Kemandirian merupakan satu sikap penting yang juga perlu diajarkan orang tua kepada anak. Untuk awal, membentuk kemandirian anak ini tentu akan sulit. Bukan hanya dalam segi teknik, sikap sabar juga perlu dimiliki orang tua agar anak pun tidak merasa tertekan atau diabaikan. Selain itu, Moms juga perlu melakukan beberapa hal lain untuk melatih kemandirian anak ini. Dan beberapa hal tersebut yaitu:

Memberikan Kepercayaan pada Anak

Rasa percaya merupakan satu kunci penting dalam proses melatih kemandirian anak. Sebab tidak bisa dimungkiri, tanpa disadari sebagian besar orang tua memang cenderung kurang memberikan kunci utama ini pada anak. 

Alasannya tentu beragam, ada yang tidak tega, ada yang khawatir anak melakukan kesalahan atas aktivitas baru yang dilakukan, atau alasan lain yang akhirnya membuat anak terperangkap dalam sikap manjanya. 

Namun jangan salah paham. Pemberian kepercayaan ini pun, bukan berarti Moms membiarkan anak melakukan aktivitas baru tanpa pantauan. Jadi, berikan kepercayaan pada anak jika mereka bisa melakukannya sendiri. Tetapi dari jauh, tetap pantau dan pastikan anak melakukan aktivitas tersebut dengan benar.

Berikan Tugas dengan Tingkat Kesulitan Berkala

Alih-alih mengerjakan semua tugas anak, akan lebih baik jika Moms mengajarkan anak atas tugas yang mereka miliki. Tugas ini tentu bukan hanya tentang tugas sekolah. Namun definisi tugas di sini bisa berbentuk banyak hal. Bahkan menyangkut hal-hal sederhana seperti memakai baju sendiri, merapikan tempat tidur, atau sekadar menaruh mainan pada tempatnya sendiri.

Untuk membangun kemandirian anak di poin kedua ini ada yang perlu ditekankan. Yaitu apapun tugasnya, usahakan pilihlah yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Untuk awal, Moms bisa memberikan tugas-tugas dengan kesulitan yang mudah. Jika anak telah mampu, lanjutkan dengan tugas lain yang setingkat lebih sulit. Begitu seterusnya, sampai anak benar-benar mampu melakukan kemandirian atas semua tugasnya.  

Beri Petunjuk, Bukan Solusi 

Hal ketiga yang perlu dilakukan untuk melatih kemandirian anak yaitu saat anak memiliki tugas yang sulit beri petunjuk jangan beri solusi pada mereka. Berbicara mengenai petunjuk dan solusi. Dalam hal ini jika diterapkan keduanya tentu sangat berbeda. Petunjuk merupakan salah satu usaha yang selain bisa membuat anak menjadi mandiri, juga bisa menambah ilmu serta pengalaman untuk anak.

Hal ini tentu berbeda dengan solusi. Jika petunjuk bisa membangun kemandirian, solusi justru akan membuat anak semakin malas untuk mengerjakan tugasnya. Contoh: Ketika Moms memberikan anak tugas untuk merapikan tempat tidur. Di awal, anak tentu akan kesulitan melakukan hal tersebut. 

Nah, di sinilah Moms bisa memberikan petunjuk dengan cara mengarahkan anak saat tengah mengerjakan tugas tersebut. Ingat, jangan berikan solusi dengan cara ikut membantu merapikan, namun berikan petunjuk dengan cara mengajarkannya.

Tanamkan pada Anak Bahwa Mereka Bisa 

Cara menanamkan kemandirian pada anak selanjutnya yaitu tanamkan pada anak bahwa mereka bisa melakukannya. Bagi anak, melakukan tugas yang mereka miliki sendiri tentu sangat sulit. Nah, dalam hal ini Moms bisa menanamkan rasa yakin pada diri anak jika mereka bisa. 

Selain itu, memberikan semangat juga perlu Moms lakukan. Meskipun sederhana, kedua hal ini akan sangat berarti bagi mereka.

Berikan Apresiasi pada Anak

Untuk kemandirian sekecil apapun, jangan lupa berikan apresiasi bagi anak. Tidak melulu tentang hadiah, apresiasi ini bisa Moms berikan dengan cara-cara sederhana. Misalnya melalui pujian, pelukan, ciuman, atau apresiasi berupa ucapan terima kasih atas aktivitas yang anak lakukan.

Selain 5 hal di atas, jangan lupa, untuk melatih kemandirian anak, Moms juga perlu memberikan teladan yang baik agar semua cara yang diterapkan semakin efektif.

Leave a Comment

%d bloggers like this: