Ternyata, tidak cuma wangi serta aman, baby oil juga memiliki sejumlah manfaat untuk rambut. Nah, jadi kalau selama ini Moms hanya menggunakan baby oil untuk memijat bayi, coba deh sesekali gunakan untuk rambut. Dan tidak hanya manfaat baby oil untuk rambut bayi, namun manfaat baby oil untuk rambut dewasa juga ada. Berikut beberapa diantaranya.

BACA JUGA: Manfaat Baby Oil untuk Wajah Menurut Dokter, Apa Saja?

Manfaat Baby Oil untuk Rambut

Selain kita mengenal manfaat baby oil pada wajah, ternyata minyak ini memiliki kegunaan tersembunyi untuk rambut.

1. Membuat rambut menjadi lembab

Salah satu produsen besar baby oil yakni Johnson & Johnson, merilis satu klaim yang menarik. Pihaknya menyebut baby oil mampu meningkatkan kelembapan pada kulit basah sebanyak sepuluh kali lipat. Sehingga, bila baby oil digunakan di kulit kepala, maka minyak ini akan bisa melindungi lapisan rambut bagian luar.

2. Mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala

Ketombe adalah masalah bagi banyak orang. Apalagi untuk Moms yang punya kulit kepala yang sifatnya kering. Selain membuat gatal, kondisi kulit kepala yang kering mampu melambatkan pertumbuhan rambut dan lebih lanjut lagi bisa merusak akar rambut itu sendiri. Apa jalan keluarnya? Moms bisa mengoleskan baby oil ke rambut secara teratur sekali atau dua kali setiap hari.

Namun hati-hati, tak semua rambut tahan akan kelembaban yang berasal dari baby oil. Ini sebab manfaat baby oil pada rambut mampu lebih lama menempel dibanding pelembab khusus rambut lainnya.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah rambut Moms tahan dengan minyak ini atau tidak adalah dengan mencobanya. Namun kalau Moms ingin cara yang lebih aman, silahkan konsultasikan trikologis atau ahli kulit kepala.

3. Membuat rambut lebih kuat

Baby Oil untuk Rambut

Tahukah Moms jika rambut yang rapuh disebabkan karena ada banyak rongga di dalam satu helai rambut. Rongga-rongga ini menyebabkan rambut dengan mudah menyerap banyak air. Akibatnya, satu helai rambut tadi menjadi bengkak dan mudah rusak. 

Lain halnya jika Moms menggunakan baby oil pada rambut. Minyak tersebut akan mengisi rongga rambut. Sehingga rambut tidak banyak menyerap air. Dampaknya, rambut akan terasa lebih kuat. Dengan baby oil, mahkota Moms dapat dicegah dari rontok, kusut dan pecah-pecah. Menarik bukan?

4. Membuat rambut menjadi halus

Setelah keramas, sesekali cobalah untuk mengoleskan baby oil pada rambut. Sekali lagi, baby oil ini akan melapisi rambut. Sehingga rambut Moms bisa terhindar dari kerusakan yang disebabkan karena kering, panas dan penggunaan alat make up lainnya. Selain terhindar dari kerusakan, rambut juga akan terasa lebih bersinar, lebih halus dan mudah ditata.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Komedo Membandel dengan Masker Wajah dan Baby Oil

5. Melindungi rambut dari zat berbahaya di kolam renang

Moms suka renang? Kalau iya, ada baiknya sesekali menggunakan baby oil. Mengapa? Karena air di kolam renang banyak menggunakan klorin untuk alasan kebersihan. Dan efek klorin pada rambut tidak terlalu bagus. Mengoleskan baby oil mampu melindungi rambut dari pengaruh buruk zat klorin di kolam renang atau hot tub.

6. Membantu rambut lebih mudah tertata

Tidak seperti hairspray atau gel rambut yang saat ini sedang naik daun itu, baby oil memiliki nilai plus tersendiri. Yakni tidak membuat rambut menjadi kaku atau sulit ditata. Kesimpulannya, kalau Moms ingin rambutnya lebih mudah ditata, silahkan gunakan baby oil pada rambut.

7. Mengusir ketombe pada kulit kepala

Kulit kepala Moms kering? Cobalah untuk melakukan massage pada kulit kepala Moms dengan baby oil. Minyak pada baby oil membantu untuk memisahkan kulit yang sudah mati dengan kulit kepala yang masih sehat. Bila Moms menggunakannya secara teratur, Moms juga bisa menghilangkan ketombe yang mengganggu. So, no kulit kering, no ketombe! 

Kesimpulan

Ada banyak manfaat baby oil untuk rambut. Moms bisa menggunakan minyak ini untuk membuat rambut lebih baik dan lebih sehat. Namun, tidak semua rambut cocok menggunakan baby oil. Jadi, kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (misalnya gatal-gatal) segera hentikan pemakaian baby oil pada rambut. Stay healthy ya Moms!

Leave a Comment