Pernah mengalami bibir kering dan kaku? Tentunya mengganggu penampilan Moms di depan publik, bukan? Apalagi jika harus tampil di depan banyak orang seperti arisan, workshop dan sejenisnya. Kondisi bibir akan jadi sorotan mata yang memandang. Atasi masalah bibir kering, kaku hingga pecah-pecah dengan cara yang tepat. Bibir yang sehat akan membuat penampilan Moms lebih cantik.

Masalah bibir kering jika terjadi di suatu tempat dengan iklim yang ekstrim mungkin hal yang biasa yang bisa diantisipasi sebelum. Namun, jika persoalan bibir kering ternyata jadi masalah sehari-hari yang Moms alami, sebaiknya melakukan perawatan dari dalam sebab bisa jadi persoalannya memang masalah nutrisi yang tidak seimbang.

BACA JUGA: Ini Moms Cara Mengatasi Bibir Kering dan Berdarah yang Ampuh

Penyebab Bibir Kering dan Kaku, Ketahui Masalah Utamanya

Masalah bibir kering sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Efeknya sama-sama membuat penampilan kurang baik. Bagi wanita tentu sudah tidak asing lagi dengan masalah ini dan umumnya sudah tahu bagaimana cara mengatasi bibir kering. Namun, bagaimana dengan kaum pria? Apakah suami Moms pernah mengalami masalah bibir ini.

Penyebab masalah bibir pada wanita maupun pria bisa jadi sama, bahkan wanita memiliki risiko yang lebih tinggi karena sering kontak dengan bahan kimia dari lipstik yang dipakai. Bagi pria yang juga menggunakan lipstik untuk kebutuhan tertentu juga tetap memiliki risiko yang sama.

Kandungan bahan kimia seperti merkuri dalam lipstik selain membuat bibir hitam juga berefek membuat kering, kaku hingga pecah-pecah.

Bibir kering selain disebabkan karena kondisi cuaca juga bisa diakibatkan kekurangan vitamin tertentu yakni B3, B6 hingga kalsium. Keadaan tubuh yang mengalami dehidrasi selama beraktivitas seharian juga dapat menyebabkan penampilan bibir Moms terlihat kering.

Saat berkendara dengan kondisi angin yang kencang dan bibir yang tidak menggunakan pelembab juga rentan membuat bibir kering dan kaku. Para pria mungkin bisa mengalami hal ini. Cara mengatasi bibir kering pada pria pada dasarnya hampir sama dengan wanita, walaupun sensitivitas kulit wanita lebih tinggi dibanding pria.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Bibir Kering dan Perih, Perawatan yang Moms Perlu Tahu

Cara Mengatasi Bibir Kering, Kaku, dan Pecah-Pecah

Bibir Kering dan Kaku
Bibir Kering dan Kaku

Cara mengatasi masalah bibir kering dan kaku yang paling banyak dilakukan orang adalah menggunakan pelembab. Pelembab sintetis banyak dijual di pasaran dan bisa Moms gunakan secara lebih praktis. Namun, jika kondisi sudah sangat parah, ada baiknya menggunakan pelembab alami seperti madu atau minyak zaitun yang lebih aman bagi kulit sensitif.

Selain melakukan perawatan luar, hal paling penting yang perlu Moms lakukan adalah menjaga asupan cairan tubuh agar kelembaban alami kulit bisa terjaga. Konsumsi air putih yang cukup, sayur dan buah-buahan.

Bila ingin menggunakan lipstik, pilihlah jenis lipstik yang aman secara komposisi. Hindari jenis lipstik yang dengan bahan kimia berbahaya seperti timbal atau merkuri. Bila saat ini bibir Moms mengalami masalah karena lipstik yang dipakai, segera hentikan pemakaiannya.

Moms bisa memilih menggunakan madu agar terlihat lebih lembab alami sekaligus memunculkan kesan warna merah yang lebih segar.

Cairan alami seperti madu juga bisa berfungsi sebagai obat bibir kering dan kaku. Kondisi bibir yang sedang bermasalah sedikit demi sedikit akan teratasi dengan bahan alami tersebut.

Lakukan juga olahraga secara rutin untuk membantu kondisi tubuh lebih segar dan fit. Membawa air putih kemana Moms pergi mungkin dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Kondisi kulit yang kering umumnya disebabkan karena cairan tubuh yang kurang, kelembaban alami kulit yang bermasalah.

Jangan anggap remeh kondisi bibir kering dan kaku, segera temukan masalahnya dan carilah bahan terbaik untuk bisa memulihkan kondisi bibir Moms kembali. Kenali kulit Moms, rawatlah sebagai ungkapan syukur.

Leave a Comment

%d bloggers like this: