Bibir kering pecah pecah adalah masalah yang membuat organ ini tidak lagi terlihat cantik dan menarik. Tak hanya itu bibir pecah-pecah juga bisa menimbulkan rasa nyeri jika bersentuhan dengan makanan bersuhu hangat. 

Akibatnya karena bibir kering Moms harus menghentikan kebiasaan makan makanan yang disuguhkan dalam keadaan hangat seperti bakso, soto, mie ayam dan lain-lain. Cukup menyiksa, ya, Moms!

Maka dari itu, berikut ini akan dijelaskan penyebab terjadinya bibir kering atau pecah-pecah. Sehingga Moms bisa menjauhinya agar bibir tetap sensual dan indah. Ini dia penyebab yang dimaksud:

Suka Menjilat Bibir

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang pertama dan yang paling tidak disadari adalah kebiasaan menjilat bibir yang dilakukan saat bibir kering akibat cuaca yang panas. Hal ini sangat tidak bagus karena justru membuat bibir kering semakin kronis. 

Lidah adalah organ mulut yang menyimpan banyak bakteri di dalamnya. Jika bakteri ini bersentuhan dengan bibir kering maka dia akan terus menempel sehingga kekeringannya tidak juga hilang malah semakin ekstrem. 

Oleh sebab itu jika ingin mendinginkan bibir jangan basahi dengan lidah tetapi perbanyak mengonsumsi air putih. Minimal delapan gelas setiap hari sesuai kebutuhan. 

Paparan Sinar UV Matahari

Penyebab yang kedua adalah paparan sinar UV matahari yang langsung bersentuhan dengan kulit bibir. Maka dari itu jika ini tidak ingin terjadi lebih baik gunakan masker ketika bepergian. 

Minimal oleskan lip balm sebelum keluar rumah di siang hari. Ini untuk mengurangi paparan sinar UV menyerang bibir karena di dalam produk tersebut sudah ada senyawa tabir surya anti UV. 

Terbiasa Makan Makanan yang Panas

Penyebab bibir kering yang ketiga adalah terbiasa makan makanan yang panas. Yang mana kebiasaan ini bisa mengurangi kadar mineral yang ada di dalam pori-pori kulit bibir. 

Sehingga kulit bibir menjadi kering yang apabila dibiarkan ukurannya akan semakin tips yang berpotensi menimbulkan bibir pecah-pecah. Jika ini yang terjadi Moms juga bakal merasakan nyeri dan perih yang luar biasa loh! 

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas Secara Alami

bibir kering pecah-pecah
bibir kering pecah pecah

Jika bibir kering dan pecah-pecah sudah kadung terjadi maka segeralah diobati sebelum masalahnya bertambah parah. Pastikan Moms mengobatinya dengan obat yang tepat serta tidak akan menimbulkan efek samping yang lebih berbahaya. 

Untuk mengobati bibir kering yang aman solusinya adalah mengoleskan cream bibir berbahan alami. Selain ampuh mengembalikan kelembaban bibir juga mencegah organ ini mengalami iritasi dan radang. Ini dia cream alami tersebut:

Minyak Kelapa

Krim alami untuk mengobati bibir kering yang pertama adalah minyak kelapa. Coconut oil ini mengandung antioksidan sekaligus pro mineralisasi yang akan membantu meningkatkan kelembapan bibir. 

Selain itu minyak hasil ekstraksi buah kelapa ini juga mampu melindungi bibir dari peradangan atau inflames. Karena di dalamnya juga ada zat yang berperan sebagai anti inflamasi yang ideal.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Lip Gloss Lokal yang Bikin Penampilan Makin Segar

Irisan Mentimun

Irisan mentimun juga bisa dijadikan cream untuk mengatasi bibir kering. Caranya adalah dengan mengoleskan mentimun pada bibir yang bermasalah. 

Buah mentimun sendiri memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Sehingga dengannya bakteri dan jamur tidak berani untuk meng-iritasi kulit bibir. 

Ramuan Lemon Dan Madu

Lemon dan madu juga bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi bibir kering. Caranya dengan mencampurkan keduanya lalu ditambahkan sedikit air. 

Jika sudah sedikit kental baru dioleskan pada bibir yang bermasalah. Selanjutnya diamkan selama 10 menit baru akhiri dengan pembilasan menggunakan air bersih. 

Bibir kering pecah pecah sangat berpotensi merusak penampilan dan kecantikan wajah. Maka dari itu, penyebabnya harus dihindari dan jika sudah kadung dialami obati secepatnya dengan obat yang tepat. 

Meta Deskripsi: Mengatasi bibir kering pecah pecah sejatinya sangatlah mudah. Karena cukup menjauhi penyebab-penyebabnya serta mengoleskan cream alami pada bibir kering dengan teratur. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: