Alpukat adalah salah satu buah dengan segudang manfaat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Hampir semua jenis buah alpukat, termasuk alpukat miki, mempunyai kandungan gizi yang tinggi seperti vitamin E, C, lemak tak jenuh, dan sebagainya. Secara umum alpukat adalah buah yang berbentuk bulat atau lonjong dengan daging buah yang tebal dan juga satu biji dibagian tengah. Daging buah alpukat ini mempunyai tekstur yang lembut, creamy, dan rasanya gurih. Salah satu varian buah alpukat yang banyak disukai adalah alpukat miki. 

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Konsumsi Alpukat untuk Diet

Apa itu alpukat miki?

Alpukat miki adalah salah satu varietas alpukat unggulan yang cocok ditanam di daerah dataran rendah. Bila biasanya alpukat cocok ditanam di dataran tinggi, alpukat miki ini bisa berbuah lebih maksimal bila ditanam di dataran rendah. Selain itu, alpukat ini juga bisa berbuah sepanjang tahun dengan kualitas buah yang bagus. Warna daging buah alpukat ini kuning dengan rasa yang pulen, gurih, dan bebas getir. Kandungan gizi buah alpukat ini juga sama dengan alpukat jenis yang lain. 

Manfaat alpukat miki untuk kecantikan

Alpukat Miki
Alpukat Miki

Buah yang satu ini selain mempunyai manfaat kesehatan juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Ada banyak manfaat alpukat untuk wajah seperti berikut ini. 

Melawan tanda penuaan

Alpukat secara alami kaya akan vitamin E dan karotenoid yang tinggi. Dua senyawa ini membantu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini. Kandungan lutein pada buah alpukat juga dipercaya mampu menjaga elastisitas kulit. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C dan minyak nabati yang tinggi. Vitamin C pada alpukat bisa membantu produksi kolagen yang lebih cepat sehingga wajah bisa tampak lebih muda. Moms bisa mengkonsumsi buah alpukat ataupun menggunakan buah ini sebagai masker untuk kulit yang senantiasa awet muda. 

Melembabkan kulit

Pada setiap buah alpukat terkandung sekitar 2-6 mikrogram biotin atau dikenal juga sebagai vitamin B7. Kulit yang kekurangan vitamin ini akan menjadi kering, muncul ruam merah, dan juga bersisik. Buah alpukat ini bisa menjadi pelembab alami bila digunakan sebagai masker secara teratur. 

Membuat kulit lembut dan halus

Rutin menggunakan masker alpukat juga membantu membuat kulit menjadi lembut dan halus. Hal ini karena alpukat membuat kulit tetap terhidrasi dan kelembabannya selalu terjaga. Kulit yang semakin lembab akan terasa semakin lembut dan halus. 

BACA JUGA: Ini yang Membedakan Alpukat Mentega dengan Alpukat Biasa

Menyamarkan noda jerawat

Manfaat lain dari buah alpukat untuk wajah adalah menyamarkan noda jerawat. Kandungan nutrisi pada buah alpukat membantu kulit untuk lebih cepat beregenerasi sehingga noda jerawat bisa memudah dengan lebih cepat. 

Mengurangi minyak berlebih

Meskipun alpukat membuat kulit menjadi lebih lembab, namun buah yang satu ini tidak menyebabkan minyak berlebih. Sebaliknya, alpukat malah mampu menghilangkan minyak berlebih pada wajah tanpa membuatnya terasa kering. 

Membersihkan kulit

Memilih pembersih wajah memang termasuk gampang-gampang susah untuk sebagian besar orang apalagi bagi mereka dengan kulit berjerawat. Moms bisa menggunakan buah alpukat sebagai pembersih wajah. Untuk hasil yang maksimal, alpukat bisa dicampur dengan kuning telur atau madu untuk membantu membersihkan kulit secara merata hingga ke pori-pori. Membersihkan wajah dengan masker alpukat ini tidak menimbulkan efek samping seperti kulit kering, iritasi, bersisik, dan sebagainya.

Alpukat bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti madu, yogurt, susu, tomat, kuning telur, dan sebagainya agar nutrisinya bertambah. Masker alpukat ini juga harus digunakan secara rutin agar hasilnya bisa maksimal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: