Bawang putih sudah lama digunakan sebagai salah satu obat herbal. Rempah-rempah yang satu ini sudah lama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti menjaga kestabilan gula darah, menurunkan kadar kolesterol, hingga mencegah kanker. Selain untuk kesehatan, bawang putih juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan. Bawang putih dan madu adalah dua bahan yang sama-sama mempunyai manfaat untuk kecantikan. Bawang putih secara alami mengandung antioksidan, mineral, vitamin, dan senyawa allicin. 

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Konsumsi Bawang Putih Bakar yang Benar

Manfaat Bawang Putih dan Madu 

Bawang putih secara alami mempunyai senyawa antibakteri, anti inflamasi, dan anti jamur. Sedangkan madu membantu melembabkan dan membuat wajah terlihat glowing. Perpaduan dua bahan tersebut bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk wajah. 

Bawang Putih dan Madu
Bawang Putih dan Madu
  • Mengatasi komedo – Hampir setiap orang pasti pernah bermasalah dengan komedo. Salah satu cara menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan pore pack atau scrub. Moms bisa menggunakan bawang putih sebagai salah satu bahan scrub untuk menghilangkan komedo. Bawang putih bisa dicampur dengan madu, oats, dan beberapa tetes tea tree oil.
  • Memudarkan stretchmark – Nutrisi pada bawang putih ternyata juga bisa membantu mengurangi garis-garis belang atau stretchmark. Untuk menghilangkan stretchmark, moms bisa mencampur bawang putih dengan minyak kelapa atau minyak zaitun hangat. 
  • Mengatasi jerawat – Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bersifat anti bakteri dan anti jamur. Selain membantu menghilangkan bekas jerawat, bawang putih juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat ataupun luka. Moms bisa langsung menempelkan irisan bawang putih pada bagian yang terkena jerawat. Namun bila takut terasa panas, moms bisa mencampurnya dengan madu. 
  • Menyamarkan pori-pori – Ketika kulit sudah mulai mengalami penuaan, pori-pori wajah akan membesar dan terlihat dengan jelas bila menggunakan foundation. Bawang putih juga membantu menyamarkan pori-pori bila digunakan sebagai masker dengan tomat. 
  • Menyehatkan rambut – Selain untuk perawatan kulit, bawang putih juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Bawang putih dipercaya bisa menyehatkan rambut dan juga mencegah munculnya uban. Moms bisa menghaluskan beberapa buah bawang putih kemudian campur dengan madu. Tambahkan bawang putih dan madu pada shampo dan gunakan untuk keramas seperti biasa. Bila dirasa aroma bawang putih terlalu menyengat, moms bisa mencuci rambut lagi dengan shampo dan kondisioner seperti biasa. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal, Bumbu Dapur Penjaga Kesehatan Keluarga!

Cara Menggunakan Bawang Putih dan Madu

Meskipun bawang putih adalah bahan alami untuk merawat kecantikan, namun bukan berarti rempah-rempah yang satu ini tidak mempunyai efek samping. Penggunaan bawang putih yang tidak benar bisa menyebabkan kulit iritasi, timbul rasa panas, dan reaksi alergi lainnya. 

Untuk menghindari reaksi alergi dari penggunaan bawang putih, Moms bisa mengencerkan bawang putih dengan madu atau air terlebih dahulu. Hanya gunakan bawang putih pada bagian yang diinginkan saja sebaiknya tidak digunakan lebih dari lima menit. Bila kulit terasa perih atau ada indikasi alergi, sebaiknya langsung bersihkan kulit dengan air mengalir dan menggunakan sabun.

Agar bawang putih bisa seimbang, Moms bisa mencampurkannya dengan bahan lain yang sifatnya mendinginkan seperti yogurt, madu, dan lainnya. Hindari mencampurkan bawang putih dengan bahan lain yang sifatnya sama-sama keras atau menyebabkan iritasi seperti lemon, jeruk nipis, cuka apel, dan sejenisnya. 

Sama halnya dengan penggunaan bahan alami lain, menggunakan bawang putih untuk kecantikan juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Paling tidak moms harus rutin melakukan perawatan dengan bawang putih selama 3-4 minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: