Beras merah adalah salah satu sumber karbohidrat yang diklaim lebih bergizi dibanding dengan jenis karbohidrat yang lain. Beras merah mengandung vitamin dan mineral yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain untuk kesehatan, banyak orang yang menyadari manfaat beras merah untuk kecantikan karena biji-bijian ini mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Berikut ini beberapa manfaat beras merah organik untuk perawatan kecantikan. 

Menjaga Kelembaban Alami Kulit

Beras merah mengandung kolagen yang tinggi, sehingga bisa digunakan untuk menjaga kelembaban alami kulit. Kolagen ini membantu kulit agar tetap lembab namun tidak berminyak. Rutin menggunakan beras merah bisa membantu kulit menjadi lebih lembab. Masker beras merah ini bisa digunakan oleh orang yang mempunyai kulit berminyak maupun kulit kering. 

Membersihkan Wajah

Eksfoliasi adalah salah satu cara untuk membersihkan wajah hingga ke pori-pori. Sebelum moms menggunakan scrub wajah berbahan kimia, beras merah juga bisa digunakan untuk eksfoliasi wajah. Moms bisa menumbuk beras merah hingga halus. kemudian campur dengan madu dan oleskan pada wajah. Diamkan selama beberapa saat hingga kering. Scrub beras merah ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati, komedo, dan juga kotoran yang menyebabkan kulit terlihat kusam. 

BACA JUGA: 6 Manfaat Masker Kopi Hitam untuk Kecantikan

Mencegah Penuaan Dini

Beras Merah Mengandung Vitamin
Beras Merah Mengandung Vitamin

Air beras putih mempunyai manfaat yang sama dengan air beras putih. Beras merah juga membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen ini sangat dibutuhkan kulit agar teksturnya tetap lembab. Selain itu, beras merah juga mengandung selenium yang bermanfaat untuk mencegah inflamasi pada kulit serta mencegah peradangan dan kerusakan pada kulit. Rutin menggunakan masker beras merah bisa membuat kulit menjadi kencang, lembab, kenyal, dan juga bebas dari tanda penuaan dini. 

Mencerahkan Kulit Secara Alami

Banyak orang yang mendambakan kulit putih alami. Sebelum moms menggunakan bahan pemutih wajah yang berbahaya, tidak ada salahnya bila mencoba perawatan dengan beras merah. Beras merah mengandung zat gamma-oryzanol yang banyak digunakan pada produk tabir surya. Senyawa alami ini juga dikenal mampu mengendalikan produksi melanin sehingga kulit bisa tetap cerah dan bebas belang. Namun perlu diperhatikan bila kemampuan mencerahkan kulit beras merah tidak akan memberikan hasil yang instan ataupun warna kulit yang sangat putih. Menggunakan beras merah untuk mencerahkan wajah tentu lebih baik daripada menggunakan produk pemutih yang berbahaya. 

Sumber Antioksidan

Beras merah adalah salah satu bahan makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang bermanfaat untuk melawan tanda penuaan dan melindungi kulit dari kerusakan. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam mempercepat penyembuhan luka atau kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh penggunaan kosmetik, polusi, dan sebagainya. 

BACA JUGA: Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Dari Bikin Cerdas Hingga Bergairah

Menghindari Jerawat

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bila beras merah mampu menurunkan stress dan depresi. Dengan kondisi pikiran yang sehat, tentu kulit juga menjadi lebih sehat dan bebas jerawat. Selain itu, beras merah juga membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah tanpa membuatnya kering. 

Sekarang sudah banyak yang memproduksi masker beras merah sehingga lebih mudah digunakan. Moms juga bisa membuat masker beras merah secara alami dengan menumbuk beras merah hingga halus. Kemudian campurkan bubuk beras merah dengan madu, susu, yogurt, air mawar, atau minyak esensial untuk mengencerkan. Gunakan masker pada wajah hingga kering dan kemudian bilas hingga halus. Gunakan masker beras merah secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: