamkan masker selama kurang lebih 20 menit 
  • Setelah itu, Moms bisa membilas hingga bersih.

Pisang dan yoghurt termasuk bahan yang mudah didapatkan. Jadi Moms bisa mencoba masker satu ini dengan mudah.

BACA JUGA: 7 Masker Alami untuk Wajah Kusam yang Bisa Dibuat di Rumah Moms

3. Mentimun dan lidah buaya

Selain untuk masker mata, mentimun juga bisa digunakan untuk masker wajah jika dicampurkan dengan lidah buaya. Lidah buaya sendiri memiliki banyak kandungan mineral, asam amino, dan vitamin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan anti inflamasi.

Cara membuat masker dari mentimun dan lidah buaya cukup mudah. Moms tinggal mencampurkan kedua bahan tersebut lalu membalurkan pada wajah. Tunggu hingga masker di wajah mengering, lalu Moms tinggal membilasnya dengan air.

4. Minyak zaitun

Bagi Moms yang memiliki minyak zaitun, Moms bisa langsung mengoleskannya pada wajah yang sudah dibersihkan. Minyak zaitun memang terkenal bisa melembapkan kulit, jadi Moms bisa menggunakannya secara rutin.

Selain langsung dioleskan, Moms juga bisa mengkombinasikan minyak zaitun dengan lemon, madu, atau kopi. Pilih salah satu bahan tersebut, campurkan dengan minyak zaitun, lalu balurkan pada wajah.

BACA JUGA: Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok, Kering, dan Bercabang

5. Pepaya

Untuk pembuatan masker kulit kering, pepaya bisa dipadukan dengan madu dan perasan lemon. Cara pembuatannya yaitu:

  • Menyiapkan pepaya matang 100 gram, madu 1/2 sendok teh, perasan air lemon ½ sendok teh.
  • Mencampurkan ketiga bahan menjadi satu lalu membalurkan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Mendiamkan masker selama kurang lebih 10 menit. Sesudah itu Moms tinggal membersihkannya dengan air bersih. Masker hanya didiamkan selama 10 menit karena ada perasan air lemon yang bisa membuat kulit iritasi jika didiamkan dalam waktu lama.

Mudah kan Moms? Pepaya juga bisa digunakan untuk masker kulit berminyak, tapi dengan campuran air jeruk. 

Setiap perpaduan bahan menghasilkan efek yang berbeda Moms, jadi jangan asal mencampurkan bahan untuk masker wajah. Moms sebaiknya menggunakan bahan yang sudah teruji seperti penjelasan di atas.

Leave a Comment

%d bloggers like this: