Moms melahirkan biasanya diikuti oleh rambut rontok. Akibatnya ketika sedang menyusui rambut terlihat lebih tipis dibanding sebelumnya. Oleh karena itu cara menebalkan rambut ibu menyusui harus diketahui bahkan sebelum kehamilan datang. 

Akan tetapi tidak semua Moms mengetahui cara tersebut. Sehingga rambut rontok saat menyusui dianggap hal wajar yang tidak perlu dicarikan jalan keluar. Ini yang membuat tampilan rambut pasca melahirkan tidak lagi menarik. 

Nah atas dasar hal tersebut, berikut dijelaskan cara menebalkan rambut untuk ibu menyusui. Tips alami yang lebih aman dibandingkan memakai sampo penebal rambut kimia. ini dia penjelasannya.

Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Cara yang pertama adalah mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. Kandungan ini tidak hanya terdapat pada sea food tetapi juga banyak ditemukan pada sayuran hijau. Oleh sebab itu, silakan konsumsi sayuran jika ingin memiliki rambut tebal. 

Makanan berprotein tinggi bagus untuk rambut karena senyawanya ideal. Di antaranya ialah memiliki kandungan vitamin E, Kalsium dan zat besi yang dianggap bagus untuk sel kulit rambut. 

Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Sejatinya mengikat rambut tidak dianjurkan. Sebab, ikatan rambut membuat akar rambut tertekan bahkan tertarik. Ini yang menyebabkan rambut mudah rontok terutama untuk Moms yang sedang menyusui. 

Usahakan tidak mengikat rambut dengan sangat kencang. Supaya tidak terjadi penarikan folikel rambut yang membuat rambut menjadi patah dan rusak. Oleh sebab itu, jika ingin rambut tebal hati-hati ketika mengikat rambut ya Moms!

BACA JUGA: Terpopuler! Gaya Rambut Pendek Ibu Hamil, Bikin Moms Makin Modern

Gunakan Vitamin Rambut 

Cara menebalkan rambut ibu menyusui yang ketiga adalah gunakan vitamin rambut. Sekalipun pasca menyusui Moms malas untuk beraktivitas, minimal untuk rambut harus tetap diberikan perawatan yang bagus. Karena ini berhubungan dengan kesehatannya serta membuat rambut lebih tebal. 

Cara Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Lurus

Jika Moms menyusui rambutnya sudah tebal, tetapi rambut bayi malah tipis dan ikal, terapkan cara agar rambut bayi tumbuh lebat dan lurus berikut. List-nya sama dengan cara menebalkan rambut untuk ibu menyusui cuma ada beberapa tambahan saja. Ini dia penjelasannya:

  • Keramas Menggunakan Air Dingin

Cara yang pertama adalah keramas menggunakan air dingin. Ini untuk meningkatkan relaksasi pada sel rambut supaya melakukan penumbuhan rambut secara alami sesuai genetis-nya. Biasanya cara ini berhasil untuk bayi yang secara genetika tidak memiliki riwayat rambut keriting. 

Caranya jika sudah keramas, sisir menggunakan jari Moms. Pastikan rambut yang ikal dipisahkan dengan lembut supaya bisa disisir dengan teratur. Namun sebelumnya diamkan rambut bayi supaya mengering secara alami. 

  • Lakukan Pemotongan Rambut Berkala

Jika ingin rambut bayi lebih lurus dan lembut lakukan pemotongan rambut berkala. Karena jika rambut ikal dipangkas terus menerus, ternyata memicu perubahan tekstur rambut pada pertumbuhan selanjutnya. 

Memang belum ada penjelasan secara medis tetapi faktanya sering terjadi. Bahkan pemotongan rambut berkala pelurus rambut bayi ini sudah dilakukan dari jaman dulu. Maka dari itu, jangan segan Moms untuk juga melakukannya ya!

  • Melembabkan Rambut Bayi

Cara yang terakhir ialah melembapkan rambut bayi. Biasanya rambut bayi terlihat ikal jika kondisinya sedang kering. Maka dari itu, solusinya ialah pastikan kulit kepala selalu lembap dengan cara memineralisasi secara alami. 

Caranya bermacam-macam di antaranya dengan memijat kulit kepala bayi. Pijatan yang dilakukan akan merangsang sel kulit untuk merevitalisasi dirinya dengan maksimal. Sehingga mineral yang dihasilkan lebih banyak dan ideal untuk membuat kulit kepala terus lembap. 

Cara menebalkan rambut ibu menyusui maupun meluruskan rambut bayi yang ikal adalah satu paket. Semuanya harus diterapkan Moms secara berkelanjutan minimal dari menyusui hingga bayi berusia balita. Jika anak sudah dewasa, maka perawatan rambutnya menggunakan cara berbeda. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: