Moms mengalami masalah bibir kering dan berdarah yang tak kunjung usai dan menimbulkan rasa sakit? Terdapat banyak penyebab yang membuat bibir menjadi kering dan membuat rasa perih yang tidak nyaman. Bahkan, dalam beberapa kasus kondisi bibir kering ini sudah sangat parah sehingga menimbulkan luka pada bibir. 

Beberapa penyebabnya diantaranya ialah kurang minum air putih, cuaca yang panas, kebiasaan merokok hingga efek penggunaan bahan kimia. Jika Moms mengalami masalah bibir kering, maka makanan pun tidak bisa sembarangan dikonsumsi. Salah memilih makanan justru akan membuat bibir semakin perih dan bibir menjadi luka. 

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Panas

Kondisi bibir kering dan panas biasanya dialami oleh orang yang tidak mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Untuk menjaga kondisi bibir yang sehat dan lembab, Moms harus rutin mengonsumsi air putih. Lakukan berbagai cara untuk mengembalikan kondisi bibir menjadi normal kembali. Berikut ini adalah langkah dan cara mengatasi bibir kering dan panas yang ampuh. 

Menggunakan Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki sejuta manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Moms bisa memanfaatkan madu alami sebagai perawatan bibir kering alami setiap malam. Selain dapat melembabkan bibir secara alami, madu juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk kesehatan tubuh. 

Gunakan Lipstik yang Aman

Bibir Kering dan Berdarah
Bibir Kering dan Berdarah

Tentu Moms tidak bisa lepas dari penggunaan lipstik dengan berbagai warna untuk membuat penampilan menjadi lebih menarik. Namun, Moms tetap harus memperhatikan kandungan lipstik yang aman digunakan. Kandungan alkohol yang terlalu tinggi pada lipstik dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah pecah. Pilihlah lipstik yang aman dan memberikan efek lembab di bibir. 

BACA JUGA: Begini Ternyata Cara Mengatasi Bibir Kering. Perlu Kesabaran Ketika Melakukannya

Lakukan Scrub Bibir

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas selanjutnya adalah dengan rutin melakukan scrub pada bibir. Scrub yang rutin dapat mengangkat sel sel mati yang ada pada bibir dan menggantinya dengan yang baru. Hal ini dapat membuat bibir menjadi lebih lembab dan menjadi lebih halus, Moms bisa menggunakan madu dan gula sebagai scrub alami. 

Menggunakan Lipbalm

Saat ini salah satu jenis lipstik yang disukai ialah lipstick matte yang tahan lama dan tidak mudah luntur. Untuk menghindari efek penggunaan lipstik matte yang dapat membuat bibir kering, Moms harus menggunakan lip balm. Jangan pernah melewatkan penggunaan lip balm sebelum menggunakan produk lipstik lainnya untuk membuat bibir semakin sehat. 

Jangan Menggigit Bibir

Penyebab bibir kering dan hitam yang sering tidak disadari ialah menggigit bibir terlalu sering. Kebiasaan ini ternyata memiliki dampak buruk terhadap kesehatan bibir dan membuat bibir menjadi kering. Untuk mencegah kesehatan bibir semakin buruk, kurangi kebiasaan menggigit bibir ini ya Moms. 

BACA JUGA: Masalah Bibir Kering pada Bayi, Begini Moms Cara Mengatasinya

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Tidak hanya merawat kesehatan bibir dari luar, merawat bibir juga harus diperhatikan dari dalam dengan memilih makanan. Untuk mengatasi bibir kering dan perih, tingkatkan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B dan zat besi. Jika kondisi bibir sudah cukup parah, Moms bisa mengonsumsi berbagai multivitamin setiap hari. 

Apakah Moms juga memiliki masalah bibir kering dan berdarah dan sudah mulai resah dengan kondisi ini? Jangan lupa untuk ikuti berbagai cara menjaga kesehatan bibir yang sudah dijelaskan dalam artikel ini. Dengan menjaga kesehatan dan mengurangi kebiasaan buruk, bibir akan selalu lembab dan terhindar dari kondisi kering sehingga selalu dalam keadaan lembab.

Leave a Comment

%d bloggers like this: