Sebagai seorang muslim, pastinya Moms akan mengajarkan agama kepada si kecil sejak dini bukan? Nah, salah satunya adalah dengan mengajarkan shalawat sejak dini. Lantas, apakah manfaat yang akan didapatkan dengan mengajarkan shalawat kepada si kecil? 

Manfaat Mengajarkan Anak Shalawat Sejak Dini

Shalawat merupakan bentuk kecintaan pada Nabi Muhammad SAW. Tak hanya memberikan keutamaan bagi orang dewasa saja, tetapi juga untuk memberikan keutamaan bagi setiap muslim yang membacanya. Bagaimana dengan anak kecil, apa saja manfaat mengajarkan anak bershalawat? Berikut ulasannya.

Menanamkan Rasa Cinta Pada Nabi Muhammad SAW

Moms pastinya ingin memiliki anak yang sholeh dan sholehah? Nah, selain mengajarkan bentuk ibadah wajib, Moms juga bisa mengajarkan shalawat pada si kecil. Hal ini bisa Moms ajarkan setelah si kecil lahir, sehingga si kecil terbiasa mendengar shalawat sejak dini. Dengan mengajarkan shalawat akan menumbuhkan rasa cinta dan rindu anak kepada Nabi Muhammad SAW. 

BACA JUGA: Cara Mengajarkan Anak Membaca yang Efektif dan Cepat

Meningkatkan Keimanan Sejak Dini 

Selain menanamkan rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW, shalawat juga mengajarkan si kecil untuk tumbuh rasa imannya sejak dini. Hal ini tentu saja sangat penting bagi perkembangan si kecil, terlebih di usia balita merupakan masa usia emas untuk menumbuhkan keimanan pada diri anak.

Dengan adanya rasa iman yang tumbuh pada diri si kecil akan membantu si kecil lebih mudah mengerjakan ibadah wajib saat si kecil sudah memasuki usia 7 tahun. Moms tidak perlu lagi meminta si kecil untuk melaksanakan ibadah sehari-hari, karena si kecil sudah terbiasa dan bertanggungjawab atas ibadah yang diwajibkan kepadanya.

Manfaat Lain dari Shalawat

Ternyata mengajarkan shalawat sejak dini mampu memberikan banyak manfaat pada si kecil. Selain mampu meningkatkan rasa keimanannya, akhlak si kecil pun semakin terpupuk menjadi akhlak yang baik. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi si kecil, karena akan berhubungan langsung dengan orang lain. Selain itu, shalawat juga akan menjadi tabungan syafaat bagi si kecil ketika di akhirat.

BACA JUGA: Moms, Ini Tips Mengajarkan Kesopanan pada Anak yang Tepat

Cara Mengajarkan Shalawat pada Anak

Mengajarkan shalawat ada baiknya dibiasakan sejak dini. Hal ini untuk memupuk cinta anak pada Nabi Muhammad SAW dan anak mampu mengamalkan shalawat dengan benar. Nah, bagi Moms yang ingin mengajarkan shalawat pada anak, berikut langkah yang bisa Moms lakukan:

  • Perdengarkan Shalawat Sejak Anak Lahir

Dengan memperdengarkan shalawat sejak si kecil lahir akan membuat si kecil terbiasa dengan bacaan shalawat. Moms bisa meninabobokan si kecil dengan membaca shalawat. Selain akan membuat si kecil tertidur, ternyata bacaan shalawat juga mampu terserap diingatannya dan saat si kecil sudah bertambah usia, si kecil tidak asing dengan bacaan shalawat.

  • Membiasakan Bershalawat Saat Hendak Berdoa

Salah satu adab berdoa adalah dengan membaca shalawat terlebih dahulu. Moms bisa membiasakan si kecil untuk mengucap shalawat sebelum berdoa dan hal ini akan menjadi kebiasaan si kecil hingga usia dewasa.

  • Koreksi Bacaan Shalawat Jika Ada yang Salah

Agar bacaan shalawat si kecil lebih fasih, Moms bisa mengoreksi bersama bacaan shalawat si kecil agar tidak menjadi kebiasaan hingga dewasa. Hal ini sangat penting karena akan bersinggungan dengan makna shalawat. Selain itu, ada baiknya Moms juga memberikan penjelasan mengenai arti bacaan shalawat, sehingga si kecil lebih mudah meresapi makna shalawat yang sedang dibacanya.

Dengan mengajarkan shalawat sejak dini akan memberikan banyak manfaat untuk kehidupan si kecil. Moms bisa mengajarkan shalawat sejak si kecil baru lahir dengan harapan si kecil terbiasa dengan bacaan shalawat sejak dini.

Leave a Comment

%d bloggers like this: