Selama hamil, apakah Moms mengalami masalah kulit wajah? Permasalahan kulit wajah ini bisa Moms atasi dengan menggunakan krim wajah untuk ibu hamil. Tetapi, perlu Moms ingat bahwa saat dalam kondisi hamil, Moms harus berhati-hati dalam menggunakan krim wajah. Hal ini karena tidak semua krim wajah yang beredar di Indonesia diklaim aman untuk ibu hamil.

Penggunaan Krim Malam yang Aman untuk Ibu Hamil

Agar kehamilan yang Anda jalani tidak berakibat fatal untuk janin mengecek penggunaan skincare bisa Moms lakukan agar tidak ada kandungan bahan yang berbahaya. Meskipun begitu, Moms tetap bisa menggunakan produk perawatan wajah selama hamil dengan bahan-bahan yang diklaim aman untuk ibu hamil. 

Krim malam menjadi salah satu produk perawatan wajah yang biasanya memiliki kandungan bahan aktif lebih tinggi dibandingkan dengan krim pagi. Hal ini karena biasanya krim pagi juga dilengkapi dengan kandungan tabir surya untuk melindungi wajah. Sedangkan pada krim malam, kandungan bahan aktif memiliki tujuan mengatasi permasalahan kulit tertentu. Nah, untuk mempermudah Moms dalam menggunakan krim malam, berikut panduan menggunakan krim malam yang aman untuk ibu hamil.

Hindari Menggunakan Produk Anti Aging

Krim Wajah untuk Ibu Hamil
Krim Wajah untuk Ibu Hamil

Produk anti aging banyak ditemukan di beberapa jenis produk perawatan wajah, termasuk kandungan antiaging pada krim malam. Bahan skincare yang biasanya digunakan untuk produk antiaging adalah retinoid dan turunannya.

Penggunaan retinoid memang diklaim dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan mencegah penuaan dini. Akan tetapi penggunaannya sebagai krim wajah tentu saja tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan retinoid akan masuk ke dalam kulit dan menimbulkan efek buruk pada perkembangan janin.

Ada baiknya Moms menghindari kandungan retinoid yang ada pada produk perawatan wajah. Jika Moms menggunakan krim antiaging, pastikan bahwa krim tersebut diklaim aman untuk ibu hamil dan mengandung bahan alami yang diklaim dapat mengatasi tanda-tanda penuaan.

Hindari Menggunakan Produk Pemutih Wajah

Siapa yang tak ingin kulit wajah lebih putih dan tidak terlihat kusam? Dengan menggunakan skincare pemutih bisa membuat tone kulit wajah menjadi meningkat. Meskipun beberapa bahan pemutih kulit diklaim aman untuk ibu hamil, Moms tetap harus waspada pada penggunaan hidroquinone dan merkuri yang biasanya terdapat pada krim pemutih wajah.

Penggunaan hidroquinone dan merkuri pada krim wajah tidak hanya berbahaya untuk ibu hamil saja. Meski terdapat ambang batas minimal, penggunaan bahan ini dapat merusak jaringan kulit.

Nah, jika Moms ingin menggunakan krim pemutih wajah, ada baiknya Moms menggunakan bahan alami atau kandungan skincare yang diklaim aman untuk ibu hamil. Beberapa kandungan yang diklaim aman untuk ibu hamil adalah niacinamide dan licorice extract.

BACA JUGA: Cara Memilih Cream Wajah Ibu Hamil yang Aman Digunakan

Hindari Menggunakan Produk untuk Kulit Berjerawat

Skincare untuk mengatasi jerawat juga perlu Moms hindari selama hamil. Hal ini karena adanya kandungan salicylic acid ataupun benzoyl peroxide yang membahayakan janin Moms.

Meskipun Moms mengalami jerawat yang tidak seperti biasanya saat hamil, Moms tetap harus menghindari produk antiacne dan rutin membersihkan dan merawat wajah agar jerawat tidak menjadi semakin banyak. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon saat hamil yang menyebabkan jerawat meradang dan berkembang lebih banyak. Seiring bertambahnya usia kehamilan, jerawat akan menghilang dengan sendiri meski tidak Moms obati.

Nah, sudah tidak ragu lagi kan Moms menggunakan krim wajah selama masa kehamilan? Agar janin tetap sehat dan berkembang dengan baik, Moms bisa menggunakan produk yang diklaim aman digunakan selama kehamilan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: