Bibir kering dan perih menjadi satu masalah yang menyangkut kecantikan dan kesehatan. Terlebih buat para Moms yang ingin tampil dengan bibir segar merona, kondisi kering dan pecah tentu sangat mengganggu penampilan. Sebenarnya selain masalah kecantikan, hal paling penting yang juga perlu Moms waspadai adalah soal kesehatan.

Kondisi bibir yang kering dan mengelupas bisa jadi indikasi awal kurangnya jenis vitamin tertentu pada tubuh Moms. Kekurangan vitamin ini akan memberikan efek kesehatan yang lain jika tidak segera ditangani. Kenali penyebab masalah bibir pada orang dewasa dan temukan solusi masalah tersebut.

BACA JUGA: Yuk, Cari Tahu! Memilih Klinik Kecantikan Terpercaya dan Aman

Penyebab Bibir Kering dan Perih yang Paling Umum Terjadi

Penyebab bibir kering dan perih dapat terjadi akibat berbagai hal. Masalah yang paling sering terjadi adalah kondisi cuaca yang ekstrim membuat kulit bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang sedang berada di tanah suci karena kondisi perubahan cuaca. Tak harus di Mekkah, di sebagian kawasan tropis seperti Indonesia pun hal ini sangat mungkin terjadi.

Penyebab lain bisa berasal dari paparan zat kimia lipstik yang tidak ramah kulit. Menggunakan jenis lipstik yang mengandung merkuri dapat menyebabkan bibir hitam, perih hingga luka-luka setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Moms perlu memastikan komposisi lipstik yang dipakai ramah kulit dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Bibir terlihat kering hingga perih juga sangat mungkin terjadi karena kondisi dehidrasi. Tanda-tanda dehidrasi secara fisik bisa dilihat dari kondisi bibir yang kering, mengelupas dan terlihat rendah kelembabannya. Jika kondisi ini yang terjadi, menggunakan pelembab bibir saja tidak cukup tetapi harus dibantu dengan asupan cairan tubuh yang cukup agar kulit lembab dari dalam.

Bibir kering dan perih juga mengindikasikan kurangnya asupan jenis vitamin tertentu pada tubuh. Bila Moms mengalami bibir dalam kondisi yang kering, perih atau pecah-pecah menandakan tubuh kekurangan asupan vitamin B, B3, B6, dan zat besi. Komposisi nutrisi harian Moms bisa ditinjau kembali apa memang kurang dengan komposisi vitamin tersebut.

BACA JUGA: Ini Moms Cara Mengatasi Bibir Kering dan Berdarah yang Ampuh

Cara Mengatasi Bibir Kering, Perih, dan Pecah-Pecah

Bibir Kering dan Perih
Bibir Kering dan Perih

Bila bibir terasa kering, perih hingga pecah-pecah kondisinya, cara yang paling umum dilakukan orang adalah menggunakan cairan pelembab bibir. Ada juga yang berbentuk jelly untuk membantu melembabkan kulit bibir.

1. Lakukan Perawatan Luar

Mungkin Moms pernah dengar cara mengatasi bibir kering dengan pasta gigi, benarkah hal ini bisa dilakukan? Penting diketahui, kandungan fluoride dan kalsium yang ada pada pasta gigi memang membantu membersihkan dan memutihkan gigi, tetapi hal ini tidak berlaku jika diaplikasikan pada kulit bibir. Kondisi merah pada bibir tidak akan permanen justru dapat kering dan pecah-pecah.

Lakukan perawatan luar dan dalam untuk membantu melembabkan kulit bibir dalam jangka panjang. Secara luar Moms bisa menggunakan bahan alami seperti madu, gula pasir, dan minyak alami seperti zaitun. Lakukan eksfoliasi menggunakan lips scrub yang dapat membantu mengganti lapisan sel kulit mati pada permukaan bibir.

2. Lakukan Perawatan Dalam

Cara mengatasi bibir pecah-pecah dan kering yang paling baik adalah dengan melakukan perawatan dari dalam. Cukupi kebutuhan cairan tubuh Moms setiap hari. Konsumsi buah, sayur dan air putih untuk membantu menjaga kondisi kelembaban kulit secara alami. Kondisi kulit kering di bibir bisa terjadi disebabkan karena kelembaban kulit tubuh yang rendah.

Bibir kering dan perih mungkin hal biasa yang Moms alami. Namun, jika hal ini terus-terusan terjadi dan Moms anggap sebagai hal biasa, jelas akan mengganggu penampilan dan membuat Moms nantinya tidak percaya diri. Kebiasaan menjilat bibir dan membasahinya dengan air bukan cara bijak yang perlu dipertahankan. Cukupi nutrisi dan lakukan perawatan luar.

Leave a Comment

%d bloggers like this: