Gendongan bayi kaos alias geos adalah inovasi yang sangat bermanfaat bagi para ibu yang baru punya anak. Di saat gendongan pada umumnya harus diikat untuk menahan berat badan anak, jenis ini jauh lebih praktis. Tidak heran jika para ibu zaman sekarang kepincut dengan jenis gendongan modern yang satu ini.

Dulu, gendongan identik dengan kain selendang yang diikat di bahu atau punggung. Namun cara itu dinilai cukup berisiko, karena jika simpul ikatan yang dibuat tiba-tiba lepas maka bisa membahayakan bayi. Untuk alasan itulah gendongan jenis ini instan dibuat bagi para ibu di luar sana.

Kelebihan Gendongan Bayi Kaos Dibanding yang Lain

Gendongan ini terbuat dari bahan kaos, sesuai namanya. Jadi bahannya lebih elastis dan sejuk untuk si kecil. Bisa dibilang ini adalah jenis gendongan yang paling banyak dicari belakangan ini.

Meski elastis, namun bahannya tetap awet dan tidak mudah melar. Jadi, pas sekali bagi Moms yang memang suka berinvestasi pada satu barang untuk jangka waktu yang lama. Setidaknya gendongan ini tetap bisa digunakan sampai si kecil sudah bisa berjalan dan mandiri.

Kelebihan gendongan ini, pertama karena praktis dan kedua karena dari segi harga sangat terjangkau dan ada banyak merek yang tersedia di pasaran. Desainnya sederhana, meski secara ukuran tidak terlalu besar seperti kain selendang. Pasalnya, gendongan kaos memang diutamakan untuk bayi baru lahir hingga beberapa bulan.

Tidak seperti gendongan kain biasa, Moms perlu memilih ukurannya mulai dari S hingga XL. Ini tergantung dari postur tubuh Moms sendiri dan besar tubuh bayinya. Maka dari itu saat membeli pastikan melihat panduan ukurannya terlebih dahulu.

BACA JUGA: Ketahui Bahaya Gendongan Bayi Depan Moms!

Cara Menggunakan Gendongan Kaos

 Gendongan Bayi Kaos
Gendongan Bayi Kaos

Gendongan kaos hadir dalam berbagai warna sehingga Moms tidak perlu khawatir soal pilihan. Yang terpenting adalah gendongan ini sangat mudah digunakan. Bentuknya yang seperti sarung, alias kedua ujung dijahit, membuat Moms tinggal mengalungkannya di bahu.

Saat menggendong dengan gendongan kaos, bayi bisa diposisikan menyamping atau duduk tegak, tergantung usianya. Jika si kecil mulai bisa menyangga kepalanya sendiri, maka cobalah posisi duduk sesekali. Gendongan bayi kaos panjang biasanya cocok untuk ibu yang baru belajar menggendong karena ini sangat aman.

Memilih Sesuai Tujuan Penggunaan

Sebenarnya semua jenis gendongan punya fungsi yang sama. Moms bisa menggendong anak sambil leluasa melakukan kegiatan lainnya. Oleh karena itu, setiap jenis gendongan pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung tujuan penggunaannya.

Misalnya, gendongan kaos lebih praktis digunakan menggendong sambil menyuapi anak. Sedangkan gendongan bayi samping cocok untuk para ibu yang ingin menyusui anaknya. Kedua hal tersebut tentu akan sulit dilakukan jika Moms menggunakan gendongan ransel.

Di luar itu, harus diakui bahwa harga gendongan bayi kaos ini relatif murah. Mulai dengan dana Rp70.000, Moms sudah mendapat satu set gendongan kaos yang bagus. Beberapa merek terkenal pun punya variasi gendongan jenis ini, seperti Dialogue misalnya.

Dibandingkan dengan harga gendongan bayi Dialogue jenis lain, gendongan kaos sedikit lebih terjangkau. Umumnya dijual dengan harga Rp90.000 sampai Rp100.000. Ini tentu menjadi nilai tambah, karena Moms memiliki opsi gendongan berkualitas bagus tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

BACA JUGA: Rekomendasi Gendongan Bayi Kain yang Ergonomis dan Sehat untuk si Kecil

Gendongan Kaos untuk Moms yang Tidak Suka Ribet

Beberapa merek mencoba menambahkan kantong pada gendongan kaos untuk meletakkan botol bayi. Selain itu meski kebanyakan gendongan kaos berwarna monoton, ada pula yang lebih ramai dengan motif-motif. Biasanya itu adalah gendongan dengan merek Dialogue.

Kesimpulannya, memilih gendongan mungkin terdengar seperti tidak terlalu penting. Padahal sebenarnya ini perlu menjadi perhatian khusus, karena menyangkut kenyamanan si kecil saat bersama Moms. Saat memilih gendongan bayi kaos, perhatikan kualitas bahan kaosnya, elastisitasnya dan ukurannya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: