Masalah kulit kusam, sepertinya menjadi salah satu masalah yang tidak kunjung selesai bagi para wanita ya Moms? Biarpun sudah coba diatasi, tetapi terkadang masalah kulit satu ini datang kembali seperti enggan pergi. Apabila Moms merasakan hal yang sama, masker kopi dan susu bisa membantu mengatasinya.

Masker satu ini meskipun sederhana, tetapi manfaatnya benar-benar terasa dan sudah tidak perlu diragukan lagi. Penasaran seperti apa resep masker yang ampuh tersebut? Pilihan resep dan cara membuatnya bisa dilihat di bawah ini Moms.

1. Masker Kopi, Coklat, Yoghurt dan Susu

Kombinasi ke 4 bahan ini merupakan exfoliator yang sempurna. Bagaimana tidak, kopi akan mengangkat sel kulit mati dari luar, sementara ketiganya dari dalam. Hal ini berkat kandungan, hidroksi alpha dan antioksidan yang cukup tinggi.

Antara susu dan yoghurt mungkin sedikit sulit dibedakan dari tampilannya. Jadi, menggunakan wadah yang berbeda warna bisa membantu. Berikut resep masker kopi, coklat, yoghurt dan susu selengkapnya :

  • 4 sdm kopi murni
  • 6 sdm plain yoghurt
  • 4 sdm bubuk coklat murni
  • Susu murni secukupnya

Untuk membuat masker ini, cukup campurkan semua bahan kecuali susu,dan aduk hingga rata. Setelah semuanya tercampur, baru masukan susu sampai masker tidak terlalu encer dan tidak terlalu padat. Agar efek samping masker kopi dan ketiga bahan lain terasa, gunakan langsung masker setelah dibuat.

2. Masker Kopi dan Susu

Masker Kopi dan Susu
Masker Kopi dan Susu

Moms, jika di rumah tidak ada bahan-bahan yang lain, masker kopi dan susu saja juga bisa kok membantu mencerahkan kulit. Efek tekstur yang diberikan oleh kopi, akan membantu mengangkat kulit mati, sehingga kulit yang baru dan cerah akan terlihat. Sementara kopi akan membuat kulit lebih halus dan lembut.

Untuk membuatnya Moms cukup mencampurkan 3 sdm bubuk kopi murni dan susu murni secukupnya. Oleskan masker ke wajah yang sudah dibersihkan, dan diamkan selama 20 menit.

BACA JUGA: Resep dan Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Cerah dan Glowing

3. Masker Kopi, Susu, Gandum dan Madu

Masker satu ini cocok untuk Moms yang memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi. Gandum dan madu akan menjaga kulit agar tidak memerah karena sensitif. Akan tetapi, meskipun baik bagi kulit, tetap saja tidak baik masker kopi setiap hari digunakan ya Moms.

Bahan untuk membuatnya terdiri dari 1 sdm kopi bubuk, dan ½ sdm sus , 2 sdm gandum,1 sdm madu. Cara membuatnya mudah, cukup campurkan semua wadah sampai merata, oleskan ke wajah dan tunggu 20 menit. 

4. Masker Kopi Minyak Zaitun

Masker kopi dan minyak zaitun bisa melembutkan kulit sekaligus memiliki efek exfoliation. Supaya masker ini bekerja dengan baik, sebaiknya wajah sambil dipijat secara perlahan. Pijatan dilakukan paling tidak 3-5 menit sebelum akhirnya didiamkan selama 20 menit agar hasilnya maksimal.

Itu dia Moms, beberapa resep masker yang baik untuk mengatasi kulit kusam. Semua masker di atas, aman untuk dicoba loh karena bahan-bahannya yang alami. Hanya saja untuk yang memiliki kulit sensitif pilihan masker ke 3 akan lebih baik, kombinasinya akan memberikan hasil yang tidak jauh dari manfaat masker kopi dan jeruk nipis.

Seperti yang kita tahu, masker kopi dan jeruk nipis mengandung asam yang cukup tinggi. Asam ini kurang baik bagi Moms yang memiliki kulit sensitif. Semoga resep di atas bisa membantu mengatasi masalah kulit kusam yang dihadapi ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: