Foundation adalah salah satu kunci untuk mendapatkan tampilan flawless yang tahan lama. Jadi nggak heran dong Moms kalau foundation dijadikan sebagai salah satu complexion wajib yang jadi andalan kebanyakan wanita. Tapi, siapa sangka jika kulit flawless itu bisa dicapai dengan trik makeup cantik tanpa foundation

Lihat saja Sandra Dewi atau Syahrini, mereka adalah contoh artis yang hampir tidak pernah menggunakan foundation dalam rutinitas makeup-nya. Kira-kira apa sih yang membuat makeup masih bisa flawless tanpa harus menggunakan foundation? Ini rahasianya!

BACA JUGA: Tips Fashion untuk Busy Moms Agar Tetap Cantik dan Modern

1. Pastikan wajah lembab dan terlindungi dengan moisturizer dan sunscreen

Sebagian besar beauty influencer yang membuat tutorial makeup tanpa foundation di YouTube, pelembab adalah hal pertama yang wajib kamu pakai. Kondisi kulit yang lembab akan memudahkan makeup menempel sempurna pada kulit. Setelah memakai pelembab, jangan lupa untuk memakai sunscreen supaya wajah Moms terlindungi dari bahaya sinar UV. Mom bisa memilih sunscreen yang bisa memiliki kapabilitas sekaligus sebagai pelembab dan primer. 

2. Concealer jadi kunci utama

Penggunaan foundation sebetulnya berfungsi untuk menutup noda bekas jerawat, flek hitam, hingga lingkaran hitam di bawah mata yang membuat wajah kurang menarik. Karenanya, Moms bisa mengganti penggunaan foundation dengan concealer untuk menutupi masalah-masalah tersebut.

Aplikasikan concealer pada area kantung hitam di bawah mata, area dark spot ataupun bekas jerawat. Diamkan beberapa saat kemudian ratakan dengan brush kecil supaya hasilnya lebih halus dan merata. Untuk mendapatkan hasil coverage dengan concealer, Moms bisa mencoba menggunakan Make Up For Ever Ultra HD Concealer atau Maybelline FitMe Concealer.

3. Set makeup dengan powder

Untuk menghindari makeup mengalami creasing, Moms bisa menggunakan compact powder untuk setting makeup. Ini sangat cocok untuk Moms yang memiliki kondidi wajah berminyak, karena hasil yang didapat adalah matte. Usahakan pilih compact powder yang coverage-nya bisa meratakan warna kulit. Aplikasikan compact powder ini tipis-tipis pada bagian bawah mata atau T zone untuk menghindari creasing

4. Lipstick/lip balm

Penggunaan lipstick atau lipbalm ini tergantung kebutuhan. Jika Moms ingin tampilan yang lebih fresh bisa memilih lipstick warna nude, pink, atau peach. Namun untuk look yang lebih alami, Moms hanya perlu menggunakan lip balm. 

BACA JUGA:9 Warna Lipstik untuk si Bibir Hitam Agar Lebih Cerah

5. Blush on

Selain lipstick, blush on adalah produk makeup yang bisa memberikan tampilan wajah jauh lebih fresh dan cerah. Moms bisa memilih blush on tabur dan memolesnya di tulang pipi dengan kuas atau liquid blush on yang diaplikasikan dengan sponge atau jari. Liquid blush ini cocok untuk Moms yang ingin tampilan makeup tahan lama sementara powder blush dapat digunakan bagi Moms yang ingin tampil lebih fresh dalam jangka waktu lama. 

6. Riasan mata

Jangan lupakan juga riasan mata, untuk tampilan yang sangat natural Moms bisa merapikan alis dengan pensil alis berwarna grey tipis-tipis, kemudian gunakan maskara water proof untuk membuat bulu mata menjadi lebih lentik. Bila Moms ingin tampilan mata yang lebih lebar maka buat garis eyeliner yang tipis.

7. Strobe cream/highlighter

Untuk menghasilkan efek makeup glowing yang maksimal, Moms bisa menggunakan highlighter atau strobe cream. Aplikasikan highlighter di atas bagian tulang pipi, hidung, dan dagu di saat tahap akhir makeup nanti. Jika ingin hasil glowing yang lebih alami, Moms bisa memakai liquid highlighter setelah pemakaian concealer. 

Bagaimana, mudah bukan caranya, Moms? Selamat mencoba di rumah ya!

Leave a Comment

%d bloggers like this: